Cara Verifikasi Dokumen Pendaftaran Ulang SNMPTN 2018/2019

SNMPTN.ac.id - Cara Verifikasi Dokumen Pendaftaran Ulang SNMPTN 2018/2019 - Cara Pendafftaran Ulang SNMPTN 2018/2019 melalui Pendaftaran Ulang SNMTN. diperuntukan untuk mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN untuk lebih jelas berikut informasinya  Panduan Pendaftaran Ulang SNMPTN 2018 Untuk anda yang memang saat ini sudah akan beranjak ke tingkat sekolah tinggi atau perguruan tinggi negeri, maka tentunya akan sibuk mencari informasi – informasi mengenai sekolah atau perguruan tinggi negeri yang dituju. Memang tidak mudah dalam melakukan proses tahapannya. 

Akan ada beberapa hal yang harus anda lewati untuk sampai masuk di perguruan tinggi negeri terpercaya. Sebelumnya membahas tentang pendaftaran ulang SNMPTN 2018, bahwa SNMPTN itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Semua orang berlomba – lomba untuk mencari peluang agar bisa lolos SNMPTN. DI tahun 2018 ini tentunya akan cukup banyak yang mengikuti SNMPTN 2018 ini. 

Cara Pendaftaran Ulang SNMPTN 2018/2019


SNMPTN memang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan yang mana akan ada persyaratan – persyaratan yang harus dilengkapi baik dari nilai, pembayaran uang kuliah, serta biodata pribadi. Ketika anda sudah lulus pada tahap proses tahap ujian SNMPTN, maka selanjutnya akan adanya pendaftaran ulang SNMPTN 2018 yang mesti dilakukan. Semua proses perlakukan daftar SNMPTN dilakukan lewat online, maka anda pun harus memiliki koneksi internet yang cukup stabil.

Akan cukup bangga sekali bagi para orang tua yang anaknya telah lolos seleksi SNMPTN 2018 ini, karena ini merupakan jalur pilihan seleksi yang tidak perlu ikut ujian tertulisn. Anda hanya tinggal mendaftar dan menunggu hasil pengumumannya saja. Kesempatan untuk lolos pun lebih tinggi dibandingkan dengan SBMPTN atau Jalur Mandiri. Untuk tahun lalu lebih dari 115.778 berhasil lolos tahap seleksi SNMPTN ini. Diperkirakan untuk pendaftaran ulang SNMPTN 2018 kali ini akan meningkat cukup tinggi.

Pendaftaran ulang SNMPTN 2018 ini merupakan cara umum yang biasa dilakukan oleh setiap pihak perguruan tinggi negeri. Memang akan ada beberapa point tambahan khusus setiap perguruan tinggi negeri, karena itu kebijakan dari yang telah disepakati. Cukup beruntung bagi anda yang akan masuk ke perguruan tinggi negri, karena itu merupakan yang dikelola oleh pemerintah. 

Untuk persyaratannya anda bisa melihat lengkap di website resmi SNMPTN 2018. Ikutilah sesuai tahapan – tahapannya. Kemungkinan besar setiap tahun tidak begitu ada perbedaan persyaratan. Nah, berikut menjelaskan apa itu SNMPTN bagi anda para calon mahasiswa/i baru tahun 2018 ini, sebagai berikut :
  1. SNMPTN itu salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa/i untuk masuk ke perguruan tinggi negri yang dilaksanakan berbarengan seluruh Indonesia.
  2. SNMPTN itu akan diselenggrakan oleh Ditjen Ristek Dikti
  3. Awalnya SNMPTN sendiri dibagi menjadi dua yaitu Jalur Undangan dengan nilai rapor dan Tulis melalui ujian.
  4. Di tahun 2013 SNMPTN tulis diubah namanya menjadi SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ), lalu SNMPTN jalur undangan menjadi SNMPTN.
  5. Tahap seleksi SNMPTN lewat nilai rapor yang sudah ditentukan oleh DIKTI. Yang akan diselesi yaitu nilai rapot, nilai ujian nasional, serta prestasi nasional lainnya.
  6. Bagi siswa/i yang memang berprestasi dan cukup konsisten menunjukkan prestasinya dari awal berhak mendapatkan kesempatan untuk lolos seleksi SNMPTN ini.
  7. SNMPTN  akan melakukan penelulusuran melalui prestasi akademik dari semester 1 ( Satu ) hingga 5 ( Lima ) untuk SMA, MA, SMK. Untuk massa studi normal 3 ( Tiga ) tahun atau dari semester 1 ( Satu ) hingga 7 ( Tujuh ) bagi SMK dengan masa studi 4 ( Empat ) Tahun, serta melampirkan Portofolio Akademik.
  8. Akan adanya ketentuan dari Dikti untuk siswa yang berprestasi unggul itu memiliki peringkat terbaik di sekolahnya dari semester 3 ( Tiga ) hingga 5 ( Lima ), dengan sekolah yang terakreditasi A, 75 %, B 50%, C 20%.

