Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bontang 2017/2018

Bontang.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Bontang 2017/208 melalui Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bontang 2017/2018. Prosedur Penerimaan Dan Pendaftaran PPDB Online Kota Bontang Baru beberapa hari pendaftaran PPDB online kota bontang ini dibuka animo pendaftar di beberapa sekolah sudah mengalami pembludakan, animo calon peserta didik yang sangat tinggi ini paling banyak memadati hampir seluruh sekolah negeri yang ada di wilayah kota bontang. 

Tak hanya itu ternyata animo pendaftar pun mengalami kenaikan yang sangat signifikan daripada tahun lalu pada sekolah-sekolah swasta yang ada di daerah taman, bagian dari wilayah bontang, pendaftaran online ini sudah mulai dibuka mulai pagi sejak pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 14.00 WITA dan kemungkinan setiap harinya jumlah pendaftar akan semakin banyak sampai dua minggu ke depan.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Bontang 2017/2018

Beberapa berita lokal yang rutin memantau kegiatan pendaftaran PPDB online kota Bontang mengaku bahwa ada di salah satu sekolah kejuruan tepatnya SMK Negeri 1 Bontang para calon peserta didik yang akan mendaftar sudah memadati sekolah sejak pagi hari. SMK Negeri 1 Bontang ini termasuk ke dalam salah satu skeolah menengah paling favorit di kota bontang. 

Pihak harian bontang pun sempat bertanya kepada salah satu peserta didik yang mengantri mengapa mereka tidak melakukan pendaftaran secara online yang jauh lebih efektif dan efisien, sebagian besr jawaban dari para peserta didik tersebut adalah mereka mengaku kurang percaya dan khawatir apabila data yang mereka kirimkan tidak masuk dan tidak terseleksi oleh pihak sekolah.
Padahal jika ditelaah lebih dalam, melakukan pendaftaran PPDB online kota bontang ini sangatlah sederhana dan tidak memakan banyak waktu, biaya serta tenaga andaikan peserta didik atau orang tua merasa ragu apakah berkas-berkas sudah diterima ataukah belum mereka dapat menghubungi pihak sekolah dan menanyakan kelengkapan berkas atau sekedar memastikan bahwa berkas yang dikirim sudah tepat dan sudah sampai ke pihak panitia.

Biasanya pihak panitia akan memberikan pemberitahuan kepada para pendaftar online apabila berkas mereka sudah sampai atau atau beberapa yang kurang dan harus dilengkapi, perlu diperhatikan bahwa pendaftaran online seperti ini hanya berlaku pada tahap awal saja. Untuk tahap selanjutnya apabila pesereta didik yang melakukan pendaftaran PPDB online kota bontang lolos seleksi mereka akan dipanggil ke sekolah bersangkutan untuk melakukan wawancara dan membawa beberapa berkas yang diperlukan kembali. 

Dari sini saja kita sudah dapat melihat bahwa sebenarnya pendaftaran online hanya dilakukan pada tahap awal pendaftaran online ini sengaja ditetapkan oleh pemerintah kota bontang untuk mempermudah para calon peserta didik yang hendak mendaftar sekolah menengah namun dengan lokasi yang berada di luar kota bontang atau sedang berada di luar kota jika proses pendaftaran hanya dilakukan secara offline maka bagi calon peserta didik yang kebetulan sedang berada di luar kota akan merasa sangat dirugikan.
Selain proses wawancara, ada beberapa sekolah di bontang ini yang mengharuskan calon peserta didiknya melakukan tes kembali baik itu untuk peserta yang melakukan pendaftaran PPDB online kota bontang maupun calon peserta didik yang melakukan pendaftaran secara offline. Tes yang diberikan pun setiap sekolahnya berbeda-beda sesuai dengan standar sekolah masing-masing ada beberapa sekolah yang melakukan tes secara online, secara online yang dimaksudkan disini adalah calon peserta didik tetap datang ke sekolah tempat diadakannya tes tersebut kemudian mengerjakan soal-soal tes dengan menggunakan komputer yang sudah disediakan dan difasilitasi oleh pihak sekolah.
Bagi mereka yang tidak dapat mengoperasikan atau tidak begitu lancar menggunakan komputer maka tidak perlu cemas, karena sebelum tes dimulai pihak panitia akan memberitahukan bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana prosedur pengisian soal-soal. Bagi mereka yang sudah pernah melakukan pendaftaran PPDB Online kota bontang pasti sudah tidak asing lagi dengan sitem komputerisasi yang dipakai selama proses tes berlangsung, karena mereka sudah terbiasa meskipu  demikian tetap saja mereka harus mendengarkan penjelasan panitian agar tidak terjadi miskomunikasi. 

Penggunaan tes secara online ini dianggap sangat efektif dan tidak memakan banyak waktu karena begitu calon peserta didik selesai mengerjakan dan dalam kurun waktu tertentu yang sudah ditetapkan jawaban akan dapat langsung diperoleh secara mudah tanpa harus menunggu berhari-hari karena sistem komputer yang sudah menyimpan segala macam database dari soal-soal tersebut, calon peserta didik pun dapat langsung mengetahui hasil dari tes mereka.
Dengan begitu proses penerimaan peserta didik baru akan berjalan lebih cepat dan efisien sehingga sisa waktu pendaftaran PPDB online kota bontang dan penyeleksian dapat digunakan sebagai sosialisasi pihak sekolah kepada calon peserta didik. Proses sosialisasi ini bukanlah masa orientasi siswa atau lebih tepatnya dapat dikatakan sebagai pra masa orientasi siswa.

Dimana para calon peserta didik diberi pengetahuan dan berbegai pengalaman dari masa-masa orientasi terdahulu dan memberikan ketentuan-ketentuan serta peraturan yang harus ditaati selama masa orientasi nanti, biasanya jarak antara pra masa orientasi dengan masa orientasi ini sekitar kurang lebih memakan waktu satu minggu.

Jarak satu minggu ini dirasa cukup efektif untuk membantu para calon peserta didik menyiapkan berbagai perlengkapan untuk masa orientasi nanti yang akan mereka jalani, jarak antara waktu pendaftaran PPDB online kota bontang sampai pada masa orientasi siswa ini sekitar satu bulan. Sebab masa orientasi siswa sudah termasuk dalam pembukaan tahun ajaran baru namun satu minggu lebih awal sehingga pada masa tahun ajaran baru yang sesungguhnya seluruh siswa sudah resmi menjadi peserta didik sekolah yang bersangkutan. Info pendaftaran PPDB Online SMP, SMA, SMK Kota Bontang dapat diakses melalui situs resmi https://bontang.siap-ppdb.com.
GET IT ON Google Play