Cara Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi 2017/2018

Bekasi.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi 2017/2018 melalui Pendaftaran SIAP PPDB Online Bekasi situs bekasi.siap-ppdb.com/ Hal Yang Penting Dalam Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi Tidak lama lagi sekolahan akan menyelenggarakan penerimaan peserta didik baru atau disebut dengan PPDB. Kehadiran pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi merupakan salah satu teknis yang diwajibkan dari Dinas Pendidikan saat ini. Penerapannya sudah mulai digalakkan tidak hanya dibekasi saja tetapi di banyak daerah. Hanya saja opimalisasi yang masih menjadi harapan seluruh pihak yang terlibat. 

Dalam tulisan ini akan dijelaskan bebearpa petunjuk yang harus dilakukan dalam menjalankan PPDB online ini. Kepala sekolah menjadi pionir terpenting dalam proses implementasi di sekolah. Apa yang harus dilakukan dan tidak bileh dilakukan oleh seorang pengendali dalam sekolah. Kegiatan PPDB kelancaran dan kesuksesannya tergantung pada pilar yang menjalankan yakni sekolah itu sendiri. 

Pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi

Kalau sekolah sebagai penyelenggaranya tidak memahaminya, bisa dipastikan proses penerimaan peserta didik secara online tidak akan berjalan dengan baik. Hanya akan menjadi angan belaka, dan tidak membuahkan hasil yang menjadi harapan yang telah direncanakan di awal. Berikut ini hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh sekolah.

Apa Yang Dilakukan?

Peran sekolah yang sangat penting harus mempunyai dasar yang jelas dalam menjalankan mekanisme baru PPDB ini. Sebagai acuan sekolah ada beberapa hal yanh harus dilakukan dalam menjalankan kegiatan PPDB ini. Tugas berat yang harus dijalankan dan tidak diperbolehkan menolaknya. Berikut ini penjelasannya.
Pahami terlebih dahulu bahwa kegiatan pendaftaran PPDB online Kota Bekasi ini adalah sebuah upaya dalam memberikan pemerataan terhadap pendidikan. Belajar adalah sebuah kewajiban yang tentunya harus diberikan kepada peserta didik (anak-anak). Apalagi di Indonesia sendiri telah menetapkan dalam peraturannya mengenai wajib belajar maksimal 9 tahun. 

Atau jika mengacu pada tarafnya adalah SMP. Tidak hanya beberapa daerah yang menerapkan ini tetapi sudah banyak wilayah termasuk Kota Bekasi. Peran sekolah yang begitu sentral memang tidak dapat mengakomodir anak atau peserta didik yang berada di wilayah sekolah tersebut. Maka dilakukan proses seleksi untuk bisa menerima peserta didik baru setiap tahunnya. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini. 

Anak dengan prestasi dan juga anda yang mengalami sesulitan finansial (tidak mampu). Bukan sebuah diskriminasi terhadap andak tetapi cara yang sangat bijaksana yang harus diambil oleh pemerintah dalam hal ini satuan pendidikan yakni sekolah. Penggunaan PPDB online ini jelas sangat menguntungkan karena prosesnya yang terbilang transparan. Apalagi hal ini sangat mempermudah masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya sebagai peserta didik.
Peran komite sekolah juga sentral dalam pelaksanaannya. Karena memang proses perencanaan dan pegawasannya berada dalam naungannya. Tidak lain ini menjadi salah satu kontribusi masyarakat dalam menjalankan sistem pelaksanaan sekolah. Dalam hal ini terkait dengan PPDB online. Kalau banyak andak yang memiliki kebutuan khusus maka itu ranahnya adalah Dinas Pendidikan. Ketika terjadi temuan semacam ini anda bisa langsung melayangkan pelaporan agar bisa mengambil langkah untuk memecahkan masalah tersebut.

Apa Yang Harus Dihindari?

Setelah anda mengetahui hal di atas tadi mengenai apa yang sekolah harus lakukan. Selanjutnya kita akan berbagi mengnai yang tidak disarankan untuk diberlakukan pada pendaftaran PPDB online Kota Bekasi. Butuh sebuah kehati hatian dalam penerapannya karena memang ini menjadi sebuah hal baru. Bukan hanya bagi masyarakat tetapi juga satuan pendidikan yang menjalankannya. Tiga hal yang perlu anda perhatikan agar tidak dijalankan oleh kepala sekolah.
Diskriminasi dalam menerima peserta didik baru. Artinya ketika sekolah menjalankan proses PPDB ini tidak boleh berpegang pada membeda bedakan peserta didik yang diterima. Sekolah memang berwewenang menjalankan sebuah kriteria tetapi tidak bisa berdasarkan poin seperti ekonomi budaya, sosial dan lainnya. 

