3 Pendaftaran Online Polisi Penerimaan.Polri.go.id 2024/2025


3 Pendaftaran Online Polisi Penerimaan.Polri.go.id 2024/2025 - Penerimaan Polri saat ini sedang dibuka bagi lulusan minimal SMA/SMK/MA sederajat ada 3 jenis sumber rekrutmen yang sedang dibuka dan bisa diikuti secara umum oleh mereka yang berminat mengikuti pendaftaran untuk itu saya kira informasi mengenai Penerimaan Polri sangat penting mengingat antusias para pelajar yang sangat tinggi penting dibahas.

Melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai mekanisme Penerimaan Polri dari awal sampai dengan selesai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila anda ingin mengikuti penerimaan Polri seperti proses pembukaan dilakukan secara serentak, jadi kemungkinan akan sulit bagi anda memilh dan mendaftar lebih dari 1 sumber rekrutmen.





Seperti contoh jika tahun dulu sebelum penerimaan Polri dilaksanakan serentak peserta bisa mengikuti penerimaan lebih dari satu jenis misalnya AKPOL dan Bintara, tetapi saat ini hal itu sulit dilakukan mengingat pendaftaran dilaksanakan serentak, tetapi bukan tidak mungkin asalkan seleksi yang dilaksanakan tidak serentak maka masih bisa memungkinkan untuk mengikuti pendaftran lebih dari 1 sumber rerkrutmen.

Keadaan ini akan berbeda jika pelaksanaan untuk jadwal tidak berbarangan, namun terlepas dari itu semua untuk bisa lulus memang diperlukan fokus, disarankan satu sumber rekrutmen saja agar peserta bisa lebih fokus untuk mengikuti tes. Selain itu penerimaan Polri yang akan dilaksanakan melalui situs resmi penerimaan.polri.go.id tidak sepenuhnya dilakukan secara online.

Bisa dibilang semi online dimana pendaftarannya saja yang dilakukan secara online hal ini akan dinilai lebih efisien mengingat banyaknya peserta yang mengikuti tes, tidak seperti dulu sebelum pelaksanaan Polri dilakukan secara online peserta harus datang ke kantor polisi hanya untuk mengambil formulir pendaftaran, saat ini tidak lagi terjadi karena sudah melalui online.

Ada bebera sumber rekrutmen yang bisa diikuti oleh peserta berdasarkan kelas masing-masing diharapkan sumber rekrutmen ini bisa mewakili cita-cita anda diantanya adalah penerimaan taruna, Bintara dan Tamtama untuk lebih jelas berikut kami akan menguraikannya secara rinci seperti berikut ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Pendaftaran Polri AKPOL.

AKPOL adalah singkatan dari akademi polisi dimana saat ini juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui online, untuk bisa melakukan pendaftaran AKPOL Calon Taruna/i bisa langsung mengakses situs resmi https://penerimaan.polri.go.id/ kemudian membaca beberapa persyaratan yang terlampir pada situs https://penerimaan.polri.go.id selanjutnya mengisi formulir pendaftaran hingga selesai dan lampirkan semua bersama dengan persyaratan kemudian diserahkan di POLDA setempat, untuk penerimaan AKPOL memang hanya dilaksankaan melalui POLDA saja.
  1. Proses pengisian form dilaksanakan secara online melalui situs penerimaan.polri.go.id
  2. Pertama isi form online
  3. Pastikan isi sesuai dengan identitas.
  4. Plih AKPOL sebagai jenis rekrutmen.
  5. Lengkapi data
  6. Kirim
  7. Cetak Form Online
  8. Print out
  9. Lengkapi persyaratan bersama dengan print out pendaftaran.
  10. Bawa ke Polda setempat.
  11. Ikuti pemeriksaan fisik dan kesehatan awal.
  12. Kumpulkan persyaratan pendaftaran.
  13. Jika diterima akan menerima nomor peserta untuk mengikuti tes lanjutan.
  14. Tes lanjutan seperti seleksi fisik, kesehatan, dan lainnya sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  15. Seleksi AKPOL menggunakan sistem gugur diumumkan setelah tes.
  16. Bagi yang lulus bisa lanjut ke tes berikutnya.
  17. Pantukhir terdiri dua kali pantukhir daerah dan pusat.

