Cara Tes Minat Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Gratis 2017/2018

Tes Minat Bakat - Cara Tes Minat Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Gratis 2017/2018 terkhusus Cara Tes Minat Bakat Untuk Jurusan Kuliah Gratis 2017/2018 berikut Cara Tes Minat dan Bakat Jurusan Kuliah, Apakah anda salah satu siswa SMA/SMK/MA sederajat dan berkeinginan untuk kuliah disalah satu perguruan tinggi negeri tapi masih bingung milih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, nah informasi ini cocok bagi anda yang sedang merasakan kebingungan seperti itu.

Ada banyak cara untuk mengetahui minat dan bakat siswa salah satunya dilakukan melalui jasa Psikologi, namun hal itu tidak gratis peserta yang ingin melakukan tes minat dan bakat harus mempersiapkan modal, dana yang harus disiapkan tidak murah mencapai 200 rb keatas, kendala seperti itulah yang membuat peserta tes tidak jadi mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk ukuran anak sekolah menengah atas yang notabennya mengandalkan uang jajan.

Berbeda jika mereka yang berasal dari keluarga mampu tentu dana segitu tidak akan jadi masalah, tetapi bagaimana nasib teman-teman yang tidak memiliki uang hal itu sudah pasti tidak akan bisa terealisasi, selain itu ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan sistem tes minat dan bakat tentu sekolah yang bertaraf unggulan, apabila anda sekolah di daerah sudah pasti akses untuk tes minat dan bakat disekolah tidak bisa dirasakan.

Yang terakhir adalah melalui pelatihan atau workshop minat dan bakat biasanya diadakan oleh lembaga baik swsta maupun negeri, bahkan beberapa universitas sering melaksanakan tes dan minat, untuk biaya yang harus dikelaurkan tidak begitu besar sekitar 15 rb sampai 500 rb tergantung dari lembaga yang mengelenggarakan, namun kendalanya adalah masih sangat jarang pelatihan atau workshop minat dan bakat yang ada di Indonesia.

Berbeda dengan sekolah diluar negeri yang sudah sangat maju, sejak usia 3 tahun mereka sudah dicek minat dan bakat mereka, bahkan rata-rata lembaga pendidikan memiliki tim pencari bakat sendiri, jadi apabila anda sekolah di luar negeri sudah pasti tidak bingung untuk mengetahui bakat apa yang anda miliki, nantinya minat dan bakat ini akan berkaitan dengan kemampuan anda dari mulai gaya belajar, kecerdasan yang anda miliki pada akhirnya anda akan dapat memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan minat dan bakat.

Mencari jurusan kuliah memang mudah, tinggal cari jurusan apa yang memiliki peluang tinggi dalam dunia kerja, namun kesalahan yang sering terjadi oleh orang tua atau siswa yang memutuskan untuk lanjut kuliah adalah salah memilih jurusan dan hanya mempertimbangkan peluang kerja setelah lulus dari kuliah, bahkan menurut data sebagian besar mahasiswa yang kuliah memilih jurusan atas rekomendasi orang tua bisa dibilang kehendak orang tua mereka.

Tidak bersumber dari minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut, akibatnya mahasiswa yang terlanjur kuliah susah untuk lulus karena merasa bahwa jurusan yang ia pilih sulit dimengerti, kuliah yang seharusnya diselesaikan dengan waktu kurang dari 4 tahun untuk jenjang S1 harus berkahir 5 tahun menurut aturan RistekDikti. jangankan lulus dengan pujian tetapi lulus dengan predikat kasihan.

Hal semacam ini sering terjadi di dunia kuliah, Selain itu sebagian orang tua masih belum menyedari betapa pentingnya minat dan bakat anak untuk dikembangkan, jangan sampai setelah lulus kuliah anda malah bekerja diluar bidang anda, seperti contoh saat kuliah anda mengambil jurusan Hukum tetapi setelah lulus ijasah S1 Hukum tidak digunakan malah menekuni bidang Akutansi khususnya diperbankan.

Ironi seperti ini yang masih sering terjadi, beberapa studi kasus tersebut berlaku untuk semua jurusan kuliah, tidak sesuai memilih jurusan akan berakibat fatal pada masa depan anda, bahkan akan mengalami kerugian dari segi waktu, biaya dan tenaga, bahkan semua itu akan memberikan kerugian permanen pada masa depan anda, mencari jurusan memang tidak salah jika kita mempertimbangkan asas peluang kerja setelah lulus namun yang paling penting adalah pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat bakan yang anda miliki.

