Panduan Pengisian PDSS SNMPTN Sekolah SMA/MA 2017-2018

PDSS.SNMPTN.ac.id - Pengisian PDSS SNMPTN SMA/MA 2017-2018 info Pendaftaran SNMPTN dan Proses Pengisian PDSS SNMPTN untuk SMA/MA tahun 2017-2018. Inilah yang paling ditunggu bagi para peserta SNMPTN yang ingin mengikuti pendaftaran tahun ini Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa adalah salah satu proses wajib yang harus dilakukan tahap awal pendaftaran dilakukan sekolah sementara siswa harus menunggu sampai Pengisian PDSS oleh Sekolah selesai dilakukan, nah tahapan PDSS akan berlangsung pada tanggal 14 Januari - 10 Januari.

Pihak sekolah akan melakukan proses PDSS nah jangan sampai pada saat pengisian dan proses perekomendasian siswa mendapat intimidasi dari wali murid yang menginginkan anaknya mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri meski tidak begitu memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN, jangan sampai hal itu terjadi.

Karena kalau memang terjadi seperti itu, peserta karbitan tidak akan mampu bersaing dan bahkan gagal seleksi, maka dari itu untuk proses rekomendasi serahkan sepenuhnya kepada sekolah biarlah pihak sekolah yang akan menentukan siswa yang layak untuk mengikuti seleksi dan melakukan pengisian PDSS secara keseluruhan, proses yang akan dilakukan sekolah adalah mengisi semua data yang diperlukan.

Sistem seleksi SNMPTN mengharuskan pengisian PDSS untuk dapat mendaftar karena tanpa proses ini pendaftaran SNMPTN tidak bisa dilakukan atau dilanjutkan, memang setiap jalur masuk memiliki proporsi sendiri, tentu akan memiliki kekurangan dan kelebihan, termasuk diantarnaya adalah SNMPTN, seperti tujuan dari seleksi ini diprioritaskan untuk siswa yang berprestasi, karena jangan sampai mereka berprestasi selama sekolah tidak dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri.

Harapan pemerintah melalui SNMPTN siswa yang berprestasi tidak lagi capek-capek untuk seleksi ke perguruan tinggi karena SNMPTN dilakukan melalui sistem undangan, jangan sampai mereka yang berprestasi juara olimpiade tidak lulus SNMPTN, oleh karena itu sistem SNMPTN yang semula menggunakan sistem tertulis berubah menjadi Undangan.

Hal ini dinilai tepat, jadi perjuangan selama sekolah tidak akan terasa sia-sia, sistem seleksi SNMPTN akan memberikan kesempatan kepada dan memberikan ruang besar kepada para peserta yang masuk dalam katagori berprestasi, untuk yang tidak masuk dalam katagori harus bersabar dan memilih jalur umum, biarkan jalur SNMPTN milik yang berprestasi.

Ada sedikit beda cerita apabila kalian sekolah salah satu sekolah unggulan atau memiliki akreditasi A maka sebagian besar peserta dapat mengikuti pendaftaran SNMPTN karena sekitar 50% dari total siswa yang ada disekolah tersebut akan memiliki kesempatan mendapatkan rekomendasi dari sekolah yang bersangkutan dan masuk dalam katagori siswa berprestasi.

Untuk sekolah yang berakreditasi B, C atau bahkan belum terakreditasi masih akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi meski kuota pendaftarnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan sekolah unggulan, berapapun dapat digunakan untuk mendapatkan kesempatan mengikuti SNMPTN, untuk melanjutkan informasi yang akan dibahas tersebut disini kami akan memberikan tutorial Pengisian PDSS SNMPTN yang bisa dilakukan baik oleh sekolah maupun siswa utnuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya.

