Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Banjarbaru 2017/2018

Banjarbaru.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Banjarbaru 2017/2018 simak Cara Pendaftaran Online Kota Banjarbaru 2017/2018. Perkembangan Proses Pendaftaran PPDB Online Kota Banjarbaru Sejak tahun 2013 lalu di daerah banjarbaru proses penerimaan siswa baru telah berganti nama menjadi Penerimaan Peserta Didik Baru atau yang disingkat menjadi PPDB, hal serupa juga dilakukan serentak oleh seluruh sitem pendidikan yang ada di Indonesia. 

Di daerah banjarbaru itu sendiri proses ppdb terbagi menjadi dua cara yakni cara manual dan cara online, untuk cara pendaftaran PPDB Online kota banjarbaru itu sendiri masih tergolong baru daripada kota-kota di Indonesia lainnya hal ini dikarenakan beberapa pertimbangan pemerintah yang melihat dari sisi masyarakat dan keberadaan sekolah. Di banjarbaru sendiri sistem online ini tidak serta merta di terapkan begitu saja melainkan sudah melakukan beberapa percobaan di beberapa sekolah terlebih dahulu.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Banjarbaru 2017/2018

Sedangkan proses ppdb secara manual ini masih sama seperti pada proses ppdb zaman dahulu, yakni dilakukan dengan cara para siswa pendaftar diharuskan datang langsung ke sekolah yang bersangkutan dan melakukan beberapa sesi wawancara serta mengumpulkan kelengkapan berkas, dalam proses manual ini menimbulkan beberapa kerugian daripada menggunakan sistem pendaftaran PPDB online.

Kota banjarbaru lainnya diantaranya adalah memakan waktu yang sangat lama dan menjenuhkan. Menunggu berjam-jam hanya untuk melakukan pendaftaran jika tidak dilakukan secara online maka calon peserta didik harus mengantri satu persatu menunggu namanya dipanggil barulah ia dapat melakukan beberapa wawancara dengan panitia yang sudah disiapkan. Adapun baik itu penerimaan peserta didik baru secara manual maupun pendaftaran PPDB online kota banjarbaru tetap saja memiliki beberapa ketentuan umum yang sama dan tidak pandang bulu.

setiap sekolah yang bersangkutan dan berbagai pihak yang terlibat termasuk orang tua calon peserta didik harus mengetahui beberapa ketentuan umum tersebut seperti yang pertama adalah penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jenjang menengah adalah penerimaan peserta didik untuk lulusan smp/mts/sederajat yang dapat dibuktikan dengan ijazah atau surat pendukung lainnya untuk kemudian ditampung pada suatu satuan pendidikan jenjang pendidikan mnengah kota banjarbaru itu sendiri.

Selain itu, ketentuan umum yang harus diketahui oleh seluruh peserta pendaftaran PPDB online kota banjarbaru lainnya adalah untuk proses penerimaan peserta didik baru tingkat menengah pada dasarnya juga memiliki pembagian menjadi dua jalur yakni:
  1. pendaftaran PPDB online kota banjarbaru jalur teratas, adapun yang dimaksud dengan jalur terbatas ini adalah jalur yang tahap penseleksiannya didasarkan pada tingkat perkenomian atau pendapatan orang tua atau wali yang bersangkutan cara ini dianggap sebagai cara yang paling ramah sosial dan sangat diminati oleh sebagian besar warga banjarbaru terutama dari masyarakat kalangan menengah bawah yang tidak memiliki cukup banyak biaya.
  2. Penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan jalur atau seleksi ranking, dalam jalur ini calon peserta didik akan diseleksi melalui ranking berdasarkan jumlah nilai Ujian Nasional mereka dalam jalur ini nilai sangat berperan penting dalam menentukan diterima atau tidaknya peserta didik, dalam sistem online maka secara otomatis nilai-nilai Ujian Nasional calon peserta didik akan mudah diakses pihak sekolah sehingga keasliannya jauh lebih terjamin dan akurat.

Kemudian adapun ketentuan umum lainnya yang wajib diketahui oleh para pendaftaran PPDB online kota banjarbaru adalah seluruh peserta pendaftar siswa baru baik secara online maupun manual harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan yang diberikan dan sesuai dengan prosedur operasional standar.

Adapun beberapa sekolah menengah atas di kota banjarbaru yang sudah menggunakan sistem pendaftaran dan peregistrasian secara online adalah SMA Negeri 1 Banjarbaru, SMA Negeri 2 Banjarbaru, SMA Negeri 3 Banjarbaru, SMA Negeri 4 Banjarbaru, MA Negeri 1 Banjarbaru, SMK Negeri 1 Banjarbaru, SMK Negeri 2 Banjarbaru dan yang terakhir adalah SMK Negeri 3 Banjarbaru.

Sekolah-sekolah yang sudah disebutkan di atas adalah beberapa skeolah yang sudah tetap menggunakan pendaftaran PPDB online kota banjarbaru, sehingga bagi anda yang ingin mendaftarkan anak-anak anda ke salah satu sekolah yang sudah disebutkan di atas maka hendaklah mencari tahu terlebih dahulu bagaimana ketetapan prosedur dan berbagai persyaratan yang harus dilakukan dan dilengkapi, jika ada suatu perihal yang dirasa kurang paham maka angat disarankan bagi para pendamping calon siswa baru untuk menanyakan kepada pihak sekolah penyelenggara.

Banyak pertanyaan muncul mengapa hanya beberapa sekolah saja yang menggunakan sistem pendaftaran PPDB online kota banjarbaru, mengapa tidak semua sekolah di penjuru banjarbaru menggunakan sistem online? jawaban sederhana dari beberapa pertanyaan yang mungkin terbesit dalam benak beberapa orang adalah karena sekolah-sekolah yang disebutkan di atas adalah sekolah yang berada di pusat kota sehingga akses untuk internet dan jaringannya pun jauh lebih mudah.

Sangat berbeda dengan beberapa sekolah di banjarbaru yang bukan berada di pusat kota untuk mencari jaringannya saja susah. Jika sekolah-sekolah tersebut dipaksa dan dituntut untuk mengikuti sistem seperti sistem yang diterapkan di sekolah-sekolah kota maka pihak sekolah tadi tidak akan mampu mengikuti dan justru akan mengalami ebebrapa masalah serius.

Tak hanya masalah jaringan yang muncul, jika pihak pemerintah memaksa sekolah-sekolah yang berada di luar wilayah perkotaan menggunakan sistem dan prosedur pendaftaran PPDB online kota banjarbaru mayarakatnya pun akan mengalami sebuah fenomena yang namanya kultural syok. Masyarakat belum terbiasa menggunakan sistem seperti itu, makadari itu penggunaan sistem pendaftaran online hanya dilakukan dan difasilitasi hanya pada beberapa sekolah pilihan dan tertentu saja, tak ada unsur diskriminasi atau pembedaan. Info Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Banjarbaru dapat diakses melalui situs resmi https://banjarbaru.siap-ppdb.com.