Tata Cara Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026


Tata Cara Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026 -  merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri serta menjadi salah satu cara agar seorang siswa lulusan SMA atau sederajat dapat masuk perguruan tinggi negeri dan melanjutkan pendidikan tingginya. Salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari SNBP adalah tata cara pendaftarannya. 

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas secara rinci mengenai Cara Pendaftaran SNBP apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran SNBP, tentu hal itu menjadi salah satu kegalauan mengingat SNBP merupakan jalur masuk khusus untuk yang berprestasi maka dari itu kita harus benar-benar memperhatikan hal tersebut, mengapa demikian jawabnya adalah karena SNBP tidak bisa diikuti secara mandiri.


Siswa yang bersangkutan harus mendapatkan persetujuan dan ditandai dengan proses rekomendasi sekolah, apabila hal tersebut tidak didapat oleh siswa maka yang akan terjadi adalah siswa yang bersangkutan harus membantalkan niatnya untuk mengikuti SNBP, bagi sekolah yang bertaraf sangat baik menurut penelusuran kami dilapangan yang mampu mengikuti SNBP mencapai 100% jadi beruntunglah kalian apabila sekolah ditempat yang sekolah sangat baik. 

Untuk sekolah yang tidak begitu hebat tetap akan mendapatkan kuota pendaftaran SNBP namun hal itu lebih kecil jika dibandingkan sekolah yang unggulan, namun untuk bisa lulus kita belum bisa memastikan apakah sekolah yang dimaksud dapat dengan baik lulus semua atau tidak bergantung dari hasil seleksi usaha sekolah merekomendasikan seluruh siswanya sudah cukup baik maka dari itu hal ini penting untuk disimak.

Melalui informasi ini admin akan memberikan informasi untuk itu sebagai salah satu proses yang harus dilalui apabila baik sekolah maupun peserta harus mengikuti prosedur seperti yang akan disampaikan mula-mula sekolah harus mengisi PDSS SNBP untuk lebih jelas berikut informasinya.

Hal ini harus dipahami dengan benar oleh setiap calon peserta SNBP agar bisa mendaftar dengan benar dan memperbesar kemungkinan untuk diterima di PTN pilihan. Berikut adalah tata cara pendaftaran SNBP secara lengkap dari awal hingga akhir. Sebelum mulai mendaftar, ada persyaratan asal sekolah yang harus dipenuhi. Jika sekolah tidak memenuhi persyaratan berikut maka siswa tidak akan bisa mendaftar SNBP.
 
 
Persyaratan Siswa
  1. Pertama, calon peserta SNBP harus berasal dari SMA, SMK, MA atau MAK baik yang negeri maupun swasta yang telah memiliki NPSN
  2. Sekolah Republik Indonesia yang berada di luar negeri juga bisa asalkan memiliki NPSN
  3. Mendapatkan rekomdasi sekolah.
  4. Lulus Pemeringkatan SNBP
Persyaratan 

Untuk mengikuti SNBP terdapat beberapa persyaratan siswa yang harus dipenuhi sebagai bagian dari tata cara pendaftaran SNBP. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Siswa lulus dari SMA, SMK atau MA pada tahun ini
  2. Memiliki prestasi yang unggul, termasuk di antaranya adalah masuk peringkat terbaik ataupun paralel di jurusannya di semester tiga, empat dan lima
  3. Ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah adalah apabila sekolah memiliki akreditasi A, maka calon peserta SNBP termasuk 50% terbaik di sekolah serta jurusannya, akreditasi B maka calon peserta termasuk 30% terbaik di sekolah serta jurusannya, akreditasi C maka calon peserta termasuk 10% terbaik di sekolah dan jurusannya serta sekolah yang belum terakreditasi maka calon peserta termasuk dalam 5% terbaik di sekolah dan jurusannya
  4. Calon peserta SNBP juga telah memiliki NISN dan terdaftar dalam PDSS
  5. Calon peserta memiliki nilai raport mulai dari semester satu hingga semester lima untuk siswa SMA atau MA dan SMK yang masa pendidikannya tiga tahun.


Pendaftaran

Tata cara pendaftaran SNMTPN berikutnya akan dilakukan sendiri oleh siswa. Pendaftaran SNBP ini dilakukan secara online melalui website resmi SNBP.
  1. Buka situs resmi SNBP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ membuat akun.
  2. Menunggu hasil pemeringkatan.
  3. Bukalah situs resmi pendaftaran online SNBP
  4. Login dengan menggunakan NISN serta password yang sebelumnya telah dibuat.
  5. Isilah biodata yang diperlukan
  6. Pilihan Perguruan Tinggi Negeri, jurusan, program studi
  7. Mengupload file yang diminta yaitu foto resmi berwarna paling baru 
  8. Upload persyaratan
  9. Khusus untuk siswa yang mendaftar untuk program studi seni serta keolahragaan akan diwajibkan untuk mengupload portofolio serta dokumen bukti keterampilan yang sudah disahkan Kepala Sekolah
  10. Periksa kembali kebenaran dari semua data yang diupload kemudian finalisasi pendaftaran SNBP
  11. Setelah selesai mendaftar secara online, langkah selanjutnya ialah mencetak kartu sesuai tanggal yang sudah ditetapkan.

Cetak Kartu

Pendaftaran SNBP ini berikutnya adalah dengan mencetak kartu tanda peserta. Ini termasuk dalam tata cara pendaftaran SNBP ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama, login ke website SNBP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ sesuai periode tanggal yang telah ditetapkan
  2. Masukkan user serta Password seperti biasa
  3. Sudah mendapatkan nomor ujian
  4. Klik tombol Unduh Kartu Peserta dan buka hasil unduhan,
  5. Cetak Kartu Peserta SNBP
  6. Klik Print dan Kartu Peserta.


Biaya pendaftaran SNBP sendiri ditanggung pemerintah sehingga peserta tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Ini akan memberikan keringanan pada siswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang mampu agar dapat mengikuti seleksi SNBP. Tersedia pula pendaftaran SNBP yang dikhususkan untuk siswa kurang mampu, yaitu KiP Kuliah. Demikianlah informasi yang dapat kami berikan semoga bisa memberikan manfaat.