Beasiswa Astra Internasional 2017/2018

Astra.co.id Khusus Beasiswa Astra Internasional 2017/2018 Informasi Program Beasiswa Astra Internasional Indonesia. Indonesia merupakan negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya belum stabil. Banyak sekali penduduk Indonesia yang belum sejahtera dan membuat tingkat pendidikannya menjadi rendah. Faktor lainnya tentu karena kesadaran masyarakat terhadap pendidikan yang sebagian masih kurang. Tidak sedikit yang mengabaikan pendidikan, padahal pendidikan adalah sesuatu yang berpengaruh besar terhadap kehidupan dan masa depan kita. 

Karena itulah banyak pihak yang menawarkan bantuan biaya pendidikan seperti beasiswa Astra Internasional dan semacamnya. Program beasiswa ini memiliki tujuan utama yang berupa meningkatkan tingkat pendidikan penduduk Indonesia agar mampu melakukan pembangunan dan perkembangan terhadap Indonesia sendiri, juga dunia. Astra Internasional adalah perusahaan yang memiliki beberapa yayasan. Yayasan tersebut lah yang menawarkan banyak program bantuan dan beasiswa terhadap pendidikan.

Beasiswa Astra Internasional 2017/2018

Bantuan Yayasan Toyota dan Astra Indonesia

Dari sekian yayasan yang dimiliki Astra Internasional, terdapat YTA atau Yayasan Toyota dan Astra yang fokus membuat program bantuan dan beasiswa terhadap pendidikan. Program yang dibuat fokus untuk menggerakan program belajar dari mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi. Yayasan ini telah berdiri sejak tahun 1974 dengan visi misi utama yaitu mencerdaskan bangsa Indonesia yang dilakukan melalui berbagai program. Untuk beasiswa Astra Internasional berupa pembiayaan kegiatan pendidikan, riset, pengembangan teknologi dan ilmu sains, serta bantuan perlengkapan penunjang pendidikan yaitu biaya buku (diutamakan pada bidang teknologi otomotif).


Kelebihan Mengikuti Program Beasiswa Dari Astra

Banyak pilihan program beasiswa yang dapat kita iuti dari berbagai institusi dan lembaga, atau juga yang ditawarkan langsung oleh pemerintah. Pemberian bantuan beasiswa dari Astra sendiri memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan-kelebihan tersebut di antaranya:
  1. Meksplor bisnis secara langsung di Astra Group.
  2. Mendapat bimbingan langsung dari PT Astra Internasional untuk mengembangkan diri dengan kegiatan Individual Development Plan.
  3. Mendapat bekal yang matang dari program workshop.
  4. Mendapat bantuan biaya pendidikan yang dihitung setiap semester dengan durasi program beasiswa Astra Internasional selama 1 tahun.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa Astra

Sama dengan penawaran beasiswa umumnya, terdapat sejumlah syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon peserta dan penerima beasiswa. Syarat dan ketentuan tersebut terdiri dari:
  1. Mahasiswa jenjang S1 yang aktif dan berkuliah di Pulau Jawa.
  2. Diutamakan berkuliah dalam bidang jurusan Fakultas Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik.
  3. Memiliki IPK minimum 3,00 dengan skala 4,00.
  4. Aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan memiliki jiwa kepemimpinan.
  5. Peserta bukan mahasiswa yang sedang menerima beasiswa lainnya.
  6. Siap mengikuti kegiatan seleksi dan program pendidikan.
  7. Mendaftar secara resmi dan menyiapkan dokumen yang diharuskan.

Setelah memenuhi syarat dan ketentuan, para calon peserta penerima beasiswa Astra Internasional akan diseleksi dengan berbagai tahapan. Tahap-tahap seleksi tersebut yang pertama ialah seleksi administrasi. Seleksi tahap pertama administrasi ini adalah seleksi yang mempertimbangkan apakah para calon peserta sudah mendaftar secara benar dan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Tahap seleksi kedua adalah tahap tes secara online yang berupa pemahaman dan pengetahuan calon peserta terhadap PT Astra Internasional dan seputar program beasiswa yang ditawarkan. 

Calon peserta dapat mempelajarinya dengan membuka website resmi milik Astra Internasional Indonesia. Seleksi kedua ini juga berpengaruh besar terhadap lulus atau tidaknya calon peserta karena bagi calon peserta yang tidak paham mengenai perusahaan Astra, otomatis dianggap tidka memiliki pengetahuan yang cukup. Tahap seleksi berikutnya ialah tes psikologi. 

Hampir sama saja dengan tes psikologi pada umumnya, pada tahap seleksi beasiswa Astra Internasional ini calon peserta akan diberi sejumlah pertanyaan yang bertujuan untuk melihat bagaimana kepribadian calon peserta dan jumlah IQ serta EQ. Dari tes ini juga dapat dilihat seberapa besar kemampuan yang dimiliki para calon peserta. Tahap seleksi yang keempat ialah Focus Group Discussion. 

FGD aadalah tahapan yang fokus dalam melakukan diskusi bersama calon peserta lainnya dalam mencari solusi terhadap berbagai skenario masalah. Melalui tahap seleksi ini akan terlihat bagaimana para calon peserta saling berinteraksi dan bekerjasama untuk mencari solusi. Serta bagaimana mereka memutuskan solusi terbaik yang harus diambil. Terakhir yang menjadi tahap seleksi kelima adalah wawancara atau interview. Para calon peserta yang dinilai lulus dari tahapan seleksi sebelumnya akan dipanggil untuk diwawancara secara langsung oleh pihak Astra Internasional. 

Di sini calon peserta beasiswa Astra Internasional diharapkan menyiapkan diri secara maksimal karena akan berhadapan langsung dengan pihak Astra Internasional untuk ditanyai beragam pertanyaan seputar pendidikan yang sedang dijalani, pengetahuan yang dimiliki, hingga rencana kita di masa depan.

Fokus Diadakan Di 6 Kota Besar

Program beasiswa Astra Internasional setiap tahun diadakan secara rutin di 6 kota besar yang ada di Pulau Jawa. Keenam kota tersebut ialah Bandung, Jakarta, Malang, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Untuk sementara beasiswa dari Astra memang hanya untuk mahasiswa yang berada di Pulau Jawa. Biasanya ditawarkan antara awal dan pertengahan tahun. Terdapat batas waktu bagi para calon peserta untuk melakukan pendaftaran sehingga lebih baik memperhatikan jadwal penyelenggaraan beasiswa.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat melihat di website resmi PT Astra Internasional atau Yayasan Toyota dan Astra. Semoga ulasan mengenai beasiswa Astra Internasional ini bermanfaat dan menambah informasi bagi Anda. Jangan lupa untuk mencari tahu kira-kira apa saja yang akan menjadi bahan seleksi oleh pihak penyelenggara beasiswa karena setiap penyelenggara beasiswa memiliki bahan seleksi yang berbeda. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs https://www.astra.co.id/CSR/Foundation/YAYASAN-TOYOTA-DAN-ASTRA-YTA. Semoga bermanfaat.