Pertanyaan sederhananya bagaimana kita mengetahui minat dan bakat kita sendiri ? Jawabnya adalah untuk mengetahui minat dan bakat yang anda miliki paling akurat harus dilakukan tes namun anda bisa menganalisis minat dan bakat bagi peserta yang belum mengetahui melalui gaya belajar yang anda miliki, kecerdasan apa yang anda punyai, dan kebiasaan apa yang anda gemari, apa hobby anda selama ini sampai dengan tata cara mengambil keputusan, pelajaran apa yang disenangi anda, dan cara berpakaian perhitungan atas keputusan yang anda buat.

Dari semua pertayaan itu anda bisa mengetahui apa minat dan bakat yang anda miliki dan jurusan kuliah apa yang cocok untuk anda, konsekuensi dari menganalisis tersebut tidak semua orang bisa dan bahkan keakuratanya belum teruji, satu-satunya jalan yang harus dilakukan adalah tes minat dan bakat langsung, tetapi apakah ada layanan yang menyediakan tes minat dan bakat secara gratis.

Untuk urusan gratis sudah pasti kita berlomba-lomba untuk mendapatkanya, tahukah anda seiring perkembangan dan kemajuan terknologi saat ini ada banyak sekali situs penyedia informasi tes minat bakat yang bisa dilakukan secara online namun tidak semua hasil yang ditampilkan akurat, untuk menyusun tes kita memerlukan indikator, penentuan indikator tidak bisa sembarang dilakukan hanya mereka yang berlatar belakang Psikolog atau Guru Bimbingan Konseling saja yang mampu menyusunnya.

Dari beberapa indikator untuk menentukan minat dan bakat seseorang disini kami memberikan rekomendasi kepada kalian yang masih bingung mencari jurusan apa cocok untuk anda dapat menggunakan situs http://minat.okezone.com silahkan buka situs tersebut akan muncul tampilan seperti berikut ini.


Langkah-langkah mengikuti tes minat bakat ini bisa menggunakan akun fb atau twitter yang anda miliki, pastikan akun anda memiliki umur sesuai dengan data asli bukan akun palsu supaya hasil yang akan ditampilkan akurat, kemudian klik "Mulai Sekarang" akan tampil seperti berikut.



Perbaiki data apabila salah kemudian anta tinggal mengklik "Mulai" selanjutnya anda akan menjawab 10 pertanyaan yang mewakili diri anda, sebelum menjawab anda wajib mengingat hanya memilih jawaban yang sesuai dengan diri anda, paling tidak jawaban yang mendekati gambaran diri anda kemudian akan tampail seperti berikut.


Jawablah 10 pertanyaan yang paling mencerminakan diri anda apabila sudah memilih silahkan anda next sampai 10 pertanyaan tersebut terisi dengan benar dan jujur karena itu akan menentukan seperti apa minat dan bakat yang anda miliki, apabila sudah selesai akan tampil seperti berikut. 


Hasil akhir apabila anda sudah mengisi semua pertanyaan 10 butir yang ada akan muncul keterangan jurusan yang cocok bagi anda sesuai dengan minat dan bakat tinggal anda cari Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan tersebut dan mengikuti pendaftaran baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, SPAN dan UM PTKIN, PMDK, UMPN, SPMB, PTK dan beberapa jalur lainnya baik Undangan, Tertulis maupun beasiswa serta Ikatan Dinas.

Keakuratan dalam tes ini setidaknya mencapai 50% namun disarankan untuk mengetahui lebih lengkap anda harus melakukan cek Minat dan Bakat ke Psikolog, karena hasil dari tes ini hanya sekitar 50% saja, selain itu ada banyak situs untuk tes minat bakat anda lainnya namun kesempatan kali ini kami hanya membahas mengenai tes situs ini.

Setelah mendapatkan hasil anda dapat menshere ke Fb ataupun Twitter hasil yang sudah didapat semoga apa yang telah diberikan dapat membantu anda dalam memilih jurusan, keakuratan terletak pada setiap poin soal yang diberikan apabila anda merasa bahwa semua jawaban yang diisi tidak mewakili sepenuhnya diri anda, artinya hasil tes minat bakat anda tidak perlu dipercayai, namun sebaliknya apabila poin yang anda isi sesuai dengan diri anda anda bisa menjadikan referensi pertimbangan untuk memilih jurusan persentase 50% semoga bermanfaat.
GET IT ON Google Play