Untuk mempermudah beberapa contoh misalkan, sekolah tidak bisa melihat diterima atau tidaknya siswa berdasarkan kelas sosial atau ekonomi di masyarakat. Aspek ekonimi seperti anak yang kaya dan punya dana banyak lebih dipilih untuk masuk dalam lingkup sekolah tersebut. Bentuk fisik juga tidak boleh termasuk kategori dalam melakukan penerimaan peserta didik baru. Kedua, dalam pendaftaran PPDB online Kota Bekasi, sangat dilarang terjadinya praktek KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme). 

Apa yang dicantumkan dalam peraturan perundang undangan harus menjadi acuan utama dalam proses PPDB. Di jalankannya sistem online PPDB memang menjadi jalan untuk meminimalisir terjadinya praktek yang semacam ini. Sebab sebelum mengunakan sistem ini sangat mudah ditemukan kegiatan yang KKN ini. hanya saja sangat tersembunyi dan sulit untuk diidentifikasi. 

Prinsip PPDB online yang terbuka, jujur dan adil ini setidaknya seperti angin penyejuk yang diharapkan mampu menghapus prektek KKN. Bagaimana mungkin kita bisa mencapai tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa kalau pilar penopaknya yakni sekolah sudah berkarat dan roboh. Menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dilakukan tindakan agar PPDB online bisa berjalan dengan maksimal.
Sistem dalam pendaftaran PPDB online Kota Bekasi ini sudah menjadi peraturan yang wajib dijalankan oleh seluruh satuan pendidikan. Oleh karena itu sangat tidak diperlukan lagi penentuan kebijakan kebijakan yang di setujui melalui musyawarah. Sebab memang untuk masalah kebijakan PPDB ini sudah jelas dalam aturan legal. 


Hal yang perlu dibutuhkan hanya pembahasan mengenai pelaksanaan teknis. Segi pelaksanaan PPDB ini seluruh satuan pendidikan bisa menggelarnya dengan sendiri. Sesuai dengan keberadaan sekolahnya dan kemampuan yang dimiliki sekolah itu sendiri. Pemangku kepentingan hanya menjalankan merencanakan dan mengawasi jalannya PPDB agar sesuai dengan apa yang telah disebutkan dalam peraturan negara mengenai pendidikan ini.

Untuk lebih jelas berikut admin berikan sedikit informasi terkait dengan proses pendaftaran yang bisa diikuti oleh peserta yang ingin mendaftar PPDB Online Kota Bekasi 2017/2018 untuk lebih rinci berikut kami berikan informasi lengkapnya sesuai dengan penerimaan yang ada secara rinci dapat dilihat sebagai berikut.


Untuk proses pendaftaran secara umum memiliki kesamaan ada beberapa mekanisme yang bisa diikuti namun dari beberapa jalur yang sudah dijelaskan bahwa mekanisme pendaftaran dapat dilihat seperti pertama calon siswa mengambil dan mengisi formulir pendaftaran selanjutnya calon siswa menyerahkan berkas pendaftaran, operator melakukan entri data pendaftaran. Proses berikut adalah calon siswa menerima tanda bukti pendaftaran yang telah diberikan merupakan alur pendaftaran Model A.


Untuk alur pendaftaran model B calon siswa harus mendaftar secara onlin kemudian mencetak tanda bukti pendaftaran setelah itu menyerahkan bukti beserta berkas persyaratan lain kepada operator untuk diverifikasi, apabila pendaftaran sudah dilakukan maka siswa tiggal menuggu proses berikutnya.


Melalui Alur Pendaftaran Model C dapat dilakukan oleh calon siswa dengan memverifikasi datanya ke sekolah, dan menerima akun untuk logi Siap PPDB, selanjunya calon siswa memilih dan mendaftar sekolah secara mandiri disitus PPDB Online biasanya dilaksanakan melalui online apabila sudah siswa dapat menyimpan nomor pendaftaran dan menunggu pengumuman secara online pula.

Untuk proses selanjutnya kalian bisa mengikuti alur pendaftaran Model D dengan cara Calon Siswa membuat akun di SIAP PPDB Online dan mentatat ID Akunya, selanjutnya mendatangi operator SIAP PPDB Online untuk diverifikasi akunnya, setelah itu siswa memilh dan mendaftar secara mandiri di situs SIAP PPDB Online kemudian apabila semua pendaftaran sudah selesai tiggal menunggu mengumuman saja.

Disini admin mendapat reguest dari pembaca untuk menambahkan Cara Mengaktifkan PIN PSB Kota Bekasi, untuk lebih jelas disini admin akan memberikan mekanisme pendaftaran sesuai dengan ketentuan lainnya untuk lebih rinci berikut kami berikan tutorialnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengaktifan PPDB Onine dapat dilakukan dengan mengakses situs resmi https://bekasi.siap-ppdb.com/ kemudian menuju menu utama, selanjutnya klik "Daftar" maka akan tampil seperti dibawah ini.


Pada proses berikutnya silahkan calon siswa memilih pendaftaran PPDB Kota Bekasi Jalur Mandiri maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini untuk lebih jelas seperti berikut klik "Aktivasi Akun".


Berikutnya peserta tinggal melakukan pengisian nomor dan token yang telah diperoleh kemudian isi cahpta yang ada, selanjutnya cari akun akan tampil seperti pada gambar berikut untuk lebih jelas seperti berikut.


Proses berikutnya adalah setelah melakukan tahapan diatas maka akan tampil proses selanjunya kalian tinggal memasukan Kata Sandi dan Kompirmasi Kata Sandi untuk lebih rinci seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah proses diatas maka calon siswa sudah berhasil melakukan aktivasi selanjutnya setelah selesai maka proses berikutnya yang harus dilakukan adalah login untuk melanjutkan prosedur pendaftaran berikutnya untuk lebih jelas hasil dari aktivasi akun seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah login calon siswa akan berada pada pilihan sekolah maka akan tampil seperti tampilan berikut ini untuk lebih jelas berikut langkah yang harus dilakukan seperti pada gambar dibawah ini sesuai dengan apa yang ditampilkan berikut.


Proses berikutnya yang harus dilakukan setelah mengklik pilih sekolah adalah melakukan pengisian sekolah anda untuk lebih jelas seperti yang akan ditampilkan pada gambar berikut ini sesuai dengan ketentuan berlaku. Jangan lupa klik Lanjut.


Setelah melakukan proses diatas maka calon siswa akan menuju pada tampilan berikutnya jangan lupa untuk ceklist atau centang apabila semua sudah selesai jangan lupa untuk simpan data untuk lebih rinci seperti pada gambar dibawah ini.


Apabila data sudah tersimpan maka perintah selanjutnya yang harus dilakukan adalah cetak bukti pendaftaran untuk lebih jelas berikut kami berikan seperti pada tampilan gambar klik "Cetak Bukti Pendaftaran".



Selanjutnya akan tampil seperti berikut hasil dari cetak bukti peserta harus disimpan karena ini akan menjadi bukti calon siswa melakukan pendaftaran apabil lulus nanti ini masih dibutukan untuk itu simpan terus bukti sampai pengumuman dilaksanakan akan tampil seperti pada gambar.


Tinggal proses seleksi pada tahapan ini akan tampil seperti ini sesuai dengan data dan beberapa ketetapan sebelumnya semoga dapat memberikan manfaat seperti pada gambar berikut ini sesuai tinggal menunggu hasil pengumuman saja.



Demikian tadi beberapa hal lebih tepatnya dua hal yang menjadi aspek terpenting dalam berjalannya pendaftaran PPDB Online Kota Bekasi. Bila mana ditemukan beberapa kejanggalan dalam tulisan ini menjadi sebuah kehilafan dari penulis. Dukungan harus terus diberikan kepadaa sekolah dan pemerintah dalam menerapkan maksimal jalannya PPDB ini. 

Sebagai catatan di akhir, bahwa jalannya PPDB ini memang banyak terjadi pro dan kontra di dalamnya tetapi dasar yang dibangun sangat jelas bahwa PPDB online ini diharapkan mempu menunjang penerimaan peserta didik lebih baik dan yang paling penting kemudahan khalayak luas. Fungsi inilah yang seharusnya dipahami seluruh aspek dalam pendidikan.
Sekolah Pramugari