Beasiswa BNI 2017/2018

BNI.co.id - Beasiswa BNI 2017/2018 khusus Informasi Beasiswa BNI Terbaru Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus SMA? Sebagian besar ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan sebagiannya lagi ada yang melanjutkan hidup dengan bekerja. Bagi kamu yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan sudah dinyatakan diterima di Universitas maka selamat! Kamu sudah menjadi mahasiswa. 

Namun perlu kamu ingat bahwa perjuangan kamu baru saja dimulai. Salah satu hal yang akan kamu perjuangkan di bangku kuliah adalah berebut beasiswa. Jika kamu mendapatkan beasiswa di kampusmu maka kamu dapat mengurangi beban orang tua kamu. Salah satu beasiswa yang paling banyak diminati oleh mahasiswa adalah beasiswa BNI.


Beasiswa BNI
Beasiswa BNI 2017/2018


Beasiswa BNI adalah beasiswa yang berasal dari Bank BNI yang mana diberikan kepada beberapa mahasiswa yang berprestasi di beberapa universitas di Indoneisa. Tujuan dari diberikannya beasiswa BNI adalah agar para mahasiswa menjaid lebih semangat dalam menuntut ilmu dan menggapai cita-cita yang diimpikan. Karena itulah Bank BNI mempunyai program berupa beasiswa bagi pada mahasiswa yang berprestasi dan semangat dalam menuntut ilmu.

Sekilas Tentang Bank BNI

BNI merupakan singkatan dari Bank Negara Indonesia. Bank BNI adalah sebuah bank milik pemerintah yaitu berada dalam wewenang Kementerian BUMN di Indonesia. Didirikan pada tanggal 5 Juli 1846, membuat Bank BNI menajdi bank komersial tertua di Indonesia. Jika kamu menelusuri Bank BNI lebih dalam lagi, ternyata Bank BNI sudah banyak mensponsori beberapa event olahraga dan acara lainnya seperti Kejuaraan Golf Indonesia Open, SEA Games 1997,Thomas & Uber Cup 1994,Tour De Singkarak, Java Jazz Festival, hingga Asian Games 1998-2014. Bank BNI juga sering menjadi sponsor untuk kegiatan seminar nasional dan kegiatan besar lainnya seperti acara pengukuhan guru besar atau Profesor.

Beasiswa BNI di Universitas Negeri Surakarta

Bank BNI merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) karena itulah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mengucurkan dana beasiswa senilai kurang lebih Rp. 400 juta kepada Universitas Negeri Surakarta (UNS) yang bertempat di gedung Rektorat UNS, Solo. Penyerahan dana beasiswa ini dilakukan langsung olehChief Executive Officer (CEO) BNI Wilayah Jawa Tengah Bambang Kuncoro. Sedangkan Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS selaku Rektor Univeritas Sebelas Maret (UNS Solo) menerima dana beasiswa tersebut.

Pada saat penyerahan dana tersebut Bambang berkata bahwa beasiswa BNI adalah bagian dari CSR Bank BNI yang diberikan untuk beberapa sektor seperti pendidkan, fasilitas umum, pelestarian alam, bencana alam, dan lain sebagainya.Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Drs. Harmawan, M.Lib, secara terpisah mengungkapkan bahwa dana beasiswa tersebut nantinya akan diberikan kepada 100 mahasiswa UNS dimana tiap masing-masing fakultas yang ada di UNS akan mendapatkan jatah 10 mahasiswa sebagai penerima beasiswa. Namun untuk mahasiswa FKIP mendapatkan kuota penerima beasiswa sebanyak 20 mahasiswa. Kriteria untuk menerima beasiswa ini sama seperti kriteria untuk beasiswa lainnya yang berada di berbagai Universitas di Indonesia.