Pola SNMPTN mengharuskan sekolah melakukan pengisian PDSS SNMPTN, pada proses ini siswa belum bisa melakukan pendaftaran dengan alasan belum direkomendasikan, apabila siswa yang bersangkutan sudah menerima Login dari sekolah barulah bisa melakukan pendaftaran SNMPTN sebelum tahap itu dilakukan dengan benar maka proses pendaftaran belum bisa dilakukan, semua informasi terkait dengan pendaftaran harus berdasarkan mekanisme apabila ada salah satu proses yang tidak sesuai maka kemungkinan proses pendaftaran tidak akan berlajan dengan lancar.

Adapun tugas sekolah dalam proses pengisian PDSS yaitu mengisi beberapa data yang berkaitan dengan penerimaan, mungkin sebagian sekolah sudah memahami hal tersebut secara rinci, pihak sekolah dapat menggunakan buku panduan SNMPTN dalam pengisian PDSS sampai dengan selesai, jika semua itu sudah terisi dengan benar akan ditandai penerimaan login siswa yang bersangkutan, baru kemudian menyerahkan login tersebut langsung kepada siswa.

Tujuannya agar siswa bisa verifikasi PDSS dan melakukan pendaftaran jika siswa yang bersangkutan menerima login dari sekolah maka sudah bisa melakukan pendaftaran, tahap awal yang harus dilakukan adalah verifikasi PDSS setelah proses ini sudah dilaksanakan dengan benar maka siswa yang melakukan pendaftaran dapat melaksanakan proses selanjutnya yaitu pendaftaran SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN meliputi beberapa hal terkait dengan pengisian formulir pendaftaran semua data harus diisi dengan benar, proses tersebut menyangkut dengan pengisian data diri, orang tua, prestasi dan masih banyak lain untuk itu siswa harus melengkapi semua data, apabila proses tersebut sudah selesai maka pendaftaran sudah dilakukan.

Tinggal menunggu jadwal pencetakan kartu SNMPTN saja namun pada kesempatan kali ini admin akan memberikan rincian mengenai beberapa hal terkait dengan Pengisian PDSS yang bisa kalian gunakan apabila sedang menghadapi permasalahan pendaftaran secara rinci informasi terkait dengan prosedur pengisian PDSS SNMPTN dapat diakses melalui situs resmi https://pdss.snmptn.ac.id/ untuk itu pastikan anda mengakses situs yang sama.

Peran sekolah dalam mengisi PDSS adalah wajib, tanpa pengisian yang dilakukan sekolah maka dipastikan siswa bersangkutan tidak akan dapat melaksankaan pendaftaran SNMPTN maka dari itu sangat penting bagi sekolah untuk memahami secara rinci mengenai tutorial pengisian PDSS diharpakan prosedur pendaftaran, untuk lebih jelas berikut informasi lengkap terkait dengan mekanisme pengisian PDSS.


Login PDSS SNMPTN

Pengisian PDSS Oleh Sekolah

Sekolah harus melakukan pendaftaran melalui situs resmi https://pdss.snmptn.ac.id/sekolah kemudian melakukan pendaftaran sesuai petunjuk untuk sekolah yang sudah terdapat langsung bisa melakukan "Login" pada situs tersebut dan mulai melakukan pengisian PDSS, adapun beberapa hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut tampilan Login situs PDSS.

Setelah memilih halaman untuk sekolah dari pangkalan data sekolah dan siswa ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi sekolah yang belum terdaftar dapat melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu setelah masuk pada halaman awal pendaftaran maka peserta harus memili halaman untuk sekolah setelah masuk maka akan tampil gamber seperti berikut.

Selanjutkan peserta dapat mengikuti langkah selanjutnya silahkan cari sekolah yang akan didaftarkan klik tombol cari akan muncul gambar seperti yang akan dilihat dibawah ini untuk lebih jelas berikut kami berikan informasinya.


Pada menu ligin akan tampil nama NIPSN, alamat dan password kemudian isi dengan benar jika sudah selesai maka lanjutkan dnegan Login nantinya akan muncol gambar seperti berikut ini untuk itu berikut kami berikan tampilan seperti apa jika sudah melakukan login.


