Beasiswa Bappenas 2017/2018

Pusbindiklatren.bappenas.go.id - Beasiswa Bappenas S2 dan S3 2017/2018 untuk PNS Beragam beasiswa yang diberikan oleh pemerintah untuk putra bangsanya agar mampu meraih pendidikan tinggi, baik di dalam atau pun luar negeri. Salah satunya adalah beasiswa bappenas yang setiap tahunnya selalu memberikan beasiswa untuk pelamar yang berasal dari kepegawaian atau PNS, meliputi beasiswa gelar, non gelar dan JFP. 

Beasiswa ini memang lebih ditujukan untuk meningkatkan kualitas para pegawai negeri sipil. Tidak hanya untuk melanjutkan pendidikan di dalam negeri, bappenas juga memberikan beasiswa bagi pegawai yang ingin meneruskan pendidikan di luar negeri. Tentunya yang dapat menerima beasiswa tersebut hanyalah pegawai yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Berikut adalah beberapa informasi seputar beasiswa gelar yang diberikan oleh bappenas.

Beasiswa Bappenas
Beasiswa Bappenas 2017/2018

Kriteria Beasiswa dan yang Berhak Menerimanya

Jika dilihat dari sumbernya, beasiswa bappenas merupakan salah satu beasiswa dari pemerintah. Beasiswa ini juga merupakan beasiswa yang menjadi incaran banyak pegawai pemerintahan yang ingin melanjutkan S2 atau S3. Target dari beasiswa ini yaitu untuk meningkatkan kualitas para pegawai di pemerintahan, dengan harapan akan berpengaruh terhadap perbaikan pelayanan para pegawai di sektor publik. 

Jadi tujuan utamanya tidak lain adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pegawai negeri sipil dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara. Seleksi yang dilakukan juga harus sesuai prosedur, pelamar harus dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan bappenas dan harus bisa melengkapi semua dokumen agar selanjutnya dapat diproses. Untuk persyaratannya sendiri harus memiliki surat rekomendasi dari instansi tempat pelamar bekerja, simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya mengenai siapa yang berhak mengajukan beasiswa gelar.

1. Gelar yang diajukan belum dimiliki

Beasiswa bappenas untuk yang mendapatkan gelar harus untuk pegawai yang belum pernah menempuh tingkat pendidikan yang diajukan dalam beasiswa. Seperti untuk beasiswa S2 maka yang dapat ikut mendaftar adalah pegawai dengan pendidikan terakhir S1 dan belum pernah mengikuti pendidikan S2. Begitu juga untuk beasiswa S3 yang tidak dapat diikuti oleh pegawai yang memiliki gelar S3 atau pun sedang menempuh pendidikan s3. Apabila memenuhi kriteria tersebut, maka dapat melakukan pendaftaran yang dilakukan secara online di website resmi bappenas dengan sub pusbindiklatren.

2. Telah direkomendasikan oleh tempat dinas
Mengenai rekomendasi ini ditentukan oleh instansi asal pegawai bekerja melalui surat yang dibuat oleh petugas pengelola kepegawaian atau pun pimpinan yang merupakan eselon II atau lebih atas. Rekomendasi yang dibuat diterbitkan dalam bentuk dokumen atau surat dengan mencantumkan nama pegawai yang direkomendasikan dan program beasiswa mana yang akan dipilih. Jadi pegawai yang berhak mendaftar beasiswa bappenas adalah mereka yang telah ditunjuk oleh instansi terkait dan direkomendasikan untuk mendaftar beasiswa tersebut. Pihak yang memberikan rekomendasi adalah PNS dengan tingkat paling rendah eselon II.

3. Penerima beasiswa yang diutamakan

Ada banyak pegawai yang mengajukan beasiswa bappenas, namun dari bappenas sendiri mengutamakan beberapa pelamar dengan kriteria tertentu. Pegawai yang diutamakan yaitu pegawai dengan fungsi bidang perencanaan. Mulai dari PNS yang akan ditempatkan untuk bertugas di unit perencanaan, hingga pegawai yang memang sudah bertugas di instansi pemerintah bidang perencanaan.

