Pendaftaran.SBMPTN.ac.id 2018/2019

Pendaftaran.SBMPTN.ac.id - Pendaftaran SBMPTN 2018/2019 melalui Pendaftaran Online SBMPTN dan SBMPTN.ac.id dan Pendaftaran.Sbmptn.ac.id berikut Pendaftaran SBMPTN, khusus Pendaftaran Online SBMPTN.ac.id. Selalui informasi ini kita akan mengupas tuntus terkait dengan Pendaftaran SBMPTN sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara rinci untuk itu kita harus simak terlebih dahulu proses ini seperti dibawah ini.

Cara Pengumuman SBMPTN eh masih lama kale pendaftaran aja baru mulai masak mau langsung pengumuman, ada baiknya kita simak dulu dan ikuti proses pendaftaran SBMPTN baru kemudian bisa melihat hasil SBMPTN seperti yang kita masuk jadi jangan lewatkan proses dari awal sampai akhir untuk itu informasi ini penting untuk dibaca bagi peserta yang ingin melakukan pendaftaran SBMPTN.

Pendaftaran.Sbmptn.ac.id


Sesuai dengan pembahasan kita kali ini yaitu SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri tahun ini sudah mulai di buka. Seleksi ini dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa dari berbagai sekolah di indonesia untuk masuk ke perguruan tinggi. Ujian ini dilakukan serentak di berbagai daerah. Jadi jangan lewatkan pembahasan kita kali ini terkait dengan Pendaftaran Online SBMPTN.

Ujian dilakukan melalui ujian tertulis dan ada beberapa ujian keterampilan untuk calon mahasiswa di jurusan olahraga dan seni. Bahkan masih ada yang bingung antara SBMPTN dan SNMPTN. Bagi siswa SMA SBMPTN merupakan hal yang sangat di tunggu-tunggu.  Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui apa itu SBMPTN.

Berdasarkan beberapa informasi yang telah kami kumpulkan bahwa SBMPTN merupakan salah satu seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana sistem seleksi ini menggunakan ujian tertulis, untuk bisa mendaftar SBMPTN peserta tidak memerlukan undangan karena bisa dilakukan secara mandiri dengan mengakses situs resmi SBMPTN kemudian melakukan beberapa prosedur pendaftaran.

Pada kesempatan kali ini admin akan menguraikan secara rinci mengenai pendaftaran SNMPTN maka dari itu hal ini penting untuk disimak oleh peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku disini admin akan menguruaikan secara rinci terkait dengan pendaftaran SBMPTN, untuk bisa mengikuti pendaftaran SBMPTN peserta harus melakukan registrasi ada beberapa urutan yang harus dilakukan oleh peserta SBMPTN dalam melakukan pendaftaran.

Seperti melakukan login 1untuk cetak kartu peserta kemudian melakukan pembayaran setelah menerima PIN dari bank silahkan melakukan login 2 dengan memilih panel pendaftaran SBMPTN pada proses ini anda akan diminta untuk melakukan pengisian PIN dan KAP setelah itu baru menuju Form pendaftaran SBMPTN, namun sebelum kita melanjutkan proses pendaftaran disni admin akan memberikan ulasan terlebih dahulu terkait dengan Pendaftaran SBMPTN, peserta tentu harus bersaing ketat dalam seleksi SBMPTN.

Mereka harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa yang merebutkan kursi di perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi juga memiliki porsi yang berbeda-beda. Semua siswa pasti akan deg-degan menjelang pengumuman SBMPTN. Jika tidak lolos ujian ini, berarti siswa tidak bisa masuk ke perguruan tinggi negeri dan harus mendaftar di perguruan tinggi swasta. Oleh karena itu banyak siswa yang melakukan latihan dan belajar mati-matian untuk lolos masuk tujuan SBMPTN. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tuntas mengenai SBMPTN.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta SBMPTN agar bisa mengikuti pendaftaran terkait dengan hal tersebut menjadi wajib untuk disimak maka dari itu admin akan memberikan uraian secara rinci untuk lebih jelas berikut kami berikan persyaratan daftar SBMPTN mulai dari SMA/SMK sampai dengan MA bahkan untuk seluruh sekolah menengah atas sederajat untuk lebih jelas berikut informasinya.

Persyaratan Daftar SBMPTN

Ada beberapa syarat yang harus di penuhi untuk mendaftar SBMPTN. Syarat ini wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa dari berbagai sekolah. Berikut ini syarat yang harus dipenuhi:
  1. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan paket C tahun 2016-2017 diwajibkan untuk memiliki ijasah.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat atau paket C tahun ini wajib memiliki surat keterangan lulus pendidikan menengah dari sekolah. Keterangan lulus ini harus memenuhi informasi tentang foto terbaru dan informasi jati diri serta ada cap yang sah.
  3. Peserta ujian harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran yang akan berlangsung di perguruan tinggi.
Setelah melihat persyaratan tentu yang masih dibingungkan oleh peserta adalah bagaimana cara melakukan pendaftaran SBMPTN, nah untuk kalian yang masih bingung melakukan pendaftaran disi kami akan memberikan proses pendaftaran terkait dengan proses dan langkah-langkahnya maka dari itu kami lampirkan mekanisme pendaftaran SBMPTN untuk lebih jelas seperti berikut ini.


Proses Pendaftaran SBMPTN

Anda harus tahu bagaimana proses pendaftaran SBMPTN. Saat ini semua pendaftaran dilakukan secara online. Melalui website resmi dari SBPMPTN. Anda bisa melakukan pendaftaran awal terlebih dahulu. tetapi buat peserta bidikmisi jalur SBMPTN tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal. Tetapi langsung mendaftar SBMPTN saja.


