Biaya Kuliah UGM 2017/2018

UGM- UKT Biaya untuk Kuliah kampus UGM simak Biaya khusus Kuliah di UGM tahun 2017/2018 seperti Biaya dan Kuliah umum UGM mematok UKT Kuliah besaran Biaya lihat Biaya bagi Kuliah. Seperti biasa kita akan mengikuti perjalanan dan info mengenai Biaya Kuliah seperti biasa UGM menjadi salah satu bahasan yang mungkin tidak boleh dilewatkan karena kampus ini menjadi salah satu yang terbaik saat ini.

Hampir setiap tahun UGM selalu menorehkan prestasi dan tahun lalu masih teringat jelas bahwa kampus ini menjadi salah satu kampus dengan jumlah Pendaftar terbanyak karena antusias pelajar yang ingin kuliah dikampus ini, berdasarkan hasil dari survei yang sudah kita lakukan kampus UGM sangat diminati terutama saat ini karena salah satu lulusan sudah menjadi presiden membuat nama UGM semakin melambung tinggi.


Biaya Kuliah UGM

Belum lagi ditambah dengan beberapa prestasi lain dari mulai tingkat nasional sampai dengan Internasional, apalagi UGM adalah salah satu kampus dengan mahasiswa yang memiliki otak cerdas sebab untuk bisa lulus anda harus mencapai Passing Graide yang sudah ditentukan, bisa dibilang tinggi sekali, tidak harena kalau mahasiswa yang dihasilkan cerdas-cerdas.

Seperti biasa pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Biaya Kuliah di UGM berapa besarnya dan seperti apa sistem pembayaran jangan sampai anda bingung, secara umum UGM sama seperti Biaya Kuliah PTN lain mengguakan sistem pembayaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal dimana tidak ada lagi uang pangkal yang memberatkan mahasiswa setelah dinyatakan lulus.

Jauh sebelum UKT dimulai sekitar tahun 2011 kebawah memang untuk besaran biaya kuliah tidak terlalu mahal tetapi unag pangkal yang memberatkan pelajar karena besarannya mencapai puluhan juta, ini sangat merugikan bagi yang kurang mampu tetapi ingin kuliah negeri. Tetapi era tersebut berangsur hilang dan berganti ke UKT, ini akan berpihak pada mereka yang kurang mampu.

Karena saat ini UKT menentukan Besaran Biaya Kuliah tidak lagi disamaratakan antara yang mampu dan yang kurang mampu, bisa dibilang menggunakan sistem subsidi silang tetapi bentuknya saja berbeda penetapan biaya akan bergantung pada besaran penghasilan orang tua seperti contoh Anak A adalah putera dari Pengusaha sedangkan anak B adalah putera dari buruh serabutan.

Jika anak A akan dikenakan biaya UKT persemester sekitar 7-12 juta pesemeseter, sedangkan untuk anak B akan dikenakan UKT pesemester sekitar 500-700 rb, bisa dibilang cukup adil karena Adil tidak harus sama, sesuai dengan kebutuhan. UGM membagi beberapa katagori penghasilan orang tua Mahasiswa sesuai dengan kelompok berikut urain lengkap dibawah ini.

Kriteria Penghasilan Kotor+Penghasilan Tambahan Wali Mahasiswa UGM.
  1. UKT 0 Peserta Bidikmisi 
  2. UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000 
  3. UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000 
  4. UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000 
  5. UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000 
  6. UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000 
  7. UKT 6 Penghasilan > 10.000.000 
Nah sudah tau bukan mana katagori penghasilan orang tua anda, tetapi untuk proses penurunan UKT dapat dilakukan setelah masuk, melalui proses pengusuluan yang dibuat oleh mahasiswa diajukan ke BAAK dengan melampirkan beberapa persyaratan sesuai dengan kampus masing-masing, melalui wawancara yang akan dihadiri oleh orang tua atau wali mahasiswa penentuan UKT akan dilakukan sesuai dengan katagori penghasilan orang tua.

