Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Bandung Barat 2017/2018

PPDB Bandung Barat - Melalui Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Bandung Barat 2017/2018 berikut Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bandung Barat 2017/2018 khusus Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Bandung. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung di sebelah Timur, berbatasan dengan Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta di sebelah Utara dan Barat, dan berbatasan langsung dengan Cianjur di bagian Timur dan Barat. 

Sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan Kota Bandung. Sudah beberapa waktu terakhir ini pemerintah mengembangkan teknologi baru untuk dunia pendidikan. Teknologi tersebut berupa fasilitas online untuk PPDB atau penerimaan peserta didik baru. Beberapa pihak sudah menerapkan teknologi informasi ini untuk mempermudah proses pendaftaran. 


Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Bandung Barat 2017/2018


Di Kabupaten Bandung Barat pun juga sudah tersedia pula PPBD online. Walaupun sekolah di Kabupaten Bandung Barat sudah memanfaatkan teknologi ini, proses PPDB juga ada yang dilaksanakan dengan cara mandiri di sekolah masing-masing. Cara pendaftarannya juga sama dengan di tempat lain, ada pun caranya sebagai berikut:

Syarat Pendaftaran Seleksi PPDB Kabupaten Bandung Barat Tingkat SD Sederajat Tahun 2017
Dibawah ini adalah beberapa ketentuan dan persyaratan umum untuk seleksi pendaftaran peserat didik baru untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan sederajat. Syarat ini juga berlaku untuk calon peserta didik keals 1 SD. Syaratnya antara lain sebagai berikut:
  1. Berusia minimal 7 tahun dan maksimal 12 tahun wajib diterima di Sekolah Dasar atau Sekolah dalam bentuk lain yang sederajat.
  2. Tepat dan atau telah berusia genap 6 tahun agar dapat diterima di Sekolah Dasar atau Sekolah dalam bentuk lain yang sederajat.
  3. Sedangkan syarat utama untuk calon peserat didik kelas 1 SD untuk Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) adalah anak yang sudah berusia minimal 6 tahun.

Berikut ini adalah beberapa Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Bandung Barat
  1. SDN MUNGGANG SALUYU
  2. SD NEGERI NAGRAK
  3. SD NEGERI MERDEKA
  4. SDN NANGELA
  5. SDN 1 NANGGELENG
  6. SDN 2 NANGGELENG
  7. SDN 3 NANGGELENG
  8. SDN NANGGERANG.
  9. SDN NEGLAJAYA
  10. SDN NEGLASARI

Syarat Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bandung Barat Tingkat SMP Sederajat Tahun 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Peserta berusianya setinggi-tingginya 18 (delapan belas) tahun pada awal tahun pelajaran 2017/2018 (sekitar pertengahan Juli). Namun untuk SMPLB ada syarat dan ketentuan tersendiri.
  2. Menyertakan berkas-berkas pada saat pendaftaran. Berkas tersebut berupa:
  • Surat keterangan lulus asli
  • Foto copy ijazah SD/SDLB/SLB jika sudah ada atau foto copy ijazah Tingkat Dasar/MI/Surat Keterangan yang memiliki penghargaan yang sama dengan Ijazah Sekolah Dasar atau Ijazah Program Paket A.
  • Menyertakan pula Surat Keterangan Hasil UjianSekolah/Madrasah (SKHUS) Sementara Asli dan 1 lembar foto copy SKHUS Sementara.
  • Pas foto hotam putih ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK) 2 lembar. Sertakan pula KK asli atau menunujukan foto copy KK yang sudah dilegalisir oleh Kantor Desa atau Kelurahan setempat (bagi yang tidak bisa membawa KK asli)
  • Jika mempunyai piagam penghargaan, harap membawa formulir pengesahan piagam penghargaan yang dikeluarkan resmi oleh Dinas Pendidikan kabupaten atau kota tempat tinggal pendaftar.

Berikut ini adalah beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Kabupaten Bandung Barat
  1. SMPN 1 Padalarang
  2. SMPN 1 Gununghalu
  3. SMPN 1 Cisarua
  4. SMPN 1 Cipongkor
  5. SMPN 1 Cipeundeuy
  6. SMPN 1 Cipatat
  7. SMPN 1 Cililin
  8. SMPN 1 Ngamprah
  9. SMPN 1 Lembang
  10. SMPN 1 Cikalongwetan

Kelebihan Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bandung Barat

1. Efisiensi pendaftaran PPDB

Sistem PPDB akan menjadi mahal apabila sistem yang dibangun berasal dari sekolah atau dinas. Namun beruntungnya, biaya untuk sistem PPDB menjadi sangat terjangkau jika Dinas Pendidikan menggunakan jasa layanan yang sudah tersedia seperti SIPA PPDB Online yang dibuat oleh Telkom Indonesia. Bahkan ada beberapa penyedia yang sudah menyediakan layanan PPBD secara gratis. Pihak cukup tinggal fokus saja pada bidang dan keahliannya, yaitu membuat kebijakan seleksi untuk PPDB yang baik dan benar serta melayani dan membantu masyarakat selama proses PPDB.


2. Memudahkan Masyarakat

Di zaman sekarang semua menjadi serba online, dimana hampir semua tempat di Indonesia sudah merasakan internet. Apalagi ditambah dengan banyaknya masyarakat yang sudah memenagn smartphone. Dengan demikian, adanya PPDB online ini akan memudahkan masyarakat untuk dapat melakukan pendaftaran sekolah pilihan mereka tanpa harus pergi ke sekolah tersebut sevara langsung. Tentu saja ini menguntungkan mereka yang ingin bersekolah di tempat yang jauh dari rumah mereka. Masyarakat hanya cukup menggunakan smartphone dan internet saja untuk melakukan pendaftran.

3. Seleksi yang Terbuka, Jujur, dan Adil

Dengan adanya PPBD online maka proses pendaftaran akan menjadi terbuka, jujur, dan adil. Teknologi informasi yang dibangun dengan baik dan benar ini akan sesuai dengan kebijakan dan aturan yang berlaku. Maka tidak akan ada nepotisme.


4. Meningkatkan mutu layanan pendidikan

Pada dasarnya masyarakat Indonesia adalah masyrakat pintar, demokratis, dan terbuka. Selain mempunyai sifat yang adil dan terbuka, masyarakat zaman sekarang juga menuntut layanan pemerintah yang efisien dan cepat. Dalam layanan berbasis TI tentu kita perlu sitem TI yang dirancang dengan baik dan benar sehingga kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang efisien dan cepat bisa terpenuhi. Layanan ini juga harus bisa diakses dengan mudah dan cepat. dengan adanya PPDB online maka mutu layanan pendidikan di Kabupaten Bandung Barat bisa ditingkatkan.

Demikian informasi penting terkait dengan Pendaftaran PPDB Online Kabupaten Bandung Barat yang akan segera dilakukan di pertengahan tahun ini. Semoga informasi yang telah diberikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi berkenaan dengan PPDB Kab Bandung Barat terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play