Apabila sekolah baru login untuk pertama kali ada keterangan yang menjelaskan pendaftaran SNMPTN tahun ini anda dapat membaca panduan Pengisian PDSS apabila dibutuhkan sementara jika tidak dapat kembali pada menu utama, jika menglik kembali menu utama maka akan tampil seperti berikut. Untuk memerikas kembali akreditas  dengan upload format pdf untuk yang belum terisi.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali pada menu akreditasi mana yang kosong atau data yang perlu diperbaharui nantinya akan muncul gambar seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkapnya melalui gambar akan tampi seperti ini. Jika sudah selesai klik simpan.


Lupa Password.

Ini merupakan menu apabil sekolah mengalami permasalahan untuk melakukan pendaftaran terkait dengan password login, pihak sekolah dapat melakukan pemulihan password tersebut untuk itu berikut kami berikan tata caranya melalui petunjuk pendaftaran SNMPTN. Jika sekolah lupa password maka langsung melalui login recovery password.


Jangan lupa untuk memasukan NIPSN sekolah untuk melakukan reset password kemudian jika sudah klik kirim maka akan tampil kemudian peserta dapat melakukan reset password melalui panel mendapatkan password dengan menggungah dokumen, apabila mengikuti cara diatas reset password dilakukan melalui emal, yang paling mudah adalah melalui email saja nah ini merupakan tampilan bagi yang menggungah menggunakan dokumen.

Jika mengingkan ubah password dengan dokumen maka peserta akan langsung mendapatkan password yang diinginkan setelah dikirim apabila menggunakan cara melalui dokumen seperti pada gambar berikut ini.


Pendaftaran Sekolah Baru

Pada tutorial pendaftaran diatas merupakan salah satu prosedur yang bisa diikuti jika sekolah yang bersangkutan sudah terdaftar pada sistem PDSS SNMPTN, lalu bagaimana jika sekolah belum terdaftar, nah pihak sekolah dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui panel pendaftaran sekolah baru, pada proses pendaftaran terdapat dua katagori untuk pembahasan pertama kita akan bahas melalui.

Sekolah Sudah Ada Dalam Daftar PDSS.

Untuk sekolah yang sudah ada dalam daftar PDSS namun mengalami kasus apabila sekolah yang didaftarkan sudah dikenal dengan sistem PDSS maka akan sedikit berbeda sebab pada saat mendaftar peserta dapat menampilkan seperti pada gambar kalian tidak perlu merasa bingung untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkapnya.


Klik tombol lanjut apabila ingin melanjutkan proses pendaftaran namun sebelumnya hrus mengisi NPSN dan Nama Sekolah yang ada jika semua sudah bisa dilakukan dengan benar maka tahap selanjutnya akan ditampilkan pada gambar berikut. Isi semua data sekolah lengkap jika sudah selesai simpan perubahan sekolah.

Apabila semua prosedur pendaftaran sudah selesai maka sekolah sudah bisa melakukan login, seperti biasa pada saat login sekolah akan diminta untuk mengisi dan update akreditasi seperti pada toturial sebelumnya jangan lupa disimpan untuk mengisian maupun edit agar bisa dilaksanakan dengan benar maka proses selanjutnya bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Sekolah Belum Ada di Daftar PDSS.

Nah bagi sekolah yang belum perna sama sekali melakukan pendaftaran maka perlu dilakukan pengsian data lengkap berbeda dengan sekolah yang sudah terdeteksi namun belum mendaftaran untuk sekolah yang belum pernah sama sekali melakukan pendaftaran maka pada tampilan kunjungi situs https://pdss.snmptn.ac.id/school/register-baru baru kemudian akan tampil seperti pada gambar.


Masukan NPSN untuk klik melanjutkan kemudian setelah itu maka sekolah akan dilanjutkan pada berikutnya maka akan tampil seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut gambar yang akan mempermudah sekolah silahkan isi formulir seperti berikut.

