Tips Masuk IPDN 2017-2018

Spcp.ipdn.ac.id - Tips Masuk IPDN 2017-2018 - Melalui informasi ini admin akan memberikan info seputar Tips Masuk IPDN apa saja yang harus dipersiapkan, tentu tidak boleh diremehkan untuk bisa lulus persiapan matang sangat perlu dilakukan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Tips Masuk IPDN, mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui apa itu IPDN, ya salah satu perguruan tinggi kedinasan dibawah kementerian dalam negeri.

Dilihat dari spesifikasi kajian ilmu tentu harus mengarah pada tata negara, mengapa IPDN selalu jadi perbincangan banyak orang, sekolah ikatan dinas ini memberikan jaminan pekerjaan kepada siapa saja yang sudah bisa masuk kuliah dikampus ini, sistem rekrutmen ini berdasarkan beberapa tes yang sangat panjang dan melelahkan, setelah lulus peserta akan langsung mendapatkan pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Mungkin kalian bertanya-tanya apa yang membedakan kampus IPDN dengan kampus pada umunya, sistem ikatan dinas dibentuk sebagai salah satu pendidikan yang mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja dibidangnya bisa dibilang urusan keperintahan sulit didapat dipendidikan umum, memang beberapa pendidikan berbasis keperintahan, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dibidangnya.

Tips Masuk IPDN 2017-2018

Oleh karena itulah sekolah kedinasan muncul, pertanyaan lain apakah hanya Lulusan IPDN saja yang bisa bekerja di Kepemerintahan Dalam Negeri, hal itu tidak betul sistem rekrutmen yang dilakukan kementerian dalam negeri untuk mengisi kekosongan lowongan kerja juga didapat dari Non Ikatan dinas, pendidikan Ikatan Dinas hanya memenuhi beberapa persen saja terutama bidang tertentu yang dianggap hanya IPDN saja yang memberikan lulusan yang mampu menangani bidannya.

Tentu sudah jelas, meski status IPDN adalah pendidikan namun tidak kembali kepada Kementerian Pendidikan Tinggi tetapi kembali ke Kementerian Dalam Negeri langsung yang mengelolahnya, memang urusan sekolah ikatan dinas banyak menyedot anggaran pemerintah Pusat dalam belanja negara sekitar 20% salah satunya untuk sekolah ikatan dinas.

Tidak hanya IPDN masih banyak sekali Ikatan Dinas lainnya, wajar saja pembelajaran untuk Pendidikan yang besar memang masih kurang karena tidak hanya pendidikan biasa ikatan dinas masuk dalam jatah tersebut. Lepas dari itu semua Pendidikan Ikatan Dinas malah memberikan dampak sebaliknya kepada Mahasiswa atau Praja yang telah lulus.

Mereka akan difasilitasi dan diberi hitung gaji selama menempuh pendidikan, kemudian diberikan fasilitas penunjang lainnya, sistem pendidikan IPDN merupakan pendidikan Semi Meliter berbasis Kementerian Dalam Negeri, jadi kalian yang akan masuk persiapkan kemampuan, fisik dan mental untuk bertahan di kampus ini, proses panjang Pendaftaran tentu menjadi salah satu keharusan untuk dilalui sebelum lulus.

Pendaftaran IPDN menggunakan sistem online hal ini memberikan kemudahan bagi para peserta, namun bukan itu yang menjadi permasalahan inti dari pembahasan kita melalui informasi ini kita akan memberikan informasi secara mengenai tips masuk IPDN ampuh berdasarkan pengalaman saya dulu yang alhamdullah sempat membimbing sampai lulus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sistem seleksi IPDN lebih mengarah pada soal yang bergrade setara dengan Seleksi CPNS namun yang membedakan adalah ada tes fisiknya, ini adalah cerita singkat pengalaman adik saya yang dulu sempat lulus, sejak beranjak di Bangku SMA ia terus mendapatkan nilai baik dibidang IPA hal itu membuat adik saya memiliki kesempatan mengajar guru privat SD khusus mata pelajaran tertentu.

Tidak hanya IPA namun hampir semua mata pelajaran diajarkan dengannya terutama PPKN serta lainnya kelas 4-6 SD, tanpa disadari ia terus mengulang-ulang mata pelajaran tersebut selama 2 tahun menjadi guru privat, hal hasil setelah lulus sekolah ia memutuskan untuk tes IPDN, nah ternyata beberapa pelajaran yang dulu sempat diajarakan banyak yang memiliki kesamaan terutama saat tes TKD ia merasa bahwa sering membaca topik tersebut pada pelajaran waktu jadi guru Privat.

