Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Buleleng 2017/2018

PPDB Buleleng - Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Buleleng 2017/2018 simakPendaftaran Online PPDB Kab Buleleng 2017/2018 untuk PPDB Online Kab Buleleng 2017/2018. Sukses PPDB Online Kabupaten Buleleng Tahun ajaran yang lama akan segera berakhir dan tahun pelajaran baru segera dimulai. Bagi kamu yang tinggal di wilayah kabupaten Buleleng, ingat bahwa sejak tahun sebelumnya kabupaten ini telah resmi mengikuti sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online.

Jadi, jika kamu bersiap untuk mendaftar sebagai calon siswa baru, maka sebaiknya kamu pelajari dengan teliti artikel di bawah ini agar pendaftaran PPDB Online Kabupaten Buleleng tahun ini dapat berjalan lancar. Untuk lebih jelas berikut kami berikan beberapa ulasan terkait dengan Pendaftaran PPDB Online Kab Buleleng untuk lebih jelas seperti dibawah ini.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Buleleng 2017/2018


Sekilas Mengenai PPDB Online

SIAP PPDB merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru. Segala proses mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman akan dilaksanakan secara online berbasis sistem realtime. Calon siswa hanya perlu mengakses satu situs yaitu siap-ppdb.com. Seluruh informasi terkait sekolah dan proses penerimaan peserta didiknya dapat diakses oleh seluruh masyarakat kapanpun dan dimanapun. Kabupaten Buleleng sendiri akhirnya secara resmi bergabung ke dalam sistem SIAP PPDB online ini sejak tahun ajaran 2016/2017 lalu.

Persiapan Berkas Sebelum Mendaftar PPDB Online

Sebelum kamu mendaftar pendaftaran PPDB Online Kabupaten Buleleng, sebaiknya cek kembali apakah berkas-berkas di bawah ini telah lengkap kamu persiapkan.
  1. Fotocopy ijazah yang telah dilegalisir
  2. Fotocopy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUAS) yang telah dilegalisir
  3. Surat Keterangan Lulus (SKL) asli atau bentuk lain yang menyatakan kelulusan calon siswa
  4. Fotocopy Kartu Keluarga KK
  5. Fotocopy akta kelahiran atau surat keterangan lahir
  6. Pas foto 3x4 berwarna/hitam putih kurang lebih 4 lembar
  7. Formulir pengesahan piagam penghargaan yang disahkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kab/kota masing-masing (jika ada)

Alur Pendaftaran SIAP PPDB Online

Apabila kamu akan mendaftarkan diri sebagai calon siswa baru pada pendaftaran PPDB Online Kabupaten Buleleng, maka direkomendasikan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Akses internet melalui komputer atau laptop untuk membuka situs SIAP PPDB online melalui siap-ppdb.com.
  2. Awali dengan mendaftarkan diri atau masuk melalui akun yang telah dimiliki dengan cara mengklik menu “mendaftar/login” di pojok kanan atas halaman website.
  3. Apabila kamu sudah memiliki akun, silahkan langsung saja memasukkan alamat email/nomor ID pegawai/NUPTK/ID SIAP dan kata sandi, lalu klik “masuk.” Atau kamu juga bisa langsung masuk menggunakan akun Facebook atau Twitter.
  4. Namun, apabila kamu belum memiliki akun, maka kamu perlu mendaftar terlebih dulu dengan cara mengklik menu “mendaftar” di sebelah kotak login. Ikuti petunjuk untuk mengisi formulir pendaftaran secara lengkap.
  5. Setelah kamu sudah memiliki akun di PPDB online, maka kamu sudah secara resmi bergabung dan dapat mengakses informasi kapanpun dimanapun.
  6. Pada hari pendaftaran PPDB, calon siswa diharapkan melengkapi berkas fisik dengan lengkap untuk dapat melakukan proses pendaftaran di sekolah yang dituju.
  7. Calon siswa meminta formulir pendaftaran di bagian pendaftaran di sekolah tujuan.
  8. Calon siswa mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan sesuai, setelah itu mengembalikan formulir beserta berkas yang telah dipersiapkan kepada panitia.
  9. Panitia akan memasukkan data pendaftaran calon siswa ke dalam computer dan memverifikasinya sesuai dengan berkas yang dikumpulkan.
  10. Setelah data calon siswa dinyatakan sah, maka panitia akan memberikan kepada calon siswa tanda bukti pendaftaran. Melalui tanda ini berarti data calon siswa telah masuk ke dalam sistem SIAP PPDB online. Calon siswa dapat mengecek hasil akhir dan pengumuman terkait PPDB melalui situs siap-ppdb.com.