Isi dengan lengkap semua data tersebut baru kemudian jika sudah selesai silahkan simpan pendaftaran sekolah hampir mirip dengan cara pendaftaran pada umumnya baru kemudian setelah melakukan pendaftaran ini jika sudah selesai apabila NPSN sudah benar maka dapat melanjutkan pendaftaran berikutnya.

Setelah proses diatas selesai maka Sekolah dapat melakukan login dan dapat mengubah password yang bawaan agar terjaga aman, setelah melakukan login akan tampil seperti biasa dasbor, maka pada menu ubah password sekolah dapat melakukan perubahan akan tampil seperti berikut ini.

Apabila proses ganti sudah dilakukan dengan benar maka sekolah dapat menganti dan melakukan perubahan pada data sekolah dengan semua ketentuan tersebut maka sekolah yang bersangkutana akan dapat menyunting data perihal sekolah untuk lebih rinci peserta dapat melakukan pendaftaran tersebut dengan benar selanjutnya perubahan akreditasi sampai selesai nah jika semua data terkait dengan pendaftaran maka sekolah baru bisa melakukan pegisian Data, pada proses ini sekolah akan dihadapkan pada.


Kurikulum

Pendefinisan Kurikulum.

Terdapat dua kurikulum yang bisa digunakna pada sekolah yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 tinggal sekolah anda menggunakan yang mana pada menu "Kurikulum" kemudian sekolah harus mengisi dengan ketentuan sebagai berikut.
  1. Kurikulum 2006 (KTSP) berbasis jam dengan nilai skala 100
  2. Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis jam dengan nilai skala 100
  3. Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis jam dengan nilai skala 4 dan skala 100 (nilai skala 100 tetap harus diisikan)
  4. Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis SKS dengan nilai skala 100
  5. Kurikulum 2013 (Kurtilas) berbasis SKS dengan nilai skala 4 dan skala 100 (nilai skala 100 tetap harus diisikan)

Kemudian setelah itu sekolah harus membuat kurikulum maksudnya didefinisikan setiap semester dan setiap tingkat sekolah dapat melihat ketentuannya melalui beberapa informasi ini untuk lebih jelas berikut informasi yang dibuat baik kels reguler atau akselerasi.

Kelas Reguler:
  1. Tkt X di TA 2014/2015, semester 1 dan 2
  2. Tkt XI di TA 2015/2016, semester 1 dan 2
  3. Tkt XII di TA 2016/2017, semester 1

Kelas Akselerasi 6 semester (jika ada):
  1. Tkt X di TA 2015/2016, semester 1, 2, dan 3
  2. Tkt XI di TA 2016/2017, semester 1 dan 2

Kelas Akselerasi 4 semester (jika ada):
  1. Tkt X di TA 2015/2016, semester 1 dan 2
  2. Tkt XI di TA 2016/2017, semester 1
Untuk ketentuan yang dimaksud berikut pada saat sekolah ingin melakukan pendaftaran dan mengakses panel untuk mekanisme daftar kurikulum pada menu "kurikulum" selanjutnya melakukan entri data terkait dengan kelas Reguler, Akselerasi 4 dan Akselersi 6 untuk lebih jelas berikut infomrasi lengkapnya. klik buat kurikulum akan tampil seperti berikut.


Pada tahap selanjutnya kurikulum yang harus dibuat persemester jika semua sudah dilakukan maka proses selanjutnya adalah melakukan seve untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap tekait dengan hal tersebut selanjutnya mengisi mata pelajaran yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada tahapan ini sekolah harus mengisi semua kkm, jam danstatus mapel, berkaitan mapel. untuk lebih jelas seperti pada gambar. Baik kurikulum 2006 dan 2013.