Beasiswa BNI di Akademi Kebidanan Yogyakarta

Akademi Kebidanan Yogyakarta (Akbid Yo) yang beralamat di Jalan Parangtritis KM 6,5 Sewon, Kabupaten Bantul ini juga menerima dana beasiswa dari Bank BNI. Dana ini diberikan langsung oleh pihak BNI Cabang Yogyakarta untuk mahasiswa-mahasiswi Akbid Yo yang berprestasi. Sugiarto selaku Kepala Bank BNI Cabang Yogyakarta menyerahkan beasiswa tersebut ke pihak Akbid Yo yang disaksikan langusng oleh Direktur Akbid Yo, Drs Henri Soekirdi MKes serta staf pengajar Akbid Yo. 

Jika di UNS kuota beasiswa diberikan kepada total 100 mahasiswa, berbeda dengan Akbid Yo yang menyediakan kuota 5 mahasiswa berprestasi saja yang berhak menerima beasiswa dari bank yang besar ini. Kelima mahasiswa berprestasi tersebut adalah mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil meraih prestasi akademik yang baik diantara mahasiswa lain di kampus tersebut. Beasiswa ini diharap bisa menjadi penyemnagat bagi mahasiswa lainnya untuk semakin giat belajar. 

Beasiswa dari Bank BNI telah hadir di Akbid Yo sejak tahun 2012. Dan semenjak itulah pihak BNI terus memberikan bantuan dana kepada 5 mahasiswa yang berprestasi dikampus. Tentunya in meupakan suatu hal yang tak ternilai. Beasiswa ini bukan cuma ada di UNS dan Akbid Yo saja, namun hampir semua universitas negeri mempunyai program beasiswa dari BNI. Jika kamu adalah mahasiswa dari universitas yang bekerja sama dengan BNI, maka tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri

Syarat Umum Penerima Beasiswa BNI:
  1. IPK minimal 3.00
  2. Tidak menerima beasiswa dari pihak mana pun
  3. Berasal dari keluarga tidak mampu
  4. Saat ini sedang menempuh pendidikan S1 di semua disiplin ilmu
  5. Mahasiswa yang aktif mulai dari semester 2 hingga semester 8
  6. Aktif dalam kegiatan fakultas dan universitas (harus ditunjukkan dengan bukti)
  7. Sedang menempuh pendidikan S1 di semua disiplin ilmu

Selain keenam persyaratan umum di atas, kamu juga harus mengumpulkan beberapa persyaratan lainnya jika ingin mengajukan beasiswa ini. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Syarat Administrasi Beasiswa BNI

Adapun persyaratan lain yang harus dipenuhi guna memenuhi syarat administrasi untuk mendapatkan beasiswa BNI ini. Jika Anda ingin lolos beasiswa dari BNI, maka lengkapi pula syarat administrasi yang tertera dalam daftar berikut ini.
  1. Menyerahkan KHS semester akhir
  2. Menyerahkan surat permohonan beasiswa
  3. Menyerahkan fotocopy KTP
  4. Menyerahakan biodata (CV) lengkap
  5. Menyerahkan fotocopy surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa setempat
  6. Menyerahkan fotocopy sertifikat keaktifan/prestasi yang pernah dimiliki
  7. Menyerahkan fotocopy KRS/Bukti pengembilan kelas pada semester yang berjalan

Semua berkas diserahkan ke universitas masing-masing. Apabila anda mencari informasi terkait dengan beasiswa BNI di google tidak akan menemukan situs resmi beasiswa ini seperti yang sudah dijelaskan bahwa beasiswa BNI bekerjasama langsung dengan perguruan tinggi anda masuk dalam dua katagori beasiswa BNI Prestasi dan Beasiswa BNI Kurang Mampu kedua beasiswa dibuka pendaftaran setiap awal semester dari mulai semester 1 sampai semester 8.

Meskipun mahasiswa mulai mengusulkan beasiswa ini pada semester dua tetapi Beasiswa BNI menjadi yang paling banyak peminat beasiswa ini sama seperti beasiswa PPA dan BBM kedua beasiswa ini sumber dana dari Bank BNI, untuk bisa mendaftar mahasiswa harus memiliki nomor rekening BNI aktif, apabila diterima dalam mengajuan beasiswa akan ditransfer langsung masuk rekening masing-masing.