Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Berau 2017/2018

PPDB Berau - Cara Pendaftaran Online Kab Berau 2017/2018 Berikut Cara Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Berau Masih ingatkah kita dengan pendaftaran sekolah semasa SMP dan SMA dulu? Kala itu kita harus mendatangi langsung sekolah yang hendak didaftar, menyerahkan berkas-berkas, kemudian berada di sekolah selama nyaris seharian untuk melihat jurnal berisi nilai minimum yang masih berkesempatan untuk diterima di sekolah tersebut. 

Apabila ternyata nilai minimum kita berada di bawah batas dari sekolah yang bersangkutan, maka kita harus segera mendaftar di sekolah lain yang nilai minimumnya lebih memungkinkan kita untuk diterima. Pendaftaran umumnya ditutup pada pukul 12 siang sehingga kita harus bergegas dalam mendaftar di sekolah yang lain.


Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Berau 2017/2018


Cara pendaftaran di atas terbilang masih tradisional dan kini sudah kuno. Seiring dengan majunya teknologi dan semakin tingginya tuntutan zaman, proses pendaftaran sekolah dapat dilakukan secara online. Caranya adalah melalui pendaftaran PPDB online Kabupaten Berau dan kabupaten lainnya di seluruh Indonesia. Berikut adalah uraian lengkap seputar PPDB online yang akan memudahkan pihak calon siswa, orangtua, hingga sekolah dan Dinas Pendidikan terkait proses penerimaan siswa baru.

Pengertian dan Tujuan PPDB Online

SIAP PPDB Real Time Online atau PPDB Online merupakan sistem yang telah dirancang khusus dalam melakukan otomatisasi seleksi penerimaan siswa baru. Seluruh proses penerimaan siswa baru seperti pendaftaran, seleksi hingga hasil seleksi akan dapat dilakukan dan dilihat secara online dan realtime. 

Melalui pendaftaran PPDB online Kabupaten Berau tentu kita dapat menghemat waktu dalam melakukan pendaftaran sekolah. Pihak sekolah serta Dinas Pendidikan juga mendapat keuntungan tersendiri dari adanya sistem online seperti ini. Penyelenggaraan pendidikan terutama akan semakin akurat, cepat, mudah dan transparan.

Untuk tujuan dari PPDB Online dapat dirangkum sebagai berikut:
  1. Yang pertama adalah agar mutu layanan pendidikan dapat ditingkatkan.
  2. Kedua, sistem penerimaan siswa baru bisa diciptakan dengan lebih akurat, terintegrasi serta transparan.
  3. Ketiga, pelaksanaan penerimaan siswa baru akan lebih efisien dan praktis. Tidak perlu mengeluarkan banyak dana, waktu dan tenaga.
  4. Pendaftaran PPDB online Kabupaten Berau juga dapat membuat basis data sekolah disediakan secara lebih akurat.
  5. Fasilitas terkait akses informasi juga bisa disediakan secara lebih cepat, akurat dan mudah berkat adanya PPDB Online.

Manfaat PPDB Online Untuk Berbagai Kalangan
Manfaat dari diselenggarakannya PPDB Online ini terutama adalah untuk pihak Dinas Pendidikan, sekolah, calon siswa serta orangtua. Berikut adalah manfaat untuk Dinas Pendidikan serta sekolah.
  1. Memberikan akses dalam jangkauan yang lebih luas untuk masyarakat.
  2. Menciptakan sinergi antara sekolah-sekolah serta Dinas Pendidikan setempat dalam penerimaan siswa baru.
  3. Menyediakan basis data yang terintegrasi bagi pihak sekolah ataupun Dinas Pendidikan.
  4. Pembiayaan yang lebih efisien.
  5. Reputasi sekolah akan dapat ditingkatkan.
  6. Mengurangi resiko tindak KKN seperti calon siswa yang dimasukkan ke sekolah tertentu karena faktor “titipan”.
  7. Dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia terutama dalam penguasaan di bidang Teknologi Informasi.

