Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Cirebon 2017/2018

Kotacirebon.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Online khusus Kota Cirebon tahun 2017/2018 untuk lebih jelas berikut Pendaftaran Online situs PPDB berikut PPDB Online Kota Cirebon. sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika dilihat secara rinci mengenai Pendaftaran Online maka sudah pasti akan dibahas secara jelas Cara Pendaftaran Online PPDB kota Cirebon  2017/2018

Pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon Pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon yang Bisa Dijadikan Panduan Sejak tahun 2016 lalu, seluruh Indonesia sudah melaksanakan pendaftaran online, termasuk dalam pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon. Banyak yang bisa diupayakan untuk mengikuti kegiatan pendaftaran dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. 


Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Cirebon 2017/2018


Salah satunya dengan mengetahui panduan dan syarat pendaftaran sekolah untuk Kota Cirebon ini. Meskipun secara nasional secara umum sama, setidaknya tiap kota memang selalu ada kebijakan tersendiri yang memang harus diketahui sejak dini sehingga tidak mengalami kebingungan ketika sudah mulai pendaftaran. Setidaknya ada ketentuan umum secara garis besar dari pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon yang bisa Anda pahami dengan seksama yaitu sebagai berikut:

  1. Sistem Online sudah dilakukan di sejumlah kota besar di Indonesia sebagai aturan dari Pemerintah Pusat.
  2. Ada peraturan-peraturan yang bisa jadi tidak sama dengan kota lainnya yang mana memang ditetapkan oleh Pemerintah Kota Cirebon dengan persetujuan Walikota Cirebon dan Dinas Pendidikan Kota Cirebon.
  3. Penerimaan calon murid sekolah melalui PPDB online ialah dengan memenuhi syarat tertentu yang ditentukan oleh sekolah.

Bagi Anda para orangtua wali murid atau calon siswa harus memperhatikan syarat pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon ialah sebagai berikut:
  1. Sudah mendapatkan Nilai Ujian Sekolah yang tercantum dalam Surat Tanda Lulus atau Surat Tanda Kelulusan (STK). Sudah mendapatkan Sertifikat Hasil Ujian Sekolah, jika sudah terbit Sertifikat Hasil Ujian Nasional bisa digunakan atau Surat Keterangan Yang Berpenghargaan Sama yang bisa Anda jadikan dasar bahwa Anda memang terbukti sudah lulus sekolah.
  2. Semua murid yang ingin mendaftar sekolah negeri harus melalui jalur PPDB dan harus sudah melaksanakan Ujian Nasional sebagai salah satu penilaian hasil belajar peserta didik pada suatu  jenjang pendidikan secara nasional.
  3. Kegunaan dari SHUS, SHUN, STL, STK, dan SKYBS adalah untuk membuktikan adanya surat resmi yang menerangkan bahwa calon murid memang sudah dinyatakan lulus.

Ada beberapa yang perlu Anda ketahui tentang mekanisme pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon sebagai persyaratan yang sudah ditetapkan bersama sebagai berikut:
  1. Keluarga Miskin atau penyebutan dengan istilah Gakin sebagai singkatan keluarga miskin Warga di Kota Cirebon merupakan masyarakat yang memiliki Kartu Cirebon Menuju Sejahtera atau biasa disingkat dengan istilah KCMS atau Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah atau biasa disebut dengan JAMKESMASDA atau lebih umum disebut dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) serta Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), BPJS PBI yang sebelumnya sudah dilegalisir oleh Dinas Kesehatan Kota Cirebon.
  2. Ada juga jalur peserta didik Berprestasi ialah jalur yang dikhususkan bagi setiap peserta didik yang mendapat prestasi akademik dan maupun prestasi nonakademik di tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh pertanggungjawaban di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olah Raga Nasional Indonesia dan serta berbagai Induk organisasi cabang olahraga.
  3. Bagi pemilik Piagam maupun Sertifikat sebagai tanda penghargaan atau bukti prestasi murid di bidang akademik maupun nonakademik di tingkat kota, provinsi, nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olah Raga Nasional Indonesia serta berbagai Induk organisasi cabang olahraga lainnya.

Anda juga harus memahami daya tampung pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon agar Anda memahami berapa jumlah kapasitas sekolah untuk menampung calon murid yang bisa diterima pada awal tahun pelajaran pada suatu sekolah tertentu sehingga bisa memperkirakan bisa diterima atau tidaknya. Berbagai macam anggaran yang akan membiayai proses penerimaan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Cirebon. 

Sistem PPDB Online juga bisa menggunakan sistem database yang dilakukan melalui komputerisasi dengan sistem otomatis baik itu dari pendaftaran, seleksi, sampai diumumkannya hasil seleksi melalui laman internet. Setiap peserta didik juga harus mengetahui tata cara pelaksanaan pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon sebagai berikut:
  1. Setiap peserta didik harus melakukan pendaftaran Mandiri.
  2. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus membuka Situs PPDB Online Kota Cirebon
  3. Calon murid atau yang bertanggungjawab mengisi formulir secara online.
  4. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus mencetak tanda bukti pendaftaran online dan menandatanganinya.
  5. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus melakukan Verifikasi Pendaftaran di Sekolah yang dituju.
  6. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus melakukan verifikasi Pendaftaran Mandiri di sekolah yang dituju.
  7. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus datang ke sekolah pilihan pertama.
  8. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus menyerahkan bukti pendaftaran online yang sudah ditandatangani.
  9. Calon murid atau yang bertanggungjawab harus menyerahkan fotokopi SKHUS yang sudah dilegalisir dan menunjukkan yang asli saat di sekolah.

Apabila Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon maka harus memperhatikan hal-hal seperti berikut:
  1. Memastikan Panitia sekolah sudah mencetak 2 (dua) lembar tanda bukti pendaftaran, nantinya satu untuk arsip sekolah dan satu harus Anda bawa.
  2. Pastikan Anda memantau Hasil Seleksi PPDB secara online.
  3. Pastikan tanda bukti verifikasi tidak hilang karena itu yang dijadikan dasar untuk daftar ulang jika sudah diterima pada salah satu pilihannya.
  4. Pastikan Anda datang Langsung di Sekolah Tujuan.
  5. Pastikan panitia sekolah menerima pendaftaran entry secara online dan mencetak tanda bukti pendaftaran dua lembar.
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa pendaftaran PPDB Online Kota Cirebon akan dilaksanakan melalui situs resmi https://kotacirebon.siap-ppdb.com/ kemudian pendaftaran dan pelaksanaan ini akan ditentukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, untuk jenjang pendidikan dibuka secara online adalah SMP/SMA/SMK beberapa jenjang ini bisa diikuti secara online.

Dengan demikian informasi mengenai Pendaftaran Online PPDB Kota Cirebon sudah selesai semoga informasi yang telah kam berikan dapat bermanfaat, keuntungan mengikuti pendaftaran secara online dapat diakses melalui situs yang telah disebutkan kemudian untuk informasi lainnya silahkan langsung menuju situs resmi, beberapa seleksi online berdasarkan nilai rapot tanpa tes.