Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Gresik 2017/2018

PPDB Gresik - Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Gresik 2017/2018 melalui Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Gresik berikut Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB akan dilakukan secara online. Pendaftaran ini pada umumnya akan diselenggarakan pada bulan-bulan Juni dan Juli. Tentu saja pendaftaran ini dibuka setelah adanya hasil pengumuman UN untuk tingkat SD sampai dengan SMP.

Sistem Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Gresik untuk tahun 2017/2018 akan mulai dibuka pada bulan Juni. Karena memamg jadwal pengumuman kelulusan ujian nasional (UN) untuk tingkat SD dan SMP juga akan diumumkan pada pertengahan bulan Juni di tahun 2017 ini. Hal ini pastinya juga berlaku untuk pendaftaran SD Negeri secara online, pendaftaran SMP untuk jalur umum, serta pendaftaran SMA jalur umum dan SMK jalur umum secara online.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Gresik 2017/2018


Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB mempunyai aturan ketentuan penyelenggaraan pelaksanaan yang berdasarkan pada UU RI nomer 17 th 2010. UU ini mengatur tentang pengolahan Pendidikan yang tertera pada pasal 74 dan pasal 82 yang menyatakan tentang penerimaan peserta didik pada instansi pendidikan yang diadakan secara objektif dan transparan.

Pendaftaran Online PPDB SD SMP SMA 2017/2018 Kabupaten Gresik

Setiap tahun penerimaan untuk PPDB Gresik dibuka melalui online tahun ini juga sama proses penerimaan PPDB Kabupaten ini dilaksanakan melalui online untuk itu bagi yang ingin mendaftar harus membaca informasi ini sampai dengan selesai. Pada dasarnya, proses penerimaan siswa baru adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksankan oleh seluruh sekolah di Kabupaten Gresik.

Namun dalam beberapa tahun terakhir ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gresik terus menyempurnakan sistem yang terbaru dan terpercaya. Hal ini juga berdampak pada PPDB secara online untuk jalur umum regular serta jalur umum siswa berprestasi. Pendaftaran sekaligus penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh Kabupaten Gresik ini dilaksanakan secara online menurut informasi resmi PPDB online atau situs resmi dari SIAP PPDB Online.

Situs tersebut adalah sebuah sistem yang dibuat guna menyeleksi proses pendaftaran siswa baru secara otomatis dan sistematis. Semua proses tersebut telah terintegrasi oleh sistem sehingga dari proses pendaftaran hingga pengumuman penerimaan dilakukan secara online. Pengumuman penerimaan mahasiswa baru ini dilaksanakan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

Syarat Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Gresik Tingkat SD Sederajat Tahun 2017

Dibawah ini adalah beberapa ketentuan dan persyaratan umum untuk seleksi pendaftaran peserat didik baru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan sederajat. Syarat ini juga berlaku untuk calon peserta didik keals 1 SD. Syaratnya antara lain sebagai berikut:
  1. Berusia minimal 7 tahun dan maksimal 12 tahun wajib diterima di Sekolah Dasar atau Sekolah dalam bentuk lain yang sederajat.
  2. Tepat dan atau telah berusia genap 6 tahun agar dapat diterima di Sekolah Dasar atau Sekolah dalam bentuk lain yang sederajat.
  3. Bagi peserta khusus untuk Calon Pendaftar khusus kelas 1 SD untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) harus berusia minimal 6 tahun.

Berikut ini adalah beberapa Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Gresik
  1. SDN MOJOPUROWETAN BUNGAH
  2. SDN MOJOSARIREJO
  3. SDN MOJOSARIREJO II
  4. SDN MOJOTENGAH
  5. SDN MOJOTENGAH II
  6. SDN MOJOWUKU
  7. SDN MOJOWUKU II
  8. SDN MONDOLUKU
  9. SDN MOROBAKUNG
  10. SDN PANDANAN

Syarat Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Gresik Tingkat SMP Sederajat Tahun 2017
  1.  Peserta berusianya setinggi-tingginya 18 (delapan belas) tahun pada awal tahun pelajaran 2017/2018 (sekitar pertengahan Juli). Namun untuk SMPLB ada syarat dan ketentuan tersendiri.
  2. Melampirkan berkas yang akan digunakan diantaranya Berkas tersebut berupa:
  • Surat keterangan lulus asli
  • Foto copy ijazah SD/SDLB/SLB jika sudah ada atau foto copy ijazah Tingkat Dasar/MI/Surat Keterangan yang memiliki penghargaan yang sama dengan Ijazah Sekolah Dasar atau Ijazah Program Paket A.
  • Melampirkan surat keterangan lulus ujian sekolah berupa (SKHUS) Sementara Asli dan 1 lembar foto copy SKHUS Sementara.
  • Pas foto hotam putih ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar. Sertakan pula KK asli atau menunujukan foto copy KK yang sudah dilegalisir oleh Kantor Desa atau Kelurahan setempat (bagi yang tidak bisa membawa KK asli)
  • Jika mempunyai piagam penghargaan, harap membawa formulir pengesahan piagam penghargaan yang dikeluarkan resmi oleh Dinas Pendidikan kabupaten atau kota tempat tinggal pendaftar.

Berikut ini adalah beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Kabupaten Gresik
  1. MTs SUNAN AMPEL
  2. MTsN GRESIK
  3. SMP NEGERI 1 SIDAYU
  4. SMPN 1 BALONGPANGGANG
  5. SMPN 1 BENJENG
  6. SMPN 1 BUNGAH 
  7. SMPN 1 CERME

Bagaimana cara mendaftar sekolah untuk calon peserta didik secara online?
  1. Bagi yang sudah memenuhi persyaratan harap membawa semua berkas yang telampir saat pendaftaran oleh siswa atau wali atau orang tua.
  2. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran rangkap 3 (tiga).
  3. Setiap calon peserta didik akan diberikan 4 (empat) pilihan untuk mendaftarkan diri ke sekolah yaitu 2 (dua) di sekolah negeri dan 2 (dua) lainnya di sekolah swasta.
  4. Dalam menetapkan pilihan sekolah tidak harus ke empat pilihan dipilih semuanya, namun calon peserta didik bisa menentukan pilihan sesuai dengan keinginan.
  5. Calon peserta didik menuju ke operator pendaftaran dan menyerahkan berkas pendaftaran. Berkas-berkas ini akan diverifikasikan dan diinput oleh operator secara online.

Demikian cara mendaftar sekolah untuk SD dan SMP melalui pendaftaran PPDB Online Kabupaten Gresik terbaru 2017.  Apabila terdapat beberapa informasi lain terkait dengan Pendaftaran PPDB Online maka akan segera kami kabarkan semoga apa yang telah diberikan diatas dapat memberikan pentunjuk pendaftaran terutama bagi peserta yang ingin mengikuti pendaftaran secara online khusus PPDB Kab Gresik.

Era pendaftaran saat ini sudah berubah menuju online dimana semua itu akan memberikan kemudahan jika sebelum sistem online pendaftaran hanya bisa dilakukan dengan mendatangi sekolah tujuan dipastikan tidak akan bisa mengikuti pendaftaran sementara sekarang pendaftaran PPDB tidak lagi terbatas ruang dan waktu dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tentu ini merupakan inovasi lebih efisien jika dibandingkan dengan pendaftaran biasa.
GET IT ON Google Play