Bagi calon siswa dan orangtua, pendaftaran PPDB online Kabupaten Berau juga memiliki sejumlah keunggulan tersendiri. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Mempermudah dalam mengikuti alur proses penerimaan siswa baru.
  2. Mempermudah akses informasi dalam proses penerimaan siswa baru.
  3. Orangtua serta siswa akan mendapat fasilitas serta pelayanan yang memuaskan dari pihak sekolah serta Dinas Pendidikan setempat.
  4. Ketertiban serta kemudahan akan ditingkatkan dalam prosesnya karena menggunakan sistem online.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran PPDB Online

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan tersendiri yang harus dipahami sebelum melakukan pendaftaran PPDB online Kapubaten Berau. Berikut adalah beberapa di antaranya.
  1. Pelaksanaan PPDB Online sendiri akan diikoordinasikan oleh pihak Dinas Pendidikan, Kemenag ataupun Yayasan setempat.
  2. Untuk petunjuk teknis atau aturan serta prosedur PPDB di wilayah Dinas Pendidikan, Kemenag atau Yayasan pada tingkat Kota atau Kabupaten telah disepakati bersama dengan pihak PT Telkom yang sesuai standar dari sistem Telkom SIAP PPDB online.
  3. Jumlah sekolah yang bergabung dalam sistem PPDB online minimal adalah sebanyak tiga puluh sekolah. Semuanya harus berada dalam satu wilayah Dinas Pendidikan, Kemenag atau Yayasan pada tingkat Kota atau Kabupaten.
  4. Keseluruhan biaya pelatihan, sosialisasi, operasional selama proses persiapan sampai dengan operasional pelaksanaan akan ditanggung Dinas Pendidikan di Kota atau Kabupaten setempat.

Fitur Yang Tersedia Dalam PPDB Online

Ragam fitur telah disiapkan apabila kita melakukan pendaftaran PPDB online Kabupaten Berau. Fitur-fitur ini akan dapat mempermudah kita dalam pelaksanaan PPDB online di daerah masing-masing.
  1. Pertama, terdapat fitur multi model dalam sistem PPDB Online yang akan mampu beradaptasi terhadap sejumlah aturan pelaksanaan PPDB Online di tiap daerah yang sesuai standar.
  2. Pusat server dari PPDB online juga akan mengolah data dari calon siswa secara real time process atau langsung setiap waktu. Semuanya berawal dari proses pendaftaran, penyeleksian sampai dengan pengumuman hasil penerimaan siswa yang terjadi di masing-masing sekolah, semuanya tanpa campur tangan dari pihak lain yang dilakukan secara manual.
  3. Teknologi web internet yang digunakan dalam PPDB online dapat diakses secara portable dari lokasi manapun. Selain itu, website juga aman serta mudah dalam dioperasikan.
  4. Situs yang digunakan adalah situs publik sehingga informasi akan ditayangkan secara up to date terkait pelaksanaan PPDB online dan secara transparan serta kompetitif.
  5. Terdapat pula akses SMS untuk PPDB online yang akan mempermudah informasi proses penerimaan siswa baru.

Dari beberapa informasi yang telah disebutkan semua itu merupakan rangkaian cara pendaftaran Online PPDB Kabupaten berau semoga apa yang telah kami berikan dapat membantu para peserta untuk khususnya bagi yang ingin mengikuti pendaftaran PPDB Online Kabupaten Berau, ada beberapa cara untuk mendaftar PPDB salah satunya yang sedang trend saat ini adalah melalui online.

Hal ini dinilai lebih efisien jika dibandingkan dengan pendaftaran manual kemudian dari segi keakuratan juga bisa diandalkan biasanya PPDB Online berdasarkan verifikasi nilai rapot kecil kemungkinan untuk melakukan kecurangan karena hasil akan diumumkan secara terbuka berdasarkan pemeringkatan hasil tes semoga informasi ini dapat membantu anda dan admin doakan semoga lulus PPDB Kab Berau.