Langkah Pendaftaran Tahap Awal SBMPTN
  1. Bukalah website pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Masukan nama dan tanggal lahir anda dengan lengkap
  3. Cetak bukti pendaftaran awal dan digunakan untuk melakukan pembayaran di bank. Anda harus membawa bukti cetak tersebut ke bank.
  4. Anda bisa melakukan pembayaran di bank mandiri, BNI atau BTN yang besarnya Rp 200.000. untuk jalur bidikmisi tidak perlu melakukan pembayaran.
  5. Setelah melakukan pembayaran, anda akan mendapat PIN dan KAP yang bisa digunakan untuk pendaftaran selanjutnya.

Mula-mula peserta harus melakukan 5 langkah diatas kemudian melakukan login pada situs resmi SBMPTN, untuk awal peserta memilih menu bagian kanan yang menjelaskan untuk cetak kartu pembayaran SBMPTN, setelah mengisi dengan benar maka proses selanjutnya print out bukti dan kemudian bawa ke Bank dengan membayar uang pendaftaran sebesar 200 rb ke teller salah satu bank yang ditunjuk. Selanjutnya untuk peserta Bidik Misi tidak perlu membayar uang pendaftaran, nantinya peserta akan mendapatkan PIN dan KAN untuk digunakan langkah berikutnya. 

Para proses selanjutnya adalah peserta yang sudah melakukan pembayaran ke bank maka ada lagkah berikutnya yang harus dilakukan oleh peserta sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi terkait dengan langkah berikutnya yang harus dilakuka oleh para peserta SBMPTN setelah mendapatkan PIN dan KAP dari Bank.

Langkah Pendaftaran online SBMPTN
  1. Buka website pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Masuklah dengan menggunakan PIN dan KAN yang sudah anda dapatkan dari membayar di bank. Peserta jalur bidikmisi akan mendapatkan PIN dan KAN setelah mendaftar jalur bidikmisi
  3. Isilah semua data pribadi anda secara lengkap.
  4. Masukan perguruan tinggi negeri dan jurusan yang anda minati.
  5. Sebelum dicetak sebaiknya di cek ulang semua datanya. Jika ada kesalahan akan sulit diperbaiki.
  6. Cetak bukti pendaftaran tersebut. Bukti tersebut digunakan sebagai kartu tanda peserta ujian SBMPTN.
  7. Ketika melakukan ujian jangan lupa untuk membawa bukti tersebut.

Para proses ini peserta harus mengikuti mekanisme pendaftaran SBMPTN sesuai dengan ketentuan dengan kembali melakukan login SBMPTN pada situs yang sama namun pilih menu bagian kanan yang berarti anda sudah memiki PIN dan KAP, kemudian masukan PIN dan KAP untuk proses pendaftaran, bagi peserta Bidik Misi diharapkan memilih menu tengah pada istus resmi. Selanjutnya isi semua data pribadi sesuai dengan identitas anda kemudian jangan lupa untuk memilih jurusan dan PTN.

Apabila semua berkas terkait dengan proses pendaftaran sudah selesai maka yang harus dilakukan adalah mengecek jika dirasa semua berkas yang diisi sudah benar silahkan cetak kartu peserta SBMPTN dengan mengirim berkas pendaftaran, nantinya kartu akan digunakan untuk seleksi, nah pada kartu akan ada tampilan jadwal dan tempat tes diharapkan dapat mengecek tempat tes satu haru sebelum ujian tertulis dilakanakan agar pada saat tes anda tidak harus mencari lagi tempat duduk tes.

Sedikit tammbahan untuk peserta yang ingin memilih prorgam studi dapat melihat ketentuan ebagai berikut Pada saat memilih program studi, ada tiga program studi yang bisa anda masukan. Hal ini akan membuat cara pengumuman SBMPTN anda lebih mudah. untuk jurusan IPA, akan mengikuti ujian IPA. Untuk jurusan IPS akan mengikuti ujian IPS dan untuk peserta yang memilih jurusan IPA IPS maka akan ikut ujian campuran. Jurusan yang dituliskan pertama kali menjadi priotitas utama. Anda bisa memilih jurusan di perguruan tinggi yang berbeda. Tak harus di satu pilihan yang sama. 

Lalu bagaimana kriteria di terima atau lulus SBMPTN. Anda dinyatakan lulus, jika anda lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN, sehat jasmani dan rohani serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Perguruan tinggi masing-masing. Ada beberapa jenis ujian yang harus anda lakukan. Ada tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA). 

Tes kemampuan dasar sains dan teknologi yang terdiri dari ujian biologi, matematika, fisika dan kimia yang dikhususkan jurusan IPA. Untuk jurusan IPS ada sejarah, sosiologi, ekonomi dan geografi. Lalu untuk calon mahasiswa yang mengambil jurusan seni dan olahraga. Terdapat tujuan keterampilan. Untuk melihat daftar perguruan tinggi yang masuk ke list SBMPTN, anda bisa melihat di website resmi SBMPTN.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan terkait dengan pendaftaran SBMPTN semoga apa yang telah kami berikan dapat membantu anda dalam proses pendaftaran khususnya bagi peserta yang baru mengikuti SBMPTN tahun ini masih banyak yang bingung jangan sampai salah saya, setelah pengumuman SNMPTN diaksankan jalur masuk SBMPTN langsung dibuka jadi ini merupakan kesempatan yang tidak boleh dilewatkan, semoga bermanfaat.
GET IT ON Google Play