4. Persyaratan pendaftaran

Setelah memenuhi persyaratan diri pelamar, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran online dan menyiapkan dokumen tambahan. Selesai mengisi formulir pendaftaran online, langkah berikutnya adalah mencetak formulir pendaftaran online tersebut untuk kemudian ditempel dengan materai dan ditandatangani pendaftar serta tanda tangan persetujuan dari atasan atau pejabat eselon II. Formulir yang sudah lengkap kemudian dikirimkan ke alamat bappenas yang ada di Jakarta Pusat, bersama dengan lampiran dokumen tambahan lain sebagai pendukung.

5. Syarat dokumen pendukung
Terdapat 6 dokumen tambahan yang harus dilampirkan bersama formulir pendaftaran. Dokumen tambahan seperti surat rekomendasi yang dibuat dan ditanda tangani langsung oleh setidaknya pejabat eselon II. Untuk mendaftar beasiswa bappenas, pelamar harus menyertakan lampiran berupa foto kopi ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah memiliki legalisir. Beasiswa yang dikhususkan untuk pegawai ini juga mensyaratkan adanya foto kopi SK pengangkatan PNS terakhir, dan khusus untuk PNS yang berada di sektor perencanaan diharuskan memfoto kopi SK jabatan dan melengkapi dengan legalisir sebagai dokumen lampiran. Syarat lainnya yaitu esai yang berisi tentang rencana study, dan dokumen terakhir yaitu formulir wawancara lengkap dengan tanda tangan.

6. Program beasiswa gelar S2
Beasiswa untuk program gelar S2 terdapat 3 pilihan beasiswa, yakni beasiswa dalam negeri, beasiswa linkage, dan beasiswa luar negeri. Beasiswa bappenas S2 dalam negeri telah memiliki 11 universitas yang menjadi rekomendasi pusbindiklatren dengan 20 program study. Sedangkan untuk program S2 linkage, ada dua pilihan yaitu Jepang dan Australia. S2 linkage Jepang menawarkan 6 universitas dalam negeri dan satu universitas di Jepang. 

Bagi yang dapat lulus 1 tahun di dalam negeri dan 1 tahu di Jepang, maka akan mendapatkan 2 gelar. Sementara itu program S2 linkage Australia satu tahun pertama berada di Universitas Hasanuddin dengan program study regional planning, setelah mendapat kursus IALF program study dilanjutkan dengan split-site master program di Griffith University, Australia. Untuk linkage Australia, sumber dananya tidak hanya dari bappenas tetapi juga dari Australia Awards Scholarship. Program yang terakhir yaitu S2 luar negeri dengan lama study 24 bulan dan dilakukan sepenuhnya di Jepang.

7. Program beasiswa S3

Beasiswa dari bappenas untuk program S3 terdiri dari beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri Jepang. Penerima beasiswa dapat menempuh pendidikan doktoral di universitas yang sudah bekerja sama dengan pemerintah terutama bappenas. 

Demikian beberapa informasi terkait beasiswa bappenas yang menarik dan banyak diminati oleh pegawai negeri sipil untuk melanjutkan pendidikan. Semoga informasi kami membantu anda. Dari beberapa informasi yang telah diberikan mengenai Beasiswa Bappenas dapat disimpulkan bahwa penerimaan beasiswa ini hanya diprioritaskan untuk jenjang pascasarjana saja.

Diluar dari jenjang tersebut kami belum update untuk sementara hanya ini saja jika ada informasi terbaru akan segera di informasikan semoga apa yang telah kita simak bersama dapat memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran yang sudah diberikan terima kasih semoga sukses saat seleksi Beasiswa tahun ini amin