Untuk kurikulum 2013 akan tampi seperti pada gambar dibawah ini, perbedaannya adalah jumlah mapel yang lebih banyak dibandingkan dengan Kurikulum 2006 untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Isi semua KKM dan alokasi waktu klik on untuk memilih mapel yang ada,  jika semua sudah diisi dengan benar klik Simpan untuk membatalkan klik batal akan tampil seperti pada gambar berikut ini, untuk lebih jelas berikut informasinya.


Jika sudah selesai maka tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat hasil entri tersebut untuk itu semua informasi terkait dengan penerimaan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, akan tampil seperti ini.


Menyalin Dari Kurikulum Sebelumnya.

Untuk sekolah yang sudah melakukan pendaftaran rutin setiap tahun tidak perlu manual untuk uploada data karena dengan menyalin data kurikulum sebelumnya akn langsung muncul mekanisme pengisian ini dinilai lebih mudah dibandingkan dengan proses sebelumnya untuk lebih jelas seperti pada gambar berikut ini.


Mengubah Kurikulum.

Jika sekolah ingin melakukan perubahan untuk kurikulum yang sudah diisi maka dapat melakukan pengisian dengan ketentuan perubahan apabila anda ingin mengubah kurikulum jangan lupa untuk memperhatikan peringatan yang akan muncul apabila dihapus atau telah digunakan terdapat keterangannya, nah bigi sekolah yang ingin melakukan perubahan akan bisa dilakukan melalui cara pada gambar dan menekan tombol ubah.


Lanjut pada tahap berikutnya jika sudah selesai maka diharapkan untuk menyimpan perubahan semua itu akan terlampir seperti dibawah ini apabila semua proses perubahan telah dilaksanakan dan melanjutkan pada proses berikutnya akan tampil seperti pada gambar.

Mendaftar Kelas Baru

Apabila perlu dihapus silahkan klik hapus atau batal untuk tidak, semua berkas yang terisi maka akan tampil seperti pada awal sebelum data dirubah untuk melanjutkan untuk proses pengisian data PDSS Kurikulim sampai pada ini selesai dan melanjutkan ke berikutnya Pendaftaran Kelas, silahkan akses kesebalah kanan pada menu Kelas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Selanjutkan tambahakan kelas maka akan ditampilkan menuju ke halama berikutnya terdapat beberapa jurusan seperti IPA dan IPS seperti pada gambar dibawah ini untuk berikutnya sesuai dengan yang ada pada petunjuk.


Mengubah Nama Kelas.

Bagi yang merasa entri kelas sebelumnya belum tepat sekolah dapat mengubahknya dengan mengakses ubah kelas kemudian akan tampil seperti pada gambar berikut ini untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya. Jika sudah diberuba jangan lupa simpan.


Menghapus Kelas.

Bagi sekolah yang melakukan salah entri dapat menghapus kelas yang telah dibuat dengan menyisipkan sesuai dengan ketetapan yang berlaku pada panel makan muncul seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah pasti maka silahkan kompirmasi penghapusan untuk yang tidak jadi silahkan batal jangan lupa untuk simpan, proses penghapusan atau melanjutkan.




Pengisian Data Sekolah

Untuk proses selanjutnya adalah mengisi data sekolah dengan cara tambhan kelas dan Nama Kelas NISN klik Simpan pastikan enteri data yang dilakukan berupa NISN belum pernah dilakukan sebelumnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.


Jika sudah klik simpan akan tampil beberapa hal seperti berikut ini untuk lebih rinci berikut ganbar dibawah ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku, didalam proses ini akan menampilkan form sebagai berikut. Isi Kleas dan tingkat jika sudah selesai jangan lupa untuk simpan.


Mengisi Data Sisawa Perkelas.

Unggah daftar siswa dan templet kemudian lakukan browse maka akan ditampilkan data yang harus dilakukan seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut informasi lengkap sesuai dengan pengisian data siswa perkelas.


Setelah data yang diupload sudah benar maka maka akan tampil seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut rincian pendaftaran sesuai dengan hasil yang telah diupload jika sudah benar akan menampilkan data seperti pada gambar.