Kiat-Kiat Sukses dan Lancar PPDB Online

SIAP PPDB online tidak lepas dari persaingan dalam memperebutkan kursi terutama di sekolah-sekolah favorit.Sistem realtime-nya mengharuskan calon siswa maupun orang tua untuk terus memantau posisi apakah mereka diterima di sekolah yang mereka inginkan.Oleh karena itu, agar pendaftaranmu berjalan dengan lancar, ikuti kiat-kiat sukses di bawah ini.

1. Selalu update informasi terkait PPDB

Karena aturan terkadang cepat berubah, sangat disarankan bagi setiap calon siswa yang ingin mendaftar lewat jalur PPDB online untuk terus mengupdate informasi terkait. Tidak hanya melalui sumber informasi cetak atau langsung dari sekolah dan guru, calon siswa juga didorong untuk mencari sumber lain seperti dari internet.

2. Petakan passing grade tiap sekolah

Passing grade sekolah akan sangat menentukan apakah nilai calon siswa akan mampu lolos atau tidak. Banyak kasus dimana orang tua memaksakan anaknya untuk masuk ke sekolah favorit, padahal nilai mereka tidak mencukupi.Pada akhirnya, ketika hari H pengumuman, anak justru terlempar ke sekolah yang bukan menjadi tujuan.Oleh karena itu, menyesuaikan nilai siswa dengan passing grade sekolah tujuan sangatlah penting.

Orang tua bisa membantu calon siswa untuk memetakan passing grade berdasarkan histori tahun sebelumnya.Karena siswa hanya bisa memilih 3 sekolah saja, maka sebaiknya ketiganya adalah pilihan yang memberikan kemungkinan lolos yang paling tinggi.

3.Tidak perlu terburu-buru mendaftar, lihat kondisi terlebih dahulu

Orang tua siswa perlu membantu memantau terlebih dahulu situasi passing grade di sekolah tujuan dengan mengakses situs PPDB online.Lihat posisi nilai tertinggi dan terendah yang sudah terdaftar. Sistem realtime ini membuat nilai calon siswa akan dengan sangat mudah tergeser ke bawah apabila ada nilai yang lebih tinggi masuk. Oleh karena itu, sebaiknya memasukkan berkas menjelang akhir ketika nilai siswa dirasakan aman untuk lolos.

4. Direkomendasikan memilih sekolah yang dekat rumah

Beberapa wilayah telah menerapkan rayonisasi, sebagai contoh di Kota Bandung. Melalui sistem pembagian wilayah ini, calon siswa didorong untuk mendaftarkan diri ke sekolah yang lebih dekat dari rumahnya masing-masing. Siswa dapat mendaftarkan diri ke sekolah manapun yang ada di wilayah Kota Bandung tanpa melihat passing grade, lokasi, maupun asal pendaftar. Akan tetapi, bagi calon siswa yang mendaftar di sekolah yang sewilayah dengan tempat tinggalnya atau berjarak 2 km dari rumah, akan mendapatkan insentif. Apa bentuk insentifnya? Yaitu, kuota proteksi dalam wilayah bagi siswa yang mendaftar di sekolah yang sewilayah. Selamat mendaftar dan semoga sukses!