Pendaftaran Polri BINTARA.

BINTARA merupakan salah satu sumber rekrutmen yang paling populer dari sekian banyak sumber rekrutmen, hal ini dikarekan jumlah kuota penerimaan yang cukup banyak dan posisi yang cukup baik bisa dinantikan apabila peserta menginginkan seleksi melalui BINTARA, tidak hanya bisa diikuti oleh pria bagi wanita bisa mengikuti penerimaan ini juga, terdiri dari penerimana BINTARA, POLWAN, BINTARA IT, dan BINTARA MUSIK. Pelaksanaan pendaftaran dilaksankan melalui situs resmi https://penerimaan.polri.go.id/ kemudian memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang ada pada https://penerimaan.polri.go.id kemudian jika proses pendaftaran secara online sudah selesai maka peserta wajib melampirkan semua persyaratan pendaftaran berikut formulirnya dan diserahkan melalui kantor polisi terdekat.
  1. Semua jenis rekrutmen polisi dilaksanakan seperti biasanya hanya saja sekarang ini pengisian form pendaftaran dilaksanakan secara online melalui penerimaan.polri.go.id
  2. Pastikan klik menu pendaftaran pilih Bintara sebagai sumber rekrutmen.
  3. Isi biodata, data orang tua, data pendidikan.
  4. Kirim Form
  5. Donwload form dan print out.
  6. Lampirkan bersama dengan persyaratan.
  7. Bawa ke Polres setempat dan serahkan pantia.
  8. Terdapat seleksi kesehatan awal untuk memastikan kelengkapan dan memenuhi syarat admistrasi.
  9. Setelah selesai akan mendapatkan nomor tes.
  10. ikuti tes 
  11. Proses pantukhir hanya dilakukan sekali.
  12. Untuk yang lulus AKPOL sampai tahap akhir pantukhir daerah biasanya apabila ikut seleksi Bintara akan dengan mudah lulus.

Pendaftaran Polri TAMTAMA.

TAMTAMA menjadi pilihan terakhir bagi peserta yang ingin mengikuti pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan tersebut untuk proses pendaftaran juga sama dilaksankaan melalui online pada situs resmi https://penerimaan.polri.go.id/ selanjutnya jika sudah selesai peserta wajib memenuhi semua persyaratan pendaftaran https://penerimaan.polri.go.id semua berkas apabila sudah lengkap harus diserahkan melalui masing-masing kantor polisi tempat anda mendaftar.
  1. Penerimaan Polisi hanya menerima untuk brimob 
  2. Pengisian form dilaksakan secara online melalui situs Penerimaan.Polri.go.id
  3. Klik daftar isi form pilih Tamtama.
  4. Isi biodata, data keluarga, data keuangan.
  5. Kirim form
  6. Download dan Cetak Print out
  7. Lampirkan bersama dengan persyaratan.
  8. Serahkan ke panitia di polres setempat
  9. Ikuti tes kesehatan sebagai kelengkapan memenuhi persyaratan awal.
  10. Setelah selesai akan menerima kartu tes.
  11. Ikuti tes
  12. Proses pantukhir dialkukan satu kali.

Ada dua poin yang harus dilakukan dalam proses pendaftaran yang pertama mengisi formulir pendaftaran secara online kemudian melengkapi berkas persyaratan apabila semua dirasa sudah lengkap maka proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyerahkan semua berkas kepada Panita Penerimaan POLRI yang ada diwilayah anda.

Berkas akan diverifikasi dengan mengecek secara langsung nilai, tinggi badan, berat badan, kelengkapan berkas apabila semua dirasa sudah lengkap dan terverifikasi maka peserta akan mendapatkan nomor tes yang akan digunakan pada pelaksanaan seleksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, untuk proses seleksi dilaksanakan melalui sistem gugur.

Seleksi akan berakhir apabila anda dinyatakan lulus pantuhir namun untuk AKPOL terdapat dua kali seleksi tingkat provinsi dan tingkat pusat beserta pantuhirnya, selain dari itu hanya ada satu kali seleksi yang harus diikuti lebih kurang seperti itu, panitia penerimaan Polri tidak pernah membernarkan kasus suap menyuap karena murni penerimaan polri tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Hati hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi penerimaan Polri semoga bisa bermanfaaat.