Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id 2017/2018

SNMPTN.ac.id - Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id simak Pendaftaran SNMPTN.ac.id 2017/2018 melalui Pendaftaran SNMPTN Lengkap simak Pendaftaran SNMPTN 2017/2018. Menarik sekali jika kita sudah membahas mengenai Pendaftaran SNMPTN, ada beberapa hal yang penting untuk kita simak secara rinci hal ini berkaitan dengan prosedur pendaftaran dan mekanisme lainnya yang ada pada situs resmi SNMPTN. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur undangan yang diprioritaskan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi selama sekolah.

Diharapkan siswa yang berprestasi tidak kesulitan mencari jalur masuk dan prestasi yang telah didapat dapat berguna saat masuk ke perguruan tinggi negeri, meski kenyataannya tidak semua yang akan lulus tetapi paling tidak sudah mencoba mendaftar, tahun ini Pendaftaran SNMPTN diklaim lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.



Pendaftaran Online SNMPTN.ac.id 2017/2018

Hal ini sudah disampaikan pada saat peluncuran SNMPTN dan SBMPTN beberapa waktu lalu, bahkan dipublikasikan melalui situs resmi RistekDikti, namun kita bukan membahas hal ini poin penting dari pembahasan kali ini adalah mekanisme pendaftaran SNMPTN tahun ini diharapkan proses ini dapat dilakukan dengan lebih mudah, proses singkat akan memudahkan siswa melakukan pendaftaran SNMPTN.

Bahkan tidak hanya Siswa saja tetapi sekolah juga akan merasakan manfaatnya poin penting dalam pelaksanaan SNMPTN bukan terletak pada kemudahan tetapi menjaring sebanyak-banyaknya siswa berprestasi melalui jalur ini, tahun menjadi tahun berbeda, untuk kuota pendaftaran memang sedikit menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Diharapkan antusias pendaftaran dari masing-masing sekolah tidak berkurang biasanya menurut data tahun sebelumnya pendaftaran SNMPTN menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan jalur lain meski sifatnya undangan, biasanya pihak sekolah akan merekomendasikan seluruh siswa yang ada disekolahnya namun tidak semua yang akan mendapatkan password terkait dengan pendaftaran tersebut.

Biasanya sekolah yang memiliki akreditasi baik lebih berani melakukan hal ini sementara sekolah yang belum begitu baik biasanya memiliki siswa agar dapat mendaftar SNMPTN dimana siswa yang akan didaftarkan sudah masuk kriteria terlebih dahulu, selanjutnya semua siswa yang sudah mendaftar akan mendapatkan kesempatan mengisi data pendaftaran SNMPTN.

Untuk lebih jelas berikut admin berikan beberapa informasi terkait dengan mekanisme pendaftaran yang bisa diikuti mulai dari awal namun sebelum sampai pada poin penting disini admin akan memberikan informasi ketentuan baik secara umum maupun secara khusus sampai dengan proses selesai untuk lebih jelas berikut informasi terkait dengan pendaftaran SNMPTN dikutip dari Ristek Dikti.

SNMPTN memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah menengah atas baik itu SMA/SMK/MA/atau MAK untuk dapat mengikuti seleksi selain itu SNMPTN juga memberikan kesempatan kepada SRI atau sekolah republik Indonesia yang ada di luar negeri agar bisa mengikuti seleksi SNMPTN melalui online, untuk sekolah yang mendaftar SNMPTN tidak akan dikenakan biaya pendaftaran apapun atau ditanggung pemerintah.

SNMPTN membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjaring masiswa berprestasi selama agar dapat mengikuti seleksi SNMPTN, untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi mengenai Ketentuan umum dan ketentuan umum peserta yang bisa mengikuti seleksi untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya.


Ketentuan Umum.

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) s.d 5 (lima) bagi SMA/SMK/MA atau sederajat dengan masa belajar 3 (tiga) tahun ATAU semester 1 (satu) s.d 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun SERTA portofolio akademik. 
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa 
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS 
  4. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak akademik di PDSS 
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Ketentuan Khusus Persyaratan Siswa.

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2017, yang memiliki prestasi unggul, yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut: Akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya Akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya Akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya Akreditasi lainnya, 5% terbaik di sekolahnya 
  2. memiliki NISN dan terdaftar di PDSS 
  3. memiliki nilai rapor semester 1 s.d 5 bagi SMA/SMK/ MA atau sederajat 3 (tiga) tahun ATAU semester 1 s.d 7 bagi SMK 4 (tahun) yang telah diisikan pada PDSS 
  4. memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN terkait).

Ketentuan Khusus Persyaratan Sekolah.

Sekolah yang siswanya BERHAK mengikuti SNMPTN adalah SMA, MA, SMK negeri maupun swasta (termasuk Sekolah Republik Indonesia di luar negeri) yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.


Ketentuan Khusus Penerimaan di PTN.

Peserta diterima di PTN, jika Lulus Satuan Pendidikan, Lulus SNMPTN 2017, dan Lulus Verifikasi Data serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


Terdapat pendaftaran SNMPTN secara sistematis yang tidak boleh tertinggal satu bagian pun, berikut kami berikan uraian menengani pendaftaran secara rinci mulai dari awal pendaftaran sampai dengan selesai untuk lebih jelas berikut info kerkait dengan proses pendaftaran dan urutan yang harus dilakukan saat mendaftar untuk lebih jelas berikut informasi yang bisa kami berikan.


