5 Cara Tes Minat Bakat Memilih Jurusan Kuliah 2024/2025


5 Cara Tes Minat Bakat Memilih Jurusan Kuliah 2024/2025 - Apakah anda salah satu siswa SMA/SMK/MA sederajat dan berkeinginan untuk kuliah disalah satu perguruan tinggi negeri tapi masih bingung milih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, nah informasi ini cocok bagi anda yang sedang merasakan kebingungan seperti itu.

Ada banyak cara untuk mengetahui minat dan bakat siswa salah satunya dilakukan melalui jasa Psikologi, namun hal itu tidak gratis peserta yang ingin melakukan tes minat dan bakat harus mempersiapkan modal, dana yang harus disiapkan tidak murah mencapai 200 rb keatas, kendala seperti itulah yang membuat peserta tes tidak jadi mengingat biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk ukuran anak sekolah menengah atas yang notabennya mengandalkan uang jajan.
 

 

Berbeda jika mereka yang berasal dari keluarga mampu tentu dana segitu tidak akan jadi masalah, tetapi bagaimana nasib teman-teman yang tidak memiliki uang hal itu sudah pasti tidak akan bisa terealisasi, selain itu ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan sistem tes minat dan bakat tentu sekolah yang bertaraf unggulan, apabila anda sekolah di daerah sudah pasti akses untuk tes minat dan bakat disekolah tidak bisa dirasakan.

Yang terakhir adalah melalui pelatihan atau workshop minat dan bakat biasanya diadakan oleh lembaga baik swsta maupun negeri, bahkan beberapa universitas sering melaksanakan tes dan minat, untuk biaya yang harus dikelaurkan tidak begitu besar sekitar 15 rb sampai 500 rb tergantung dari lembaga yang mengelenggarakan, namun kendalanya adalah masih sangat jarang pelatihan atau workshop minat dan bakat yang ada di Indonesia.

Berbeda dengan sekolah diluar negeri yang sudah sangat maju, sejak usia 3 tahun mereka sudah dicek minat dan bakat mereka, bahkan rata-rata lembaga pendidikan memiliki tim pencari bakat sendiri, jadi apabila anda sekolah di luar negeri sudah pasti tidak bingung untuk mengetahui bakat apa yang anda miliki, nantinya minat dan bakat ini akan berkaitan dengan kemampuan anda dari mulai gaya belajar, kecerdasan yang anda miliki pada akhirnya anda akan dapat memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan minat dan bakat.

Mencari jurusan kuliah memang mudah, tinggal cari jurusan apa yang memiliki peluang tinggi dalam dunia kerja, namun kesalahan yang sering terjadi oleh orang tua atau siswa yang memutuskan untuk lanjut kuliah adalah salah memilih jurusan dan hanya mempertimbangkan peluang kerja setelah lulus dari kuliah, bahkan menurut data sebagian besar mahasiswa yang kuliah memilih jurusan atas rekomendasi orang tua bisa dibilang kehendak orang tua mereka.

Tidak bersumber dari minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut, akibatnya mahasiswa yang terlanjur kuliah susah untuk lulus karena merasa bahwa jurusan yang ia pilih sulit dimengerti, kuliah yang seharusnya diselesaikan dengan waktu kurang dari 4 tahun untuk jenjang S1 harus berkahir 5 tahun menurut aturan RistekDikti. jangankan lulus dengan pujian tetapi lulus dengan predikat kasihan.

Hal semacam ini sering terjadi di dunia kuliah, Selain itu sebagian orang tua masih belum menyedari betapa pentingnya minat dan bakat anak untuk dikembangkan, jangan sampai setelah lulus kuliah anda malah bekerja diluar bidang anda, seperti contoh saat kuliah anda mengambil jurusan Hukum tetapi setelah lulus ijasah S1 Hukum tidak digunakan malah menekuni bidang Akutansi khususnya diperbankan.

Ironi seperti ini yang masih sering terjadi, beberapa studi kasus tersebut berlaku untuk semua jurusan kuliah, tidak sesuai memilih jurusan akan berakibat fatal pada masa depan anda, bahkan akan mengalami kerugian dari segi waktu, biaya dan tenaga, bahkan semua itu akan memberikan kerugian permanen pada masa depan anda, mencari jurusan memang tidak salah jika kita mempertimbangkan asas peluang kerja setelah lulus namun yang paling penting adalah pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat bakan yang anda miliki.

Pertanyaan sederhananya bagaimana kita mengetahui minat dan bakat kita sendiri ? Jawabnya adalah untuk mengetahui minat dan bakat yang anda miliki paling akurat harus dilakukan tes namun anda bisa menganalisis minat dan bakat bagi peserta yang belum mengetahui melalui gaya belajar yang anda miliki, kecerdasan apa yang anda punyai, dan kebiasaan apa yang anda gemari, apa hobby anda selama ini sampai dengan tata cara mengambil keputusan, pelajaran apa yang disenangi anda, dan cara berpakaian perhitungan atas keputusan yang anda buat.

Dari semua pertayaan itu anda bisa mengetahui apa minat dan bakat yang anda miliki dan jurusan kuliah apa yang cocok untuk anda, konsekuensi dari menganalisis tersebut tidak semua orang bisa dan bahkan keakuratanya belum teruji, satu-satunya jalan yang harus dilakukan adalah tes minat dan bakat langsung, tetapi apakah ada layanan yang menyediakan tes minat dan bakat secara gratis.