Nantinya sistm akan memverifikasi secara otomatis sama seperti mengisi data siswa perorangan. selanjutnya Jika sekolah melakukan pengisian dari data tahun lalu akan lebih mudah, akan ditampilkan seperti pada gambar dibawah ini.


Selanjutnya isi siswa naik kelas jika sudah silahkan ceklist kemudian untuk melanjutkan proses berikutnya adalah untuk yang tidak naik kelas silahkan ceklist jika sudah silahkan simpan akan ditampilkan seperti pada gambar berikut ini.


Jangan lupa untuk simpan setelah selesai maka akan dilanjutkan melalui prosedur berikutnya sampai pada proses ini semua pendaftaran sudah selesai berlajut pada proses berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Mengubah Data Siswa.

Jika data yang telah tersipan sebelumnya ternyata memiliki kesalahan maka prosedur yang harus dilakukan adalah meninjau kembali beberapa hal terkait dengan prosedur tersebut sekolah bisa mengubah data dengan melakukan langkah seperti pada gambar jangan lupa untuk simpan setelah melakukan perubahan.



Menghapus Data Siswa.

Apabila data dianggap kurang tepat dan harus dihapus maka prosedur ini dilakukan sesuai dengan ketentuan pendaftaran jika prosedur pendaftaran dilaksanakan dengan benar maka proses ini cukup mengikuti prosedur pada gambar selanjutnya klik simpan.



Pengisian Nilai Siswa.

Isi Nilai peserta pada panel yang sama kemudina untuk melakukan pengisian nilai jika sudah diklik maka proses selanjutnya adalah melakukan pengisian akan tampil jika sudah klik Isi Nilai seperti pada gambar berikut ini.


Nilai Skala 4 dan 100.

Pengisian Nilai dengan skala 4 dan 100 untuk lebih jelas berikut kami berikan gambar lengkap apbila dilakukan pengisian nilai untuk lebih jelas berikut kami berikan seperti berikut sesuai dengan ketentuan pengisian. Jika susah selesai klik simpan.

Kurikulum Berbasi SKS.

Untuk sekolah yang memiliki basis sks biasnya sekolah unggulan dan sekolah dengan kebijakan tertentu dapat mengikuti pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dapat dilihat dibawah ini sesuai dengan pada gambar.


Setelah nilai diunggah maka sekolah dapat menyelesaikan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku silahkan klik simpan untuk lebih jelas berikut kami berikan gambar hasil dari pengisian nilai yang sudah dilakukan seperti pada keterangan gambar berikut ini lakukan unggah data saat memasukan sebelum simpan.


Jika sudah disimpan akan tampil seperti pada berikut ini untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkapnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan jadi gambar seperti berikut ini bisa dilihat secara rinci Simpan Nilai.

Selanjutnya sekolah bisa melakukan validasi terhadap prosedur yang telah dilakukan pada bagian ini akan tampil seperti berikut ini sesuai dengan apa yang telah dijelaskan untuk lebih jelas berikut gambar lengkapnya.


Mengisi Nilai Siswa Perkelas (Track Berbeda)

Selanjutnya Mengisi Nilai Siswa Perkelas (Track Berbeda) Jika terdapat track berbeda dengan maka sekolah perlu mengunggah datanya juga untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini simak selengkapnya.


Mengubah Nilai Siswa

Apabila terdapat kesalahan jangan kwatir sekolah dapat melakukan perubahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku selanjutnya dapat melakukan prosedur pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada gambar dibawah ini. Jangan Lupa untuk Simpan jika sudah selesai.


Mengisi Nilai Remidial.

Selaku sekolah juga harus melakukan entri nilai remedial apabila siswa tidak pernah remedi tidak perlu diisi sekolah dapat mengentri dan melakukan pengisian editing dan lainnya semua bisa dilakukan melalui panel ini berikut kami berikan gambarnya. Cari Siswa kemudian klik pada bagian nama siswa isi remidial.


