Biaya Kuliah Vokasi, S1, S2, Spesialis, S3, UI 2018/2019

Biaya Pendidikan UI - Biaya Kuliah UI 2018/2019 - Biaya Kuliah Vokasi, S1, S2, Spesialis, S3, UI 2017/2018 melalui Biaya Kuliah Semua jurusan yang ada di UI berikut Informasinya. UI atau Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terbaik dimiliki oleh Indonesia. Tentunya banyak lulusan SMA / SMK baru yang menginginkan mengambil studi di kampus yang tak jarang masuk sebagai 3 besar Perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Namun tentunya anda membutuhkan informasi mengenai biaya kuliah UI sehingga anda bisa membuat estimasi biaya yang harus anda keluarkan selama mengambil program studi di sini. 

Program program pendidikan yang tersedia di Ui ada beragam. Yang pertama ada program diploma atau program vokasi, kemudian tentunya ada program sarjana (S1), program magister (S2) dan terakhir program doctor (S3). Tentunya dari masing masing program sendiri ada beberapa jakur seleksi untuk masuk di Universitas Indonesia yang harus anda ketahui. 



Untuk jalur diploma atau vokasi sendiri anda bisa masuk melalui jalur PPKB vokasi dan SIMAK UI, kemudian jalur program sarjana yakni jalur SNMPTN, SBMPTN, PPKB S1 Reguler, Talentscouting, SIMAK UI, SIMAK UI kelas Internasional, Simak Ekstention, Jalur untuk Program Pascasarjana ada jalur SIMAK UI Pasca Sarjana, dan juga untuk Program profesi dan spesialis juga sama melalui jalur SIMAK UI Pascasarjana.

Biaya kuliah UI menggunakan sistem yang lebih dikenal dengan Biaya Operasional Berkeadilan atau BOP-B UI. Sistem yang digunakan oleh Universitas Indonesia memang bertujuan untuk memberikan jalan seluas – luasnya untuk bisa masuk dan mengambil program studi di Universitas Indonesia sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan atau orang tua mahasiswa. 

Untuk biaya pendidikan yang anda bayarkan biasanya setiap 6 bulan sekali seperti saat anda di SMA / SMK dahulu. Tentunya jika anda di UI dengan pembayaran BOP UI ini anda juga sudah termasuk membayar biaya biaya lain seperti biaya praktkum dan juga biaya kegiatan mahasiswa. Namun untuk biaya program sarjana dengan biaya program vokasi akan berbeda di Universitas Indonesia. Sebenarnya sistem BOP ini sekarang ini juga lebih dikenal dengan UKT dan juga Universitas Kuliah Tunggal.

Untuk lebih jelas berikut kami berikan rincian biaya kuliah UI kalian pasti penasaran kan melalui informasi ini kita akan uraikan secara rinci mengenai biaya kuliah semua jenjang meliputi Program Vokasi Program Sarjana Reguler Program Sarjana Ekstensi Program Sarjana Kelas Paralel Program Magister Program Kerjasama (Sarjana, Kelas Pararel, Ekstensi, Spesialis, Magister, Doktor ) Program Profesi Program Spesialis Program Mahasiswa Asing Program Doktor Program Kelas Internasional Biaya Registrasi Status Kuliah di Luar Negeri (Overseas). untuk lebih jelas berikut informasinya.


Biaya Kuliah Program Vokasi UI.


Fakultas Kedokteran UI


Program Megister (S2)


Program Doktoral (S3)


Program Spesialis (Sp-1)


Fakultas Kedokteran





Fakultas Kedokteran Gigi.


Fakultas MIPA




Fakultas Teknik









Fakultas Hukum.



Fakultas Ekonomi & Bisnis





Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya.



Fakultas Psikologi.



Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.


Fakultas Kesehatan Masyarakat.


Fakultas Ilmu Komputer.


Fakultas Ilmu Keperawatan.



Fakultas Farmasi.




Program Pascasarjana.



Fakultas Ilmu Administrasi.




Tarif UKT untuk mekanisme BOP-Berkeadilan (BOP-B) dan UKT mekanisme BOP-Pilihan (BOP-P) adalah sebagai berikut) untuk lebih jelas berikut kami berikan rinciannya berdasarkan rumpun untuk semuanya dikutip dari situs resmi Biaya Pendidikan UI untuk lebih jelas berikut kami berikan informasinya.



Tentunya dengan biaya kuliah tunggal tadi anda akan mendapatkan keringanan pembayaran biaya kuliah karena sudah disesuaikan dengan kemampuan membayar anda. untuk biaya yang dibayarkan per semester ini tentunya juga flat atau tidak mengalami kenaikan. Jadi biaya yang akan dibayarkan oleh anda di Universitas Indonesia pada semester 1 tentunya akan sama dengan biaya yang anda bayarkan di semester 4 atau 5. 

Selain itu biaya tersebut juga tidak tergantung dengan prestasi mahasiswa atau siswa yang mendaftar namun lebih tergantung dengan biaya yang ditanggung oleh penanggung biaya atau juga kemampuan keuangannya setiap bulan. Tentunya dengan sistem seperti ini biaya kuliah UI juga sudah sama dengan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri lainnya.

Untuk masalah rincian pembayarannya sebenarnya dulu pernah diterapkan dengan sistem pembayaran SPP dan juga ada uang pangkal. Namun sekarang ini untuk uang pangkal yang biasanya dikenakan oleh mahasiswa baru di semester awal sudah ditanggun oleh pemerintah dengan sistem Bantuan Operasional Nasional Perguruan Tinggi Negeri atau BOPTN. 

Selain itu dari sistem Uang kenaikan tungga dari biaya kuliah UI tadi sebenarnya menerapkan sistem subsidi silang. Jadi bagi anda yang tidak mampu sebenanrya biaya kuliah anda lebih kecil karena sudah ditutupi oleh biaya yang dibayarkan oleh mahasiswa yang lebih memiliki keampuan pembayaran. Tentunya dengan begitu ini lebih meringankan anda yang memang ingin studi di UI.
GET IT ON Google Play