Tetapi untuk beberapa jalur seperti Reguler SNMPTN proses ini sudah dilakukan sejak awal masuk, meski proses penurunan bisa dilakukan setelah itu. Untuk jalur lain disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku tetapi hampir semua PTN menetapkan sama, jalur Reguler saja yang mendapatkan kebijakan UKT sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sisanya kembali pada kebijakan kampus. Untuk lebih jelas admin akan memberikan rincian biaya kuliah UGM dibawah ini.


1. UKT Katagori Kelompok I UGM.

Jika penghasilan orang tua anda masuk dalam katagori UKT kelompok satu maka anda akan dikenakan biaya kuliah sekitar 500 rb sampai dengan 700 rb persemester ini berlaku untuk semua jurusan reguler di UGM mulai dari kedokteran sampai dengan lainnya, untuk yang belum menurunkan UKT harap segera mengusulkan karena jangan sampai ini tidk dilakukan.


2. UKT Katagori Kelompok II UGM.

Jika anda kuliah di UGM dan orang tua anda masuk dalam kelompok katagori UKT 2 anda akan dikenakan besaran biaya kuliah sekitar 1 juta pesemester, ini juga berlaku semua jurusan yang ada dan program studi dimulai dari kesehatan sampai dengan sosoal jadi jangan sampai anda juga tidak mengurus UKT bagi yang belum segera laporkan dan usulkan untuk penurunan UKT bisa dilakukan mandiri.


3. UKT Katagori Kelompok III UGM.

Untuk katagori ini biaya yang akan dikenakan setelah anda masuk kuliah cukup tinggi kisarannya sekitar 4 juta sampai dengan 5 juta persemester hal ini tidak heran sebab ini merupakan katagori penghasilan orang tua menengah keatas dan tergolong mampu, bedanya ini berlaku semua jurusan yang ada di UGM jadi jangan kwatir bagi mereka yang memilih program kesehatan atau sejenisnya tetap sama.


4. UKT Katagori Kelompok IV UGM.

Melalui UKT kelompok ini anda bisa menjadi salah satu yang terbaik karena bisa memberikan bayaran yang cukup untuk UGM ya bisa dibilang bantu-bantu UGM dalam melancarkan biaya pendidikan hehe bercanda untuk katagori anda akan dikenakan biaya sekitar 6 -7 juta pesemester tergolong besar tetapi bagi penghasilan orang tua yang lumayan ini tidak begitu memberatkan.


5. UKT Katagori Kelompok V UGM.

Nah kalau yang satu ini jika anda adalah salah satu anak dari orang kaya dengan katagori kelompok V akan dikenakan biaya kuliah jauh lebih besar dari kelompok lainnya mencapai 1 sampai dua juta selisih jika dituliskan angkanya sekitar 7-8 juta, kemungkinan besar ini tidak memberatkan untuk penghasilan orang tua dalam katagori mampu.


6. UKT Katagori Kelompok VI UGM.

Ini merupakan besaran UKT tertinggi dikelasnya jika orang tua anda memiliki penghasilan sesuai dengan yang sudah disebutkan berarti anda harus menerima besaran biaya kuliah pesemester sekitar 9 sampai 12 juta untuk semua program studi yang dipilih baik itu kedokteran sampai dengan nonkedoteran semua sama tetapi ini berlaku hanya untuk reguler saja.

Untuk patokan awal penentuan UKT biasanya bergantu jalur mausk yang anda pilih, karena ini akan menentukan kelanjut dari apa yang anda usahakan jauh sebelum itu harus dipikirkan dulu, tetapi untuk saat ini UKT berpihak pada mereka yang kurang mampu agar bisa tetap kuliah. Dari beberapa info seputar Biaya Kuiah UGM dapat disimpulkan bawah saat ini UGM menggunakan sistem UKT untuk pembayaran semester.

Ini dinilai sama tetapi hanya diprioritaskan untuk mereka yang lulus seleksi jalur reguler selebihnya kembali ditetapkan oleh kebijakan kampus. Admin doakan semoga anda tetap bisa membayar kuliah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki amin. Demikianlah semoga dapat memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update info seputar Biaya Kuliah lainnya terima kasih salam super dari Pendaftaran Online.
GET IT ON Google Play