Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Malang 2024/2025


Malang.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Malang 2024/2025 - Proses Pendaftaran PPDB Online Kota Malang Malang merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah sekolah yang cukup banyak. Banyaknya jumlah sekolah ini memungkinkan para orang tua untuk memberikan pendidikan yang cukup berkualitas kepada anaknya. Melakukan pendaftaran ppdb online kota malang ini tidak jauh berbeda dengan beberapa kota lainnya di Indonesia. 

Sistem ini dibuat oleh diknas untuk memungkinkan anak-anak dapat memperoleh kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan terbaik ari sekolah yang ada di kota malang. Proses pendaftaran ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Mengingat pada saat sekarang ini sudah cukup banyak sistem yang sangat canggih. Tentunya dengan menggunakan sistem ini, orang tua akan dapat menyekolahkan anaknya di sekolah favorit.




Pendaftaran ppdb online kota malang ini syaratnya tidak sulit. Anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti ijasah dan beberapa keperluan lainnya seperti akta kelahiran. Proses pendaftaran dengan menggunakan sistem online ini tentu saja tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Sebab, Anda hanya perlu melakukan pengisian formulir pendaftaran yang ada pada situs tersebut dengan cukup baik. 

Tentunya dengan mengakses dan mengisi formulir secara lengkap, akan membantu Anda untuk mempercepat dan mempermudah Anda untuk melakukan pendaftaran anak-anak ke sekolah. Proses pendaftaran secara online ini tentunya akan menyingkat cukup banyak waktu yang Anda miliki cukup banyak. Sehingga anda akan memiliki waktu yang cukup efisien untuk mendaftarkan anak ke sekolah.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini tentu saja bisa Anda lakukan di rumah ketika sedang beristirahat. Anda bisa akses situs ini kemudian Anda bisa buka situs sekolah yang akan Anda tuju. Kemudian Anda bisa mengunduh formulir pendaftaran dari sekolah yang akan Anda tuju. Setelah itu, Anda harus mengisi formulir tersebut secara rinci dan cermat. 

Kemudian Anda bisa submit. Setelah Anda submit, tentunya Anda akan mendapatkan notifikasi pendaftaran Anda. Langkah terakhir, Anda bisa cetak bukti pendaftaran tersebut. Setelah Anda cetak, Anda bisa menuju ke sekolah untuk menyerahkan berkas pendaftaran secara lengkap. Tujuan penyerahan berkas ini adalah untuk membantu pihak sekolah melakukan ferivikasi dari data yang sudah Anda isikan.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama. Anda hanya perlu meluangkan waktu sedikit saja untuk membuat Anda bisa terdaftar pada sistem yang ada dinkomputer sekolah. Tentunya dengan sistem ini, maka pihak sekolah cukup banyak menghemat biaya untuk melakukan ferifikasi data calon peserta didik baru dan juga menghemat tenaga. 

Sebab biasanya jika musim pendaftaran anak sekolah tahun ajaran baru, maka guru-guru akan diturunkan semua untuk membantu proses pendaftaran sekolah tersebut. Sehingga hal ini akan cukup merepotkan. Sekolah akan menjadi penuh dengan orang tua dan juga calon peserta didik baru yang akan melakukan pendaftaran sekolah.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini tentu saja hanya akan menggunakan sedikit tenaga untuk operator untuk melakukan cross check data kemudian tenaga beberapa orang saja untuk melakukan ferivikasi berkas pendaftaran. Hal ini akan menjadi sangat praktis. Link untuk masing-masing sekolah yang dituju akan dapat diakses apabila sekolah yang bersangkutan sudah terdaftar secara resmi pada situs dinas pendidikan setempat. Tentunya hal ini akan cukup membantu bagi para orang tua murid untuk memantau proses pendaftaran siswa baru yang ada di kota malang.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini merupakan satu solusi pendaftaran sekolah yang sangat terpadu dan terbaik. Sebab, sekolah dan juga orang tua murid bisa memiliki waktu yang lebih efisien ketika melakukan pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran yang baru. Tentunya hal ini akan cukup membantu orang tua untuk menghemat waktu yang cukup banyak untuk melakukan proses pendaftaran sekolah. 

Ada cara lainnya yang sedikit mendekati konfensional atau cara lama. Namun data calon peserta didik ini tetap terkoneksi dengan cukup baik. Cara ini juga tergolong cukup memakan waktu lama. Meskipun memakan waktu cukup lama, namun transparansi dari proses pendaftaran ini akan terjaga. Sebab Anda hanya perlu datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran, kemudian Anda bisa menyerahkan berkas dan operator yang akan menginput data Anda ke sistem komputer.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini dengan cara ini memang cukup memakan waktu lama. Hal ini dilakukan ketika calon peserta didik tidak memiliki fasilitas komputer untuk melakukan pendaftaran sekolah melalui komputer di rumah. Cara ini sama-sama efektif untuk membantu para siswa dengan tingkat transparansi cukup baik. Meskipun cara ini memakan waktu cukup lama, namun cara ini masih digunakan oleh beberapa sekolah untuk mendapatkan peserta didik baru. Meskipun cara ini cukup merepotkan, tentu saja cara ini masih lebih dipilih oleh orang tua murid untuk melakukan pendaftaran sekolah.

Pendaftaran ppdb online kota malang ini dilakukan jika pihak sekolah dapat sekaligus lebih mengenal calon peserta didiknya. Sedangka untuk cara pendaftaran secara online yang lainnya ini dilakukan jika orang tua ingin melakukan pendaftaran secara mandiri. Sehigga tidak akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendaftarkan anaknya. 
 
 
Persyaratan
 
SEKOLAH DASAR 
  1. Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD berusia: 7 (tujuh) tahun, atau 
  2. Paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli Tahun berjalan. 
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 
  1. Berusia paling tinggi 15 (lima belas) Tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, dan Memiliki ijazah atau surat tanda tamat belajar SD atau bentuk lain yang sederajat. 
 
 
Dokumen Verifikasi : 
 
JALUR ZONASI 
  1. Pas Foto ukuran 4 x 6 
  2. Fotocopy Akte Kelahiran 
  3. Fotocopy Kartu Keluarga/ Surat Keterangan Domisili yang menunjukkan lama domisili minimal 6 bulan 
  4. Fotocopy KTP Orang Tua/Wali 
JALUR PRESTASI 
  1. Pas foto ukuran 4X6 
  2. Fotocopy Akte Kelahiran 
  3. Fotocopy Kartu Keluarga Fotocopy KTP Orang Tua/Wali 
  4. Bukti telah meraih pretasi, contoh sertfikat, piagam, dll

Namun demikian kedua cara tersebut akan tetap diumumkan melalui situs resmi yang diluncurkan oleh dinas pendidikan kota malang untuk memastikan transparansi dari proses penerimaan siswa baru. Sebab dengan cara ini dapat meminimalisir kecurangan-kecurangan yang kemungkinan akan dilakukan oleh pihak sekolah maupun orang tua murid untuk menerimapeserta didik baru. info lebih lanjut mengenai pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi https://auth.ppdbkotamalang.id/