Beasiswa Belanda 2017/2018

Beasiswa Belanda - Pilihan Beasiswa Belanda 2017/2018 Cara Mengejar Beasiswa Belanda Tidak sedikit dari kita yang memiliki keinginan menempuh pendidikan kuliah di luar negeri. Tidak sedikit pula yang merasa tidak mampu dengan berbagai alasan seperti biaya kuliah yang mahal, ditambah biaya hidup di negara tersebut. Negara yang banyak dituju untuk berkuliah salah satunya adalah Belanda. 

Bukan karena Negeri Kincir Angin ini dinilai memiliki sistem pendidikan yang baik, Belanda juga dikenal menjadi negara yang cukup ramah untuk ditinggali oleh orang asing. Beasiswa Belanda banyak sekali ditawarkan oleh beragam lembaga. Tentu saja agar bisa mendapatkan beasiswa, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi. Mungkin Anda tertarik mengejar beasiswa di Belanda, berikut sedikit ulasannya.

Beasiswa Belanda 2017/2018

Mencoba Beasiswa Dari NESO Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan, banyak sekali lembaga yang menawarkan beasiswa di luar negeri, termasuk Belanda. Bagaikan ungkapan ‘Banyak jalan menuju Roma’, begitu juga dengan menggapai beasiswa. Satu di antaranya yaitu NESO Indonesia menjadi lembaga yang banyak diincar sebagai cara kuliah di Belanda secara gratis. NESO atau singkatan dari Netherlands Education Support Office adalah lembaga yang dimiliki oleh Pemerintah Belanda di Indonesia. 

Mereka khusus mengurusi aktivitas pendidikan seputar negara Indonesia dan Belanda. NESO Indonesia rutin menawarkan beasiswa Belanda ke pada warga Indonesia. Program beasiswa tersebut memiliki nama StuNed atau Studeren in Nederland. Dulunya program beasiswa ini diturunkan atas dasar bantuan, namun mulai 2013 lalu, program ini berubah menjadi program partnership.

Pihak yang Boleh Mengikuti Program StuNed

Beasiswa Belanda yang ditawarkan dari NESO Indonesia dengan program StuNed merupakan beasiswa yang ditunjukan untuk mereka yang ingin meneruskan sekolah, mulai dari freshgraduater, entrepreneur, dosen, sampai PNS. Sebenarnya sebelum status beasiswa ini diubah menjadi program partnership, atau masih berstatus bantuan, beasiswa dari Belanda ini hanya boleh untuk kalangan-kalangan tertentu saja atau mereka yang memang sudah memiliki pengalaman bekerja yang cukup lama, namun setelah berganti status dan Belanda menganggap Indonesia sudah menjadi negara yang berkembang cukup baik, beasiswa ini boleh diikuti oleh banyak pihak.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Program Beasiswa

Ya, setiap pihak atau peserta yang ingin mengikuti dan mendapatkan program beasiswa wajib memenuhi syarat dan ketentuan umum yang telah ditetapkan oleh pihak NESO Indonesia khususnya untu StuNed. Syarat dan ketentuan tersebut meliputi:

1. Program studi dan area kerja yang termasuk dalam daftar Multi Annual Policy Framework. Daftar program studi dan area kerja yang diprioritaskan menurut MAPF:
  • International Trade, Finance and Economics.
  • Transport, (Agro)logistics and Infrastructure.
  • Security and Rule of Law.
  • Water.
  • Agro-Food and Horticulture.
  • Health Management.

Mengapa hanya bidang-bidang tersebut yang lebih diprioritaskan? Sebab program beasiswa Belanda StuNed fokus bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kapasitas individu serta institusi. Selain itu juga memperkuat kerja sama antara Negara Belanda dan Negara Indonesia.

2. Peserta harus memiliki potensi menjadi seorang pemimpin bagi masa yang mendatang. Peserta wajib memiliki prestasi dalam berbagai bidang yaitu akademis, non-akademis, dan pencapaian di tingkat nasional, juga internasional.

3. Mengisi formulir yang telah dilampirkan dalam website resmi NESO Indonesia.

4. Memilih secara jelas jenis beasiswa dan topik pelatihan.

5. Siap mengikuti program training yang telah ditentukan.

Jenis-Jenis Beaiswa Di Belanda Lainnya

Tidak hanya beasiwa program StuNed saja yang ditawarkan oleh pihak NESO Indonesia, tetapi terdapat juga jenis beasiswa lainnya yang bisa Anda pilih. Masing-masing dari jenis beasiswa tersebut memiliki tujuan dan prioritas. Jenis-jenisnya berupa:

I. Orange Tulip Scholarship

Beasiswa Belanda yang ini fokus dalam membuka peluang lebih besar bagi warga negara Indonesia untuk mendapatkan pendidikan di Belanda yang disponsori oleh Institusi pendidikan tinggi Negara Belanda, perusahaan-perusahaan Belanda, dan Pemerintah Indonesia. Syarat dan ketentuan utama yang harus dipenuhi di antaranya Warga Negara Indonesia, tidak sedang menjalani pendidikan atau bekerja di Belanda, dan sedang melakukan pendaftaran atau sudah diterima oleh Universitas di Belanda dalam program Orange Tulip Scholarship.

II. Netherlands Fellowship Programme

Beasiswa ini fokus untuk melatih atau memberi pendidikan terhadap para profesional yang dananya disponsori seluruhnya oleh Kementerian Luar Negeri Belanda. Programnya dapat berupa kursus singkat, program khusus master, dan program doktoral. Beasiswa NFP ini memiliki kuota khusus yang difokuskan pada pendaftar yang berasal dari Afrika Sub Sahara dan pendaftar wanita.

III. Holland Scholarship

Beasiswa Belanda bernama Holland Scholarship ini fokus pada mereka yang ingin melanjutkan jenjang studi bachelor atau master. Program ini disponsori oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, serta Ilmu Pengetahuan Belanda yang juga bekerjasama dengan universitas. Anda yang merupakan bagian dari Warga Negara EEA dilarang mengikuti. Syarat dan ketentuan utama adalah memenuhi syarat dasar dan memilih program bachelor di universitas yang telah ditentukan.


IV. Program Beasiswa Lainnya

Masih banyak jenis program beasiswa yang ditawarkan NESO Indonesia, Grantfinder, BUDI Kemenresdikti, LPDP, Erasmus+, dan Beasiswa Unggulan. Pada dasarnya persyaratan dan ketentuan untuk mendapatkan beasiswa Belanda tergantung pada program masing-masing dan difokuskan pada Anda yang memiliki prestasi dan keinginan kuat untuk menempuh pendidikan di Belanda. 

Kelebihan kuliah di Negeri Kincir Angin sendiri yaitu dapat memperluas ruang komunitas internasional, mengasah bakat kewirausahaan, dan mendapat pendidikan yang berkualitas. Belanda memang terkenal menjadi negara yang nyaman sebagai tempat menempuh pendidikan. Tidak heran kalau persaingan beasiswa di negara tersebut cukup ketat. Semoga ulasan seputar beasiswa Belanda ini bermanfaat dan dapat membantu Anda.