Beasiswa Amerika 2017/2018

Cies.org - Beasiswa Amerika 2017/2018 berikut Beasiswa Amerika Melalui Fulbright Scholarship Keberagaman yang ada di sana dan kualitas sumber daya manusianya yang terkenal pintar membuat banyak masyarakat Indonesia mempunyai American dream, atau keinginan akan hal-hal tentang Amerika. Negara adi daya tersebut juga menjadi incaran banyak mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan study melalui beasiswa Amerika. 

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan untuk WNI yang ingin menimba ilmu di Amerika, mulai dari yayasan, pemerintah Indonesia, hingga pemerintah Amerika. Dari semua beasiswa untuk S2 dan S3 Amerika, beasiswa Fulbright adalah yang paling terkenal dan banyak peminatnya. Terdapat banyak persyaratan dan step-step yang harus dilewati hingga benar-benar berangkat dengan biaya beasiswa. Berikut adalah beberapa hal tentang Fulbright scholarship.
 
Beasiswa Amerika 2017/2018

Beasiswa Fulbright untuk Warga Negara Indonesia

Beasiswa Fulbright merupakan salah satu beasiswa untuk mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan S2, S3, atau research di salah satu universitas yang ada di Amerika. Beasiswa Amerika ini dananya berasal dari US Department of State yang pengelolaan untuk Indonesia diatur  oleh AMINEF. Beasiswa ini memang mengutamakan pelamar yang berasal dari fakultas seperti staf kampus atau dosen, tetapi juga terbuka untuk pelamar dari luar fakultas. 

Selain Indonesia, Fulbright scholarship juga menyediakan bantuan beasiswa untuk masyarakat dunia di lebih dari 150 negara. Maka dari itu persaingan untuk memperoleh beasiswa Fulbright memang cukup ketat, bagi Anda yang ingin mendaftar Fulbright scholarship terlebih dahulu harus tahu lebih tentang beasiswa tersebut.

Beasiswa dari Fulbright sendiri memiliki 13 atau lebih jenis beasiswa pada masing-masing kategori, Fulbright scholarship, fellowship, dan Fulbright grant. Untuk lulusan fresh graduate memang lebih tepat untuk memilih Fulbright scholarship, sedangkan untuk seorang profesional dapat memilih fellowship. Semua kategori pada beasiswa Amerika ini menetapkan beberapa persyaratan umum bagi yang ingin mendaftar. 

Syarat paling mutlak yaitu warga negara Indonesia, ketentuan lainnya yakni tidak sedang tinggal di Amerika. Fulbright scholarship sendiri tidak untuk karyawan atau pun kerabat dekat anggota AMINEF, kedutaan besar Amerika, dan US department of State. Pelamar beasiswa Fulbright juga dituntut untuk memiliki leadership atau jiwa kepemimpinan. Fulbright scholarship merupakan salah satu kategori untuk beasiswa gelar yang dapat diikuti oleh semua orang. Terdapat 3 jenis dengan syarat yang berbeda-beda untuk mendapatkannya. 

Pertama adalah beasiswa untuk tingkat S2 atau master yang syarat TOEFL dengan skor 550. Kemudian ada beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan S3 atau pendidikan PhD, skor TOEFL yang menjadi syarat untuk memperoleh beasiswa Amerika ini adalah 575. Satu lagi dari Fulbright scholarship yaitu beasiswa jenis research yang ditawarkan untuk senior research dan yang sudah memegang gelar doktor atau S3. Untuk beasiswa research tersebut tidak ada syarat skor TOEFL.

Fellowship dari AMINEF biasa disebut sebagai shortcourse untuk tujuan pengembangan karir dan berbeda dengan Fulbright scholarship karena penerima fellowship tidak mendapatkan gelar akademik. Beasiswa Amerika ini mempunyai 5 jenis beasiswa, mulai dari FLTA yang diperuntukkan untuk lulusan sastra Inggris dan guru bahasa Inggris yang akan mengajar bahasa Indonesia di Amerika.  

Lama studinya sekitar 9 bulan dan syarat skor TOEFL adalah 550. Ada juga beasiswa Humphrey dengan masa studi 10 bulan yang diberikan khusus untuk peningkatan karir. Syarat beasiswa tersebut seperti skor TOEFL minimal 525 dan sudah bekerja setidaknya 5 tahun. Jenis lainnya meliputi ILEP untuk guru SLTP dan SLTA, CCIP untuk WNI di luar kota besar, Global Ugrad untuk mahasiswa yang sedang kuliah S1, dan US-ASEAN khusus untuk pejabat pemerintah. Syarat TOEL untuk 4 jenis Fellowship tersebut sekitar 500.

Fulbright Grant for Indonesia Lecture adalah kategori beasiswa Amerika yang hanya untuk dosen yang mengajar di universitas yang ada di Indonesia, baik itu  yang negeri atau swasta asalkan memiliki NIDN. Nomor induk dosen nasional menjadi salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa Grant. Terdapat tiga jenis beasiswa meliputi pendidikan master, doktoral, dan research. Penerima beasiswa Grant tersebut juga akan mendapatkan gelar setelah menyelesaikan studinya sama seperti scholarship.

Untuk mendaftar Fulbright langkah pertamanya adalah mengisi form pendaftaran yang dapat diunduh dari situs resmi AMINEF. Syarat administrasinya meliputi dokumen identitas dalam bentuk foto kopi yang dilegalisir. Persyaratan dokumen lain yaitu dua surat rekomendasi, satu dari pimpinan dan yang satu dari staf dosen. Bagi yang melamar beasiswa Amerika ini juga harus bisa melengkapi dokumen seperti CV atau daftar riwayat hidup, foto kopi ijazah dan transkrip nilai, serta foto kopi hasil TOEFL ITP atau hasil IELTS yang terbaru tidak lebih dari 2 tahun. 

Semua dokumen yang menjadi persyaratan diharuskan tersedia dalam bahasa Inggris, dan untuk ijazah serta transkrip nilai disertakan juga yang versi aslinya. Keterangan mengenai syarat administrasi biasanya tersedia di laman resmi AMINEF. Selain dokumen persyaratan, pelamar beasiswa Fulbright juga harus menuliskan study objective sebanyak satu halaman. Study objective berisi rencana pendidikan dan alasan memilih pendidikan tersebut, serta rencana di masa depannya. 

Dokumen pendaftaran beasiswa Amerika ini harus dikirimkan dalam bentuk hard copy ke alamat AMINEF Jakarta. Jika lulus administrasi, pelamar akan ke langkah selanjutnya yaitu tes wawancara yang dilakukan di Jakarta. Petugas interview biasanya merupakan orang Indonesia dan pihak Amerika dengan durasi wawancara yang berbeda-beda, rata-rata waktu interview sekitar 30menit. Semua pengumumannya sendiri biasanya melalui pesan email. Apabila dinyatakan lolos maka akan ada perintah selanjutnya, sebelum penerima Fulbright mengikuti training dan kemudian benar-benar berangkat ke Amerika. Untuk lebih jelas silahkan kungungi situs resmi Cies.org.