Jadwal UTBK SNBT 2024/2025


Jadwal UTBK SNBT 2024/2025 - Tanpa terasa pendaftaran SNBT akan segera dibuka, untuk kalian yang berminat mengikuti pendaftaran SNBT tentu harus mempersiapkan diri agar tidak terlewatkan, sesuai dengan Pendaftaran SNBP yang telah berkahir Kemdikbud melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mulai membuka penerimaan dan pendaftaran bagi mahasiswa baru.

Mereka yang belum berkesempatan lulus seleksi Undangan atau yang kecewa belum bisa mengikuti SNBP dapat mengikuti Jalur Tertulis Bersama keungulan jalur masuk ini adalah semua mahasiswa lulusan tiga tahun tarakhir dapat mendaftar tanpa perlu harus mendapatak rekomendasi dari sekolah.

Memang jika kita berbicara mengenai Rekomendasi sudah pasti tidak semua orang akan mendapatkan, lebih kepada siswa berprestasi namun untuk SNBT tidak berlaku, peserta dapat melakukan pendaftaran secara Mandiri, dengan ketentuan yang ada pada situs, namun untuk bisa mendaftar peserta harus membayar sejumlah uang pendaftaran.




Agar pelaksaan pendaftaran berlajan dengan Baik, para peserta dianjurkan membayarkan uang pendaftaran melalui Bank seperti Bank Mandiri, BNI dan tahun ini ditambah dengan kerjasama Bank seperti BRI, namun yang menjadi prioritas dibayar melalui Mandiri dan BNI untuk BRI belum dikompirmasi apakah bisa melakukan pembayaran pendaftaran SNBT atau tidak.

Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan untuk proses pendaftaran ini, melalui situs resmi SNBT peserta terlebih dahulu dapat mengakses situs resmi kemudian setelah itu peserta dapat melihat proses yang ada jika para peserta mengakses situs SNBT atau Pendaftaran SNBT akan tertera Login.

Tahap awal pendaftaran dilakukan melalui Login 1 dimana peserta dapat mengisi formulir pendaftaran secara online melalui situs yang telah disebutkan baru kemudian setelah itu peserta harus mengisi semua data dengan benar, jika sudah jangan lupa seve dan print, data Login 1 berisi ketentuan slip pembayaran SNBT, setelah itu bawalah slip pebayaran ke Bank bagi yang bingung dapat langsung ke teller.

Peserta akan ramai melakukan pembayaran tidak usah takut kalian dengan leluasa dapat bertanya apabila bingung, jangan lupa tutup terlebih dahulu situs yang sudah anda gunakan, setelah proses pendaftaran dari Bank Calon Mahasiswa yang ingin mengikuti SNBT akan mendapatkan bukti pembayaran berisi mengenai hasil dari pembayaran.

Kemudian terdapat PIN dan Kap yang ada pada slip pembayaran diharapkan merahasiakannya karena kalau sampai orang lain tau akan mereka gunakan untuk mendaftar sendiri jadi kalian akan rugi, ibaran pengisian pulsa PIN dan KAP merupakan nomor vocher pulsa yang tidak boleh orang lain tau, nah nantinya kalian harus melakukan Login 2 dengan ketentuan sudah membayar uang pendaftaran.

Biasanya biaya pendaftaran berkisaran 200 rb, paling banyak dibayar melalui Mandiri, setelah semua siap silahkan kembali login melalui situs Pendaftaran SNBT Login dimaksud adalah lanjutan pendaftaran, pada proses ini peserta harus mengisi semua formulir terkait dengan Data diri, Pendidikan, Data Orang tua dan formulir lainnya sampai dengan selesai.

Pada tahap awal peserta melakukan registrasi akun SNPMB, kemudian dilanjutkan mendaftar UTBK sampai dengan proses pendaftaran SNBT, jangan sampai ketinggalan karena dipastikan tidak bisa mengikuti pendaftaran SNBT bagi peserta yang tidak ikut UTBK.

Jika semua berkas sudah diisi dengan benar maka peserta akan sampai para proses finalisasi dimana jika sudah melakukan finalisasi pendaftaran sudah selesai. Jangan lupa upload foto yang ada sesuai dengan ketentuan ukuran, sampai pada proses pendaftaran SNBT selesai tahap akhir pendaftaran adalah mencetak Kartu Peserta.

Biasanya peserta sembari menunggu tanggal pelaksaan SNBT mempersiapkan pendaftaran lainnya seperti Pendaftaran Mandiri PTN atau Pendaftaran UMPN khusu Politeknik Negeri. Setelah membaca secara singkat mengenai Pendaftaran SNBT muncul pertanyaan "Kapan Pendaftaran SNBT dilaksanakan".

Jangan kwatir peserta dapat mengecek pendaftaran melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ seperti tahun-tahun sebelumnya pendaftaran akan dilaksanakan pada Bulan April hingga Mei pelaksaan pendaftaran biasanya tidak jauh berbeda setiap tahun pada umumnya apabila Pengumuman SNBP sudah selesai maka pendftaran SNBT langsung dibuka untuk lebih jelas berikut admin berikan rincian mengenai Jadwal SNBT berikut.

 

Jadwal SNBP

  • Pendaftaran Kouta Sekolah : 28 Desember 2023
  • Masa sanggah kuota sekolah : 28 Desember 2023 - 17 Januari 2024 
  • Pengisian PDSS : 09 Januari - 09 Februari 2024 
  • Pendaftaran SNBP : 14 - 28 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP : 28 Maret 2024

Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB. 

 

Jadwal UTBK-SNBT   

  • Pembuatan Akun SNPMB : 1 Januri Februari – 30 Maret 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 21 Maret -  05 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 30 April - 02 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 14 - 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT: 13 Juni 2024
  • Masa Unduh Sertifikat UTBK : 17 Juni - 31 Juli 2024
Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB

 

Ini merupakan data Jadwal pendaftaran tahun kemarin namun biasanya tidak begikut berbeda nantinya apila sudah update akan kami berikan kembali sesuai dengan yang tertera pada situs SNBT jadi bagi kalian yang sudah atau ingin mendaftaran silahkan ikuti pendaftaran sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Kemudian bagi yang sudah melakukan pendaftaran agar sekiranya dapat mengikuti proses seleksi SNBT untuk kalian yang masih bingung kapan pelaksanaam seleksi kami juga akan berikan informasi lengkap, peserta SNBT dapat mengecek tempat tes satu hari sebelum seleksi SNBT berlangsung pada waktu yang telah ditetapkan padat dicek melalui situs resmi SNBT.

Semua informasi yang telah admin berikan dapat diakses melalui situs resmi SNBT, apabila ada info pembaruan maka akan segera kami informasikan bagi kalian yang ingin mendaftaran diharapkan melihat petunjuk pendaftaran SNBT yang ada agar tidak terjadi keselahan pada saat mendaftar. semoga apa yang telah diberikan bisa bermanfaat.

Demikianlah informasi yang dapat admin berikan, semoga dapat membantu peserta SNBT pada proses pendaftaran terutama bagi yang sedang mencari informasi jadwal SNBT, apabila ada pertanyaan seputar pendaftaran dapat dikirim melalui email resmi semoga bermanfaat.