Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Bojonegoro 2017/2018

PPDB Online Kab Bojonegoro - Info Pendaftaran Online PPDB Kabupaten Bojonegoro 2017/2018 simak PPDB Online Kabupaten Bojonegoro 2017/2018 melalui Penerimaan Mahasiswa Baru PPDB Online Bojonegoro, saat ini beberapa kabupaten yang ada di Indonesia membuka penerimaan siswa baru melalui jalur online bagi yang berminat silahkan mengikuti pendaftaran sesuai dengan ketentuan pembahasannya seperti berikut ini.

Informasi dan Cara Lengkap Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro segera dibuka, lho! Apakah kamu sudah menentukan sekolah favorit yang akan menjadi sekolah lanjutanmu? Jika sudah, kini saatnya bagi kamu untuk bersiap mendaftar sebagai peserta didik baru secara online.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Bojonegoro 2017/2018

Apa Itu Sistem PPDB Online?

Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan Penerimaan Peserta Didik Baru Online atau disingkat dan lebih dikenal sebagai SIAP PPDB Online, merupakan sistem online yang dirancang oleh pemerintah untuk melakukan seleksi penerimaan peserta didik atau siswa baru. Proses seleksi ini dimulai dari proses pendaftaran, seleksi, sampai pada pengumuman hasil. Keseluruhan proses ini dilakukan secara online dengan berbasis sistem realtime dimana proses ini dibatasi oleh rentang waktu dan tenggat waktu yang jelas.

Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro ini dapat dilakukan melalui situs website siap-ppdb.com. Melalui situs ini, tidak hanya siswa, tetapi guru, orang tua, sekolah, maupun seluruh masyarakat secara luas dapat mengakses informasi terkait pendaftaran PPDB online di berbagai kabupaten/kota.Akan tetapi, akibat keterbatasan ketersediaan internet di beberapa daerah, maka sistem pendaftaran online belum dapat diadakan secara menyeluruh di Indonesia.

Dengan penerapan sistem berbasis online bagi seleksi siswa baru ini, pemerintah berharap secara umum dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan.Sistem penerimaan siswa baru yang lama pun diharapkan dapat lebih terintegrasi, transparan, dan akurat. Proses penerimaannya juga akan menjadi lebih efisien dan praktis, termasuk basis data sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Masyarakat pun pada akhirnya dapat mengakses informasi dengan lebih mudah, cepat dan akurat tanpa perlu repot-repot mendatangi langsung sekolah yang dituju.

Keuntungan Sistem PPDB Online

Bagi wilayah kota dan kabupaten yang telah dapat mengakses sistem PPDB online ini, memang terdapat beberapa keuntungan lebih yang bisa dirasakan.

Bagi Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang menerapkan sistem ini, mereka dapat saling bersinergi dalam menyelenggarakan penerimaan siswa baru, termasuk basis data terkait. Selain itu, penguasaan otoritas terkait mengenai teknologi informasi juga semakin meningkat. Sekolah pun dapat meningkatkan reputasi sekolahnya dan memberikan akses informasi yang lebih luas kepada masyarakat mengenai sekolah dan sistem pendidikan mereka.Terlebih lagi, sistem online sangat berguna dalam efisiensi biaya yang dulunya banyak dikeluarkan dalam mengurus proses pendaftaran siswa secara manual, sehingga resiko korupsi pun dapat dikurangi pula.

Kemudian, bagi siswa dan orang tua siswa, sistem pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro membantu mereka mengakses informasi terkait penerimaan siswa baru. Siswa dan orang tua juga tidak perlu repot-repot pergi ke sekolah tujuan secara berulang untuk mencari informasi karena segalanya telah dapat dilakukan secara online. Segala proses pendaftaran dan seleksi juga semakin mudah, efektif, dan tertib untuk diterapkan oleh mereka. Melalui sistem ini, pihak sekolah dan dinas pendidikan yang berupaya memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik membuat siswa lebih terpuaskan.

Langkah-Langkah Mendaftar PPDB Online

Bagi kamu yang masih baru dalam hal mendaftar penerimaan siswa baru secara online, berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengikuti pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro.
  1. Buka browser lewat PC atau laptop dan masukkan alamat situs siap-ppdb.com untuk mengakses website SIAP PPDB.
  2. Pada sudut kanan atas di halaman website, klik menu “Mendaftar/Login.”
  3. Kamu akan dibawa ke halaman baru yang bertuliskan “Selamat Datang di Komunitas TELKOM SIAP Online.”Di sini, kamu perlu masuk melalui akun yang terdaftar untuk dapat mengakses informasi secara lebih lengkap.
  4. Bagi kamu yang sudah mendaftar sebelumnya, kamu cukup login saja dengan cara memasukkan alamat email, nomor ID pegawai, NUPTK, atau ID SIAP. Selanjutnya, masukkan kata sandi dan klik tombol masuk.
  5. Sedangkan, bagi kamu yang baru sekali mengakses situs ini, pilih menu mendaftar yang ada di sebelah kanan kotak login. Kamu akan diminta untuk mengikuti beberapa langkah dalam proses pendaftaran. Pertama, masukkan alamat email kemudian pilih lanjut. Kedua, isi nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, profesi, kemudian pilih lanjut. Ketiga, atur kata sandi baru dan ulangi memasukkan kata sandi tersebut, masukkan kode sesuai yang tertera, dan klik lanjut. Keempat, buka emailmu dan salin kode aktivasi yang tercantum pada email. Masukkan ke dalam kotak aktivasi kemudian pilih lanjut.
  6. Selain itu, ada acara mudah untuk mendaftar tanpa perlu repot yaitu dengan login secara otomatis melalui Facebook atau Twitter.
  7. Setelah langkah ini, kamu secara resmi sudah bergabung dan dapat mengakses informasi dengan lebih lengkap nantinya.

Alur Pendaftaran PPDB Online

Setelah memastikan akun kamu sudah terdaftar di situs PPDB, selanjutnya, kamu perlu mempelajari alur pendaftarannya, sebagai berikut.
  1. Lengkapi segala berkas yang diperlukan dalam proses pendaftaran.
  2. Calon siswa datang ke sekolah untuk meminta formulir pendaftaran kepada bagian pendaftaran di masing-masing sekolah.
  3. Isi formulir dengan sesuai dan jelas. Mintalah panduan dari panitia jika kamu mengalami kebingungan di tengah mengisi formulir.
  4. Setelah selesai mengisi formulir, kembalikan berkas kepada panitia.
  5. Selanjutnya, panitia akan memasukkan data pendaftaran calon siswa  ke komputer, serta verifikasi data serta berkas terkait.
  6. Apabila data pendaftaran dinyatakan sah sesuai dengan berkas oleh panitia, maka calon siswa akan diberi tanda bukti verifikasi pendaftaran.
  7. Tanda bukti tersebut akan digunakan calon siswa untuk mengecek hasil akhir PPDB mereka secara online melalui situs yang telah dijelaskan di atas.
Jangan lupa persiapkan segala kelengkapan yang diperlukan terkait pendaftaran. Selain itu, pastikan juga koneksi internet pada komputer atau laptop terhubung dengan lancar, agar proses pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bojonegoro nantinya dapat berjalan dengan lancar. Selamat mendaftar!
GET IT ON Google Play