Memperbaiki Nilai Siswa Setelah Sekolah Melakukan Finalisasi 

Selanjutnya proses Jika sekolah telah melakukan finalisasi, maka sekolah tidak dapat melakukan pengisian PDSS. Sekolah hanya diperbolehkan memperbaiki nilai siswa jika ada kesalahan. Perbaiki nilai siswa melalui menu Perbaikan Nilai Siswa. Menu ini hanya akan muncul jika sekolah sudah melakukan finalisasi. Sebelum nilai diverifikasi oleh siswa maka perubahan bisa tetap dilakukan, namun jika sudah dilakukan tidak bisa lagi diberuh.


Menambahkan Status Khusus siswa yang akan melakukan entri khusus daftar siswa calon lulusan untuk lebih jelas berikut informasi lengkap terkait dengan perubahan berikut gambar untuk penambahan status khusus.


Finalisasi Pengisian PDSS

Sekolah harus melakukan finalisasi pada saat semua berkas sudah diisi dengan benar maka proses selanjutnya akan muncul prosedur finalisasi saat semua sudah diisi dengan benar, semua informasi tersebut dapat dilihat seperti pada gambar berikut ini.


Jangan lupa undah templete surat kemudian jika semua sudah dilakukan finalisasi maka proses selanjutnya mendownload hasil berupa undah surat peryataan yang bisa download setelah itu dapat melanjutkan proses berikutnya.


Mengundah Password Siswa.

Password siswa hanya dapat diunduh jika sekolah sudah melakukan finalisasi pengisian PDSS. Untuk mengunduh password siswa, masuk ke kelas kemudian pilih menu Password Siswa. Menu ini hanya akan muncul jika sekolah sudah melakukan finalisasi pengisian PDSS.


Berikut hasil dari download password dari hasil pengisian PDSS oleh sekolah untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap mengenai hasil dari download PDSS untuk lebih jelas seperti berikut ini.


Bisa dilakukan perubahan bagi sekolah yang ingin merubah password bawaaan tersebut apabila tidak dilakukan harap segera memberikan kepada siswa yang bersangkuatan untuk perubahan password dapat dilakukan melalui menu berikut.



Jika sekolah sudah melakukan tahap pengisian PDSS ditandai dengan menerima Password dari sekolah maka sudah pasti prosedur selanjutnya diserahkan pada siswa pengisian PDSS oleh sekolah harus dilakukan untuk memverifikasi pengian tersebut sudah bisa dilakukan oleh siswa yang bersangkutan untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap mengenai tutorial Pengisian SNMPTN. Cara Pengisian PDSS Siswa 2017/2018.

Nah jika semua proses pendaftaran sudah dilakukan dengan benar maka peserta seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bisa melakukan pendaftaran, namun informasi yang akan admin sampaikan hanya berfokus pada Pengisian PDSS saja, selebihnya dapat dibaca melalui artikel berikutnya, dengan demikian proses pengisian PDSS SNMPTN yang sudah dilakukan semoga bisa memberikan manfaat.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan pendaftaran khusus kampus ini dilaksanakan melalui online sesuai dengan ketentuan sebelum melanjutkan pendaftaran atau Pengisian PDSS SNMPTN Siswa atau verifikasi Siswa, handaknya sekolah mengcroscek data tersebut karena jika sudah dilakukan verifikasi maka data tidak akan bisa dirubah.

Demikianlah informasi yang telah diberikan semoga bisa memberikan manfaat untuk pihak sekolah informasi ini juga dapat diakses melalui situs resmi PDSS SNMPTN semoga dapat membantu pihak sekolah pada saat melakukan pengisian Pendaftaran SNMPTN, selain itu buku pedoman dapat dilaksanakan melalui online terima kasih semoga bermanfaat.
Sekolah Pramugari