Pengisian PDSS SNMPTN.

Pada awal pendaftaran sekolah akan memberikan rekomendasi kepada siswa yang akan mengikuti seleksi pada proses ini prosedur rekomendasi harus dilakukan sekolah, pada proses ini sekolah diwajibkan mengisi semua entri data terkait prestasi dan nilai rapot siswa yang akan direkomendasikan setelah proses rekomendasi pengisian PDSS SNMPTN selesai maka dapat melanjutkan proses berikutnya.


Verifikasi PDSS SNMPTN 

Setelah proses pengisian PDSS SNMPTN selesai maka sekolah diwajibkan untuk melakukan verifikasi pendaftaran melalui situs yang sama pertama verifikasi dilakukan oleh sekolah memastikan apakah data yang telah terisi sudah benar baru setelah itu giliran siswa melakukan login menggunakan NISN dan Password yang diberikan sekolah, verifikasi SNMPTN dilakukan untuk mengecek apakah data nilai rapot sudah benar atau belum, apabila sudah dilakukan verifikasi oleh siswa maka data tidak akan bisa diedit lagi lanjut pada proses berikutnya.


Pendaftaran SNMPTN.

Mekanisme pendaftaran dilakukan melalui situs resmi snmptn ataupun web.snmptn.ac.id kemudian siswa login dengan username dan password yang telah diberikan sekolah, siswa yang bisa melakukan pendaftaran hanya yang memenuhi persyaratan dan kriteria untuk lebih jelas berikut rincian mengenai Pendaftaran SNMPTN.
  1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, dengan menggunakan NISN dan Password untuk melakukan login ke laman http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran 
  2. Pendaftaran pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti prestasi terkait yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah, menggunakan pedoman borang isian yang dapat diunduh (download) dari laman http://www.snmptn.ac.id 
  3. Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Proses Seleksi SNMPTN.

Bagi yang sudah melakukan pendaftaran tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah menunggu proses seleksi terdapat beberapa tahapan yang bisa dilihat melalui ketetapan panitia khusus SNMPTN untuk lebih jelas berikut informasinya.

  1. Pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. 
  2. Pendaftar yang memilih di 2 (dua) PTN, jika tidak lulus di PTN 1 maka akan diseleksi di PTN 2 berdasarkan urutan pilihan program studi.

Pengumuman Kelulusan SNMPTN.

Jika semua proses seleksi sudah selesai tinggal menunggu hasil dari pengumuman SNMPTN, melalui situs ini diharapkan dapat mengakses pengumuman SNMPTN, melalui situs yang sama pendaftaran SNMPTN dapat diakses melalui situs resmi Pengumuman.SNMPTN.ac.id atau SNMPTN.ac.id kemudian silahkan masukan nomor tes SNMPTN dan tanggal lahir setelah selesai lihat hasil. Apapun hasilnya pasti itu yang terbaik bagi anda syukuri dan tetap sabar.


Pendaftaran Ulang SNMPTN.

Bagi yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN jangan berhenti sampai disitu saja karena ada hal penting yang harus dilakukan oleh peserta SNMPTN yang lulus yaitu melakukan Pendaftaran Ulang SNMPTN secara online untuk verifikasi kelulusan anda, apabila siswa yang lulus tidak melakukan pendaftaran ulang maka dipastikan status kelulusan akan dicabut. Biasaya pendaftaran dilakukan melalui masing-masing kampus dengan melampirkan semua persyaratan pendaftaran Ulang mahasiswa yang lulus SNMPTN. Kemudian langsung datang ke BAAK dan melakukan pendaftaran ulang pada tanggal yang sudah ditetapkan.


Sedikit tambahan informasi untuk sekolah yang terbukti melakukan kecurangan SNMPTN maka akan dikenakan sangsi berupa sekolah tersebut tidak akan bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN pada tahun berikutnya, sementara bagi siswa yang terbukti melakukan kecurangan maka akan dikenakan sangsi berupa status kelulusan SNMPTNnya akan dicabut oleh panitia jadi jangan coba main-main dan melakukan kecurangan SNMPTN jika masih ingin sekolah tetap ikut SNMPTN tahun depan.

Sistem panitia SNMPTN setiap tahun terus bergeser ke beberapa kampus yang berbeda seperti tahun ini, maka dari itu SNMPTN merupakan moment yang jarang dan sangat ditunggu setiap tahun, karena seleksi ini hanya akan dilakukan satu tahun sekali apabila gagal ditahun ini siswa tidak akan memiliki kesempatan tahun berikutnya jadi manfaatkan kesempatan emas tahun ini.

Melalui seleksi ini siswa akan melakukan beberapa kompetisi terkait dengan SNMPTN, sekaligus menjadi yang paling bergengsi khusus jalur Undangan, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, info yang sudah kami berikan dikutip dari situs resmi RistekDikti, apabila terdapat seputar pertanyaan dapat menghubungi kontak yang ada pada situs www.snmptn.ac.id.
GET IT ON Google Play