Untuk urusan gratis sudah pasti kita berlomba-lomba untuk mendapatkanya, tahukah anda seiring perkembangan dan kemajuan terknologi saat ini ada banyak sekali situs penyedia informasi tes minat bakat yang bisa dilakukan secara online namun tidak semua hasil yang ditampilkan akurat, untuk menyusun tes kita memerlukan indikator, penentuan indikator tidak bisa sembarang dilakukan hanya mereka yang berlatar belakang Psikolog atau Guru Bimbingan Konseling saja yang mampu menyusunnya.

Dari beberapa indikator untuk menentukan minat dan bakat seseorang disini kami memberikan rekomendasi kepada kalian yang masih bingung mencari jurusan apa cocok untuk anda dapat menggunakan beberapa situs berikut ini

 
Tes Minat Bakat Quipper

Quipper merupakan salah satu kursus online yang sangat berkompeten di dibadangnya, menyediakan solusi bagi kalian yang masih bingung memilih jurusan saat kuliah nanti, pemilihan jurusan ditentukan berdasarkan hasil tes minat bakat yang dilakukan, jika berminat mendaftar silahkan kunjungi situs resmi https://campus.quipper.com/tests.
  1. Kunjungi situs resmi https://campus.quipper.com/tests
  2. Klik menu Tes Minat Bakat 
  3. Melakukan Pendaftaran
  4. Isi Form Online 
  5. Setelah semua selesai hasil muncul
 
Tes Minat Bakat AkuPintar.id

Penasaran dengan bakat terpendang yang belum kalian ketahui dari dalam diri, tidak perlu kwatir salah satu layanan jasa tes minat bakat seperti Aku Pintar bisa menjadi solusi bagi kalian yang masih bingung memilih jurusan apa saat kuliah, bagi yang berminat mengikuti tes ini silahkan ikuti tata cara pendaftaran dibawah :
  1. Kunjungi Situs resmi https://akupintar.id/.
  2. Selain dari website resmi bisa juga melalui play store atau apps store silahkan di download.
  3. Melakukan Pendaftaran.
  4. Mengisi form lengkap.
  5. Cek Hasil dari tes yang kalian lakukan.
 
Tes Minat Bakat Pakbudi.id
 
Ada lebih dari delapan puluh tujuh persen orang salah memilih jurusan, agar kita tidak termasuk orang-orang yang salah memilih jurusan penting kiranya untuk melakuka pengecekan minat dan bakat, hasil dari tes tersebut dapat menjadi acuan dalam memilih jurusan yang sesuai dengan minat bakat. Cara Mendaftar seperti berikut.
  1. Kunjungi situs resmi https://tesminatbakat.pakbudi.id/ untuk mendaftar.
  2. Pilih menu pendaftaran 
  3. Isi Form Online
  4. Lengkapi Data
  5. Cek Hasil Tes minat bakat.
 
Tes Minat Baat Rencanamu.id
 
Kenali dirimu sendiri dan persiapkan kuliah untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, pemilihan jurusan merupakan salah satu langkah untuk yang kita pilih untuk mengubah masa depan, oleh sebab itu jangan sampai salah memilih jurusan, jika hal itu terjadi masa depan tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu tempat tes minat bakat yang paling akurat melalui https://rencanamu.id/, salah satu start up bidang pendidikan yang di dukung oleh google secara langsung, untuk mendaftar silahkan kunjungi situs resmi dibawah ini :
  1. Kunjungi situs resmi https://rencanamu.id/ atau bisa melalui smartphone donwload aplikasinya.
  2. Pilih Mulai disini, buat akun.
  3. Isi biodata dan isi data tes.
  4. Pastikan memilih latar belakang pendidikan yang tepat.
  5. Lengkapi Tes.
  6. Nantinya cek hasil untuk melihat jurusan apa yang cocok untuk anda sesuai dengan tes minat bakat.
  7. Setiap peserta juga bisa memanfaatkan layanan berbayar dari website ini untuk hasil yang lebih lengkap.

 

Tes Minat Bakat Kemdikbud.

Pemerintah melalui Kemdikbud juga menyediakan fasilitas tes minat bakat sesuai dengan kurikulum dan standar pendidikan yang ada di Indonesia, sayangnya proses pendaftaran tes minat bakat yang  diadakan kemdikbud tidak bisa mendaftar secara pribadi harus melalui usulan, munkin kedepan akan ada perubahan semoga kita bisa mendaftar secara langsung. Berikut cara Pendaftaran.

  1. Pendaftaran dilaksanakan berdasarkan usulan ke dinas provinsi.
  2. Nantinya Provinsi akan menerima usualan dan berkordinasi ke sekolah.
  3. Setelah di aprov, nantinya akan dilakukan pendaftaran.
  4. Siswa akan menerima login
  5. Melakukan login melalui situs https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tes-bakat/
  6. Ikuti tes sesuai jadwal yang berlaku
  7. Hasil akan diberitahunkan melalui sekolah. 
 

Keakuratan dalam tes ini setidaknya mencapai 60% Setelah mendapatkan hasil anda dapat menentukan jurusan apa saja yang akan dipilih sesuai minat dan bakat, yang paling cocok adalah jurusan yang buming di masa depan, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat selamat mencoba.