Itu merupakan penggambaran umum untuk anda yang memang akan mencalonkan diri ikut SNMPTN. Tentunya itu merupakan syarat umum. Tidak akan sulit selagi anda adnya niat untuk ikut seleksi SNMPTN. Semua bisa berpeluang masuk SNMPTN. Selalu update informasi mengenai SNMPTN ini. Sebelum anda mengikuti seleksi SNMPTN bisa persiapkan berkas – berkas yang dibutuhkan. Untuk panduan pendaftaran ulang SNMPTN 2018 yang bisa anda lakukan, sebagai berikut :
  1. Anda akan mengisi formulir online perguruan tinggi negeri yang telah anda pilih. Selanjutnya anda akan masuk atau log in ke website resminya melalui nomor pendaftaran atau tanggal lahir anda.
  2. Isilah biodata terbaru yang telah disediakan atau melengkapi biodata yang telah diisi sebelumnya.
  3. Setelah selesai mengisi form pendaftaran, anda bisa langsung mencetaknya sebagai bukti.
  4. Nantinya akan muncil nominal UKT ( Uang Kuliah Tunggal ) yang merupakan biaya per semester yang akan anda bayarkan.
  5. Lalu akan ada data registrasi yang akan anda serahkan ke pihak Universitas berupa :
Kebijakan persyaratan secara umum diatur oleh masing-masig universitas yang menyelenggarakan kegiatan SNMPTN, seperti contoh jika di Universitas A memiliki persyaratan bla,bla, bla sementara akan berbeda pada Universitas B maka dari itu kalian wajib mengecek secara langsung apa saja namun jika dilihat secara khusus ada persyaratan baku yang sama secara keseluruhan 
  • Foto copy bukti pembayaran UKT semester awal, namun untuk calon mahasiswa Bidikmisi tidak perlu membayar cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, kecamatan, serta tagihan rekening listrik selama 2 bulan terakhir, serta slip gaji orang tua, dan berkas pendukung lainnya.
  • Lampirkan bukti anda telah mengikuti SNMPTN
  • Pas foto 3 x 4 dan 4 x 6 masing – masing 2 lembar
  • Bawa Ijazah serta SKHUN ( Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional ) yang asli dan Foto Copy
  • Memabawa Rapor yang asli dan Foto copy

Proses yang harus dilakukan lainnya adalah melaksanakan segala bentuk kegiatan terkait dengan proses pendaftaran mulai dari persyaratan hingga pengecekan kesehatan maka dari itu peserta yang lulus jalur SNMPTN selain melengkapi berkas juga harus melakukan proses pendaftaran ulang meliputi sebagai berikut untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.
  1. Bersedia mengikuti proses cek kesehatan yang akan dilakukan oleh Universitas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  2. Membuat Kartu Tanda Mahasiswa ( KTM )
  3. Melampirkan berkas – berkas lainnya ke pihak Universitas
  4. Bersedia untuk mengikuti tahap Orientasi Sekola selama jadwal yang telah ditentukan.
  5. Bersedia mentaati peraturan yang Universitas atau Jurusan yang telah disepakati, apabila melanggar siap menerima sanski yang telah disepakati bersama di surat pernyataan.
  6. Mengikuti perkuliahan hingga selesai.

Nah, itu merupakan beberapa hal umum yang akan dilakukan oleh calon mahasiswa atau mahasiswi baru saat melakukan pendaftaran ulang SNMPTN 2018. Jika ada hal yang masih kurang jelas, akan bisa tanyakan ke pihak Universitas ataupun Jurusan anda. Untuk hal – hal yang lebih spesifik bisa langsung kunjungi website resmi Perguruan Tinggi anda. Mohon diingat bahwa setiap Perguruan Tinggi Negeri akan berbeda, sehingga anda perlu mengeceknya sendiri dan ikuti semua tahap seperti diatas. 

Sebagai mahasiswa yang telah lolos pada proses SNMPTN ini bisa memberikan informasi kepada adik – adik kelas anda nantinya. Berikan informasi yang anda ketahui secara jelas bahkan membantu proses pendaftaran ulang SNMPTN tersebut di website resmi SNMPT. Proses SNMPTN bisa dilewati begitu mudah jika adanya niat dari diri sendiri ingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Tetap berhati – hati pada penipuan yang mengatasnamakan SNMPTN 2018 ini, karena tidak adanya pungutan liar yang dilakukan oleh pihak SNMPTN, semua proses pendaftaran ulang SNMPTN 2018 dilakukan secara gratis. Selamat mencoba.
GET IT ON Google Play