Hal ini membuat ia lulus tes TKD namun perjuangan sang adik belum sampai disana karena sistem seleksi IPDN menggunakan sistem guru mau tidak mau peserta tidak boleh gagal untuk bisa lulus, selain itu berlanjut pada tes kesehatan yang alhamdullih lancar, sampai pada Tes Psikologi untuk tes ini lebih mengarah pada psikologi meliter dan tatanan keperintahan bagi kalian yang pernah tes CPNS pasti tidak akan terkjut dengan soal ini karena berkaitan dengan Intregitas dan kejujuran.

Poin Pentingnya adalah seorang calon Praja IPDN harus banyak memiliki pengetahuan umum seputar keperintahan yang didapat dari pelajaran SD maupun SMP dan SMA jangan pernah lupakan pelajaran yang telah lewat mulai dari pelajaran PKN, kemudian sampai dengan sejarah, meski begitu untuk bisa lulus IPDN kalian harus menguasai betul hal-berkaitan dengan pengetahuan umum seputar Indonesia dan Keperintahan.

Kalian bisa membaca buku-buku yang ada diperpustakaan milik perintah atau sering membaca berita yang sumbernya terpecaya selain itu Jurnal Keperintahaan menjadi penting untuk dibaca, khusus untuk Psikologi kalian yang diarahkan pada bagiamana jika ditempatkan dalam keadaan tertentu, bagaimana jika hal itu terjadi pada anda semua itu berkaitan dengan posisi seandanya nanti anda memang menjadi pegawai keperintahan dalam negeri.

Kemudian integritas seseorang dalam keperintahan menjadi penting untuk dikuasai agar bisa lulus serta sebagai calon Praja Pemerintah harus Jujur dalam melaksanakan tugas itulah semua isi secara umum mengenai tes IPDN jika kalian sudah menguasai hal tersebut isyaallah akan lulus, tidak lupa sistem 4 pilar kebangsaan harus dikuasai untuk jadi modal sebelum tes.

Selabihnya kembali pada diri masing-masing, kalian juga dapat membaca dan mencoba mengerjakan contoh soal dari buku, dalam belajar soal bukan bagaimana anda menjawab tetapi memahami jenis ragam dan bentuk soal yang ada termasuk dalam pengetahuan yang mana, sisanya membaca dan mengakses internet mengenai 4 pilar kebangsaan persiapan tes IPDN sama saja seperti tes CPNS.

Selain itu anda harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, jauhi obar-obatan, minuman, dan beberapa zat berbahaya bagi tubuh agar saat tes kesehatan bisa berlajan lancar, serta jangan lupakan tes fisik apabila dibutuhkan kalian dapat menjadi kondisi tubuh dengan joging minimal 3 kali seminggu agar saat tes fisik tetap fit.

Kurangan begadang dan kegiatan yang merusak kesehatan lainnya, ini berlaku untuk pria dan wanita, jika semua dirasa memang sudah dilaksanakan dengan baik jangan lupa berdoa untuk kelulusan karena bisa jadi kalian yang gagal tes bukan tidak mampu mencapai standar nilai tetapi tergeser karena orang lain memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan anda.

Semoga pengalaman saya mengajarkan kepada adik saya ini dapat membantu anda dalam seleksi, tidak ada jaminan kelulusan kecuali dinyatakan lulus semua tes sampai terakhir ujian Pantukhir berkaitan dengan tes akhir kalian harus mempersiapkan diri mulai dari veriifasi berkas, tes ulang kesehatan, mempersiapkan diri apabila nanti diterima sebagai PNS dibawah kementerian dalam negeri.

Sedikit bocoran yang paling diperhatikan adalah sikap anda, yang harus sopan, santun, jujur dan memiliki nilai luhur itulah menjadi prioritas selain kemampuan yang telah dibuktikan melalui tes, tiba pada saat mengumuman dilaksanakan tinggal berdoa apapun hasilnya pasti itu yang terbaik tidak ada satu usahapun yang sia-sia minimal kita tau kesalahan yang tidak perlu diulangi jika gagal.

Demikianlah seputar Tips Masuk IPDN semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian terutama bagi calon Praja IPDN tahun ini, harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi, panita tidak pernah meminta sejumlah uang apapun untuk kelulusan IPDN memberikan Beasiswa dan Jaminan Kerja kepada siapa saja yang sudah dinyatakan lulus itu semua Gratis tanpa dipungut biaya apapun.