Cara Pendaftaran Online UNIMUS 2017-2018

PMB.UNIMUS.ac.id - Info Cara khusus Pendaftaran kampus UNIMUS tahun 2017-2018 simak Pendaftaran secara Online kampus UNIMUS sesuai Pendaftaran khusus UNIMUS jika Pendaftaran dilaksanakn melalui Online segera cek PMB.UNIMUS.ac.id. Hai teman-teman seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai UNIMUS, mungkin sebagain dari kita belum mengetahui apa itu UNIMUS, seperti dikutip dari beberapa sumber merupakan singkatan dari Universits Muhammadiyah Semarang, pada umumnya kampus Muhammadiyah memiliki berbagai jurusan yang diunggulkan.

Salah satu yang paling banyak diminati adalah Fakultas Kedokteran yang ada di kampus ini siapa yang tidak ingin menjadi seorang dokter, selain jaminan masa depan terdapat beberapa nilai tambah yaitu tidak ada seorang dokter yang mengganggur setelah lulus pendidikan entah itu dokter umum atau dokter gigi, apalagi dokter spesialis.

Tingginya minat masyarakat terutama mahasiswa baru yang ingin kuliah kedokteran setiap tahun jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, tentu jika banyak peserta yang ingin mendaftar sudah pasti persaingan akan menjadi semakin ketat, nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulasi beberapa kampus perguruan tinggi swatas UNIMUS berikut kita akan berikan informasi terkait dengan poin pentingnnya.

Cara Pendaftaran UNIMUS 2017-2018

Pada umumnya Universits Muhammadiyah memiliki berbegai jalur masuk yang tersedia diantaranya adalah reguler, prestasi dan masih banyak lagi, untuk kampus Universits Muhammadiyah Semarang terdapat beberapa jalur masuk yang bisa diikuti oleh peserta jika menginginkan seleksi khusus untuk perguruan tinggi swasta ternama, berada di Provinsi Jawa Tengah menjadi tempat strategis untuk para peserta.

Untuk bisa mendaftar terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada kemudian melanjutkan beberapa hal terkait dengan penerimaan, seperti kita ketahui bahwa untuk bisa masuk kalian harus memilih jalur masuk yang tersedia bagi yang belum mengetahui disini akan diberikan informasi lengkapnya untuk lebih jeles simak selengkapnya dibawah ini.

Sebelum melanjutkan pendaftaran disini kita akan menjelaskan mekanisme pendaftaran yang bisa diikuti oleh para peserta diantaranya adalah Persyaratan yang harus dipenuhi, sistem seleksi melalui digital kemudian yang kedua adalah tes melalui tertulis untuk itu disini kami akan menginformasikan jenis tes yang dapat dipilih untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Persyaratan Umum :
  1. Lulusan SMA/MA/SMK
  2. Fotocopy ijazah dan SKHU legalisir (Bagi yang belum lulus
  3. fotocopy raport semester 1 - 5 dilegalisir)
  4. Fotocopy Surat Keterangan Lulus legalisir 1 lembar
  5. Pas photo warna ukuran 3 x 4 = 4 lembar ( Background Merah )
  6. Mengisi Form Pendaftaran Online
  7. Surat ijin belajar dari pimpinan instansi (bagi karyawan/pegawai)
  8. Tidak cacat fisik yang mengganggu kerja profesi

Persyaratan Khusus :

Bagi yang sudah memenuhi persyaratan pendaftaran langkah selanjutnya dapat mengikuti dan memilih jenis tes jika kalian memilih jalur tertulis kemudian untuk yang non tertulis juga tersedia, dan beberapa jalur beasiswa serta jalur khusus kedokteran untuk lebih jelas simak selengkapnya secara rinci seperti dibawah ini.


Jalur Tes Computer Based Test

Layanan tes yang dikenal dengan nama One Day Service adalah tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Calon mahasiswa datang mendaftar kemudian langsung melakukan tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung pengumuman. Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Semarang dan calon mahasiswa dapat memilih tiga program studi dari semua program studi di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Biaya Pendaftaran

Reguler (Non FK) : Rp.200.000,-. Lintas Jalur atau Kelas Khusus dan Profesi Ners : Rp.250.000,-. Biaya Tes Kesehatan: Tes Kesehatan Reguler (Prodi Kesehatan) : Rp.100.000,-.


Jalur Tes Paper Based Test 

PBT adalah pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa yang diselenggarakan secara tertulis. Semua calon mahasiswa untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi melakukan seleksi pola seleksi PBT. Khusus Fakultas Kedokteran tersebut, seleksi calon mahasiswa dilakukan dalam dua tahap yaitu PBT dan seleksi Tahap Kedua. Biaya Pendaftaran : Rp. 350.000,- Biaya Tes Kesehatan : Rp. 200.000,-.


Setelah melihat tes apa saja yang bisa diikuti peserta dapat memiliki seleksi dengan katagori Jalur Seleksi Non Kedokteran ataupun Jalur Seleksi Kedokteran dari masing-maisng jalur tersebut periode pendaftaran dibagi menjadi 3 gelombang, pertama awal tahun Januari-Mei, kedua pertengahan tahun Mei-Juli dan gelombang ke tiga dipenghujung tahun Agustus-September. Peserta yang berminat mendaftar dapat mengikuti seleksi seperti berikut ini.


Jalur Masuk Prestasi.

Merupakan jalur non tes yang bisa diikuti oleh peserta melalui situs http://pmb.unimus.ac.id dengan ketentuan Permasi yang dimaksud Sasaran Jalur Permasi adalah para siswa atau calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik. Syaratnya, siswa kelas XII SMA/MA/SMK pernah memiliki prestasi dengan menduduki peringkat 1-10 di kelas dapat mendaftar di Unimus dengan melampirkan fotokopi raport semester I-IV dan pas foto 3X4 (tiga lembar). Siswa hanya perlu membayar biaya pendaftaran Rp 100.000,- dan dapat memilih seluruh program studi yang ada di Unimus, termasuk S-1 Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Pada seleksi ini Unimus akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20% dari total kuota yang tetah ditetapkan.

Selain itu jalur Pemikat juga bisa diikuti melalui jