Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Balikpapan 2017/2018

Balikpapan.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Balikpapan 2017/2018 simak Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Balikpapan. Pendaftaran PPDB Online Kota Balikpapan di SMA Favorit Mungkin bagi sebagian masyarakat yang terbilang awam masih ada yang belum mengerti tentang apa itu PPDB sendiri, PPDB adalag sebuah singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru biasanya istilah PPDB ini akan muncul mendekati tahun ajaran baru.

Berbeda dengan zaman dahulu apabila pendaftaran peserta didik selalu dilakukan manual yakni dengan cara mengunjungi sekolah-sekolah yang bersangkutan, kini proses pendaftaran sudah dilakukan secara online walaupun masih ada di beberapa daerah yang tetap menggunakan sistem manual, seperti yang dapat terlihat pada pendaftaran PPDB online kota balikpapan di beberapa sekolah menengah pertama dan atas favorit disana sistem pendaftaram sudah sama sekali tidak dilakukan secara manual melainkan sudah menggunakan sistem online.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Balikpapan 2017/2018

Di kota balikpapan ini sendiri pendaftaran PPDB online kota balikpapan hanya sebatas pada bagian sekolah-sekolah kota dan tergolong favorit saja, untuk bagian sekolah-sekolah yang tidak termasuk kategori favorit masih menggunakan sistem manual. Begitupun dengan sistem pendaftaran di sekolah-sekolah yang ada di wilayah pinggir balikpapan.

Mengapa demikian? Pemerintah mencoba menyesuaikan antara sistem yang harus diterapkan pada masyarakat kota dengan masyarakat biasa, jika masyarakat pinggiran atau pedesaan menggunakan sistem PPDB online maka mereka akan mengalami kesulitan karena belum terbiasa, hal ini akan berbeda dengan masyarakat yang berada di bagian kota balikappan mereka cenderung lebih menyukai hal-hal yang praktis dan sistem PPDB online dianggap sistem yang tepat untuk mengefisienkan waktu.
Pendaftaran PPDB online kota balikpapan seperti ini sudah berlangsung sekitar kurang lebih lima tahun terakhir ini dan selama lima tahun itu sangat sedikit sekali adanya keluhan dari masyarakat, andaikan ada itupun perihal respon pihak sekolah saja yang terkesan lamban. Selebih dari itu tidak pernah ada keluhan yang begitu merugikan pengguna layanan online ini, menggunakan sistem ppdb online juga dapat memudahkan pihak sekolah yang bersangkutan untuk mengelola data yang masuk, berbeda ketika menggunakan sistem manual seorang panitia ppdb harus merekap satu per satu data yang diberikan para siswa pendaftar.
Ketika menggunakan sistem online maka pihak panitia penyelenggara tidak perlu lagi repot-repot mengumpulkan data satu per satu cukup menginputnya dalam komputer maka sistem akan secara otomatis menyeleksi calon peserta didik yang sesuai kriteria dan yang tidak. Bagi yang sesuai kriteria seluruh datanya akan langsung tersimpan sehingga tidak perlu menyuruh calon peserta didik yang bersangkutan mengirimkan atau memberikan berkas-berkas kembali. 

Dengan menerapkan sistem pendaftaran PPDB online kota balikpapapan ini banyak pihak yang merasa sangat dimudahkan dalam mendaftar sekolah berbagai jenjang bahkan kini di kota balikpapan pendaftaran online tak hanya dilakukan di sekolah menengah atas favorit saja melainkan sudah merambah pada pendaftaran sekolah dasar.
Selain itu penggunaan sistem online pada pendaftaran PPDB online kota balikpapan ini diakui dapat emmenuhi keinginan dan harapan masyarakat akan sebuah sistem penerimaan siswa yang objektif dan murni tanpa ada oknum apapun. Perlu diketahui bahwa pelayanan sitem pendaftaran online seperti di kota balikpapan ini sudah difasilitasi lengkap oleh kemendikbud sehingga pihak sekolah tidak perlu ragu lagi. 

Sebelum itu pun para guru sudah diberikan pelatihan oleh pemerintah tentang seluk beluk penggunaan dan penginputan data selama sesi PPDB berlangsung sehingga hal ini meminimalisir terjadi kekacauan data bahkan error data tentu sebelum resmi diberlakukan, sisten pendaftaran online seperti ini terlebih dahulu sudah di uji cobakan selama beberapa tahun.
Bagi siswa yang hendak mendaftar di beberapa sekolah menengah atas favorit kota balikpapan ini harus memahami terlebih dahulu sistematika dan prosedur pendaftaran online yang diberlakukan, sebab seluruh aktivitas pendaftaran PPDB online kota balikpapan terutama di sekolah menengah atas favorit mengguakan media online begitupun dengan berbagai informasi terkait pengumuman.

Persyaratan berkas yang kurang dan berbagai informasi lainnya. jika seorang siswa yang hendak mendaftar tidak fasih dalam menggunakan komputer atau internet maka hal ini akan menghambat dan akan mengalami kesulitan. Makadari itu perlunya bimbingan oleh orang-orang yang ahli dan mumpuni dalam bidang internet. Jika seorang siswa merasa kesulitan ketika melakukan prosedur pendaftaran PPDB online kota balikpapan mereka cenderung akan meminta bantuan pihak sekolah yang bersangkutan yakni pihak sekolah terdahulunya.

Jika ia hendak mendaftar ke sekolah menengah atas maka ia akan meminta bantuan pada pihak sekolah menengah pertama nya untuk membimbing mereka selama melakukan proses pendaftaran sampai pengumuman. Disini peran guru-guru sangat memegang penting sebab jika pihak sekolah sendiri merasa kebingungan maka tidak akan dapat membantu para siswa yang hendak mendaftar tadi alhasil yang merasa dirugikan disini adalah siswa itu sendiri yang seharusnya mereka mendapatkan hak untuk mencoba mendaftar di sekolah favorit pilihan mereka namun karena ketidakpahaman prosedur maka mereka tidak dapat mendaftar.
Namun, hal demikian sangat jarang sekali terjadi di kota balikpapan jauh-jauh hari sebelum sistem pendaftaran PPDB online kota balikpapan diberlakukan pihak pemerintah terutama kemendikbud sudah memberitahukan wacana-wacana demikian sehingga para tenaga pengajar dapat mengantisipasi. 

Selain itu pihak pemerintah pun mulai mengadakan pelatihan yang dilakukan jauh-jauh hari pula dan dilaksanakan secara bertahap tidak sekaligus dalam satu kurun waktu, pelatihan ini diperuntukkan bagi seluruh tenaga pengajar kota balikpapan mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan tenaga pengajar tingkat sekolah menengah atas (SMA) namun yang menjadi prioritas disini adalah tenaga pengajar tingkat sekolah menengah atas (SMA). Info Pendaftaran PPDB Onlien Kota Balikpapan dapat diakses melalui situs resmi https://balikpapan.siap-ppdb.com.