Panduan Pendaftaran SNBP SNPMB TA 2025/2026


https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id - Panduan Pendaftaran SNBP SNPMB TA 2025/2026 - Setelah sekolah selesai melakukan pengisian data maka prosedur pendaftaran sepenuhnya diberikan kepada siswa, tugas siswa dalam mendaftar SNBPadalah melakukan mengisi form online kemudian dilanjutkan dengan prosedur Pendaftaran, diharapkan siswa dapat melaksanakan dengan segera.

Untuk menghindari error situs biasanya setelah menjelang akhir pendaftaran SNBP situs resmi akan mengalami banyak pengunjung jadi disarankan setelah mendapatkan login diharapkan siswa dapat langsung melakukan pendaftaran, tanpa login yang diberikan dari sekolah dipastikan siswa yang bersangkutan tidak akan bisa melakukan pendaftaran maka dari itu jangan sampai tidak menyelesaikan prosudur ini.



Bagi siswa yang belum memahami secara rinci tentang prosedur pendaftaran yang dimaksud maka kami akan memberikan petunjuk pendaftaran kalian juga dapat membaca petunjuk pendaftaran melalui online pada situs https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id. Perlu dingat bahwa siswa yang akan mengikuti SNBP harus membuat akun LTMPT terlebih dahulu.

Untuk lebih jelas berikut kami berikan rincian mengenai Prosedur Pendaftaran SNBP yang bisa dilakukan oleh siswa untuk lebih jelas langkah yang harus dilalui melalui ketentuan pada ketetapan yang ada pada situs resmi pendaftaran SNBP seperti yang telah dijelaskan tidak usah berlama-lama lagi berkuti Panduan Pendaftaran SNBP.

 
Pendaftaran Akun
  1. Melakukan pendaftaran akun melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu Daftar
  3. Isi Form
  4. Validasi
  5. Finalisasi
  6. Selesai.
 
Pemeringkatan
  1. Untuk mengecek hasil pemeringkatan dapat dilaksanakan melalui situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Cek NISN dan lihat hasil.
  3. Lulus pemeringkatan dapat langsung login

Login Siswa
  1. Perlu diingat bahwa pendaftaran SNBP ini dilaksanakan melalui situs resmi https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id
  2. siswa yang bisa melakukan pendaftaran adalah yang memenuhi persyaratan dan telah lulus pemeringkatan dari sekolah 
  3. Masuk pada tampilan utama situs. Silahkan isi NISN dan Password.


Mengisi Form Pendaftaran 
  1. Pada pengisian Form Pendaftaran meliputi Data Siswa, 
  2. Biaya Pendidian di Sekolah 
  3. Data orang tua atau wali, 
  4. kompirmasi siswa atas data yang berikan 
  5. jangan lupa untuk ceklist kota yang menyatakan mematuhi persyaratan yang berlaku jika sudah selesai silakan klik Selesai dan Simpan.


Memilih PTN dan Program Studi.

  1. Siswa dapat memilih 2 program studi 1 diantaranya harus 1 provinsi dengan sekolah asal 
  2. Boleh memilih PTN, PTKIN, Politeknik Negeri sesuai data yang tersedia


Mengunggah Foto 
  1. Ini yang menarik meski sepele peserta harus melakukan uload foto dengan benar sesuai ketentuan yang ada yaitu foto resmi terlihat jelas setengah badan, 
  2. Dengan resolusi 400x600 pixel dengan 
  3. format JPG 
  4. ukuran tidak melebihi 1 Mb jika sudah 
  5. siap silahkan upload


Mengisi Prestasi.
  1. Setelah itu berlajut pada pengisian Prestasi daftar prestasi silahkan tambahkan prestasi berupa bidang prestasi, 
  2. tingkat presti  
  3. upload piagam 
  4. jika sudah selesai silahkan Simpan. 
  5. Kemudian dapat melanjutkan pada tahap berikutnya.


Mengisi Portopolio.
  1. Bagi kalian yang memilih program studi skil seperti olahraga, seni biasanya akan dibutuhkan portopolio untuk mendukung bukti otentik dari skill yang dimiliki
  2. Meliputi pengisian portopolio seperti bukti sertifikat atau video pendek
  3. Olahraga;  Seni Rupa, Desain, dan Kriya;  Tari (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Tari);  Teater (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Teater/Drama);  Musik (termasuk Sendratasik/Seni Pertunjukan opsi Musik);  Seni Karawitan;  Etnomusikologi;  Fotografi;  Film dan Televisi;  Seni Pedalangan.


Verifikasi Khusus Pelamar KIP Kuliah
  1. Proses verifikasi khusus pelamar beasiswa KIP Kuliah akan dilakukan otomatis pelamar cukup mendaftar dan menunggu sampai proses verifikasi selesai.
  2. Bagi pelamar yang bukan KIP Kuliah tidak perlu verifikasi dan dapat skip saja.


Finalisasi Pendaftaran.
  1. Apabila semua berkas diisi dengan benar maka tahap selanjutnya adalah melakkan finalisasi pendaftaran yang akan dilakukan oleh siswa
  2. prosedur ini berarti menyetujui semua berkas yang telah diisi dengan catatan benar
  3. kemudian jika sudah Finalisasi Pendaftaran ceklist semua formulir jika sudah selesai maka akan tampil hasil dari finalisasi berikut bukti pendaftaran.


Mencetak Kartu Peserta 
  1. Pencetakan kartu peserta dilakukan apabila prosedur pendaftaran sudah selesai dilakukan namun hal itu tidak bisa langsung dilakukan, 
  2. karena prosudur pendaftaran lainnya harus diisi berdasarkan ketentuan yang ada, 
  3. setelah kalian mengikuti Ujian atau dengan Nomor ujian sekolah dan tahun ujian, sebelum hal itu berlalu pencetakan belum bisa dilakukan.
  4. Print Out.


Lupa Password.
  1. Untuk siswa yang lupa password dapat melakukan pemulihan melalui situs yang sama dengan klik lupa password, yang perlu diingat bahwa jangan berikan kepada siapaun login anda untuk menjaga kerahasiaan data dan lainnya,
  2. Jika tidak silahkan lewatakan saja prosedur pendaftaran ini, sampai proses ini pendaftaran sudah benar.

Apabila cetak kartu sudah dilakukan maka siswa dapat mendolownload hasil kartu peserta SNBP sambil menunggu hasil dari seleksi, pelaksanakan seleksi hanya dilakukan satu hari kemudian setalah itu siswa dapat mengecek Pengumuaman dan melihat hasil dari SNBP, nah sampai pada prosedur ini pelaksanaan SNBP sudah dilakukan dengan benar.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan pendaftaran SNBP Siswa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, atua melalui prosedur yang sudah ditetapkan oleh panitia untuk itu semua yang telah dibahas harus dilakukan secara runtut, semoga informasi ini dapat membantu kalian dalam mengikuti pendaftaran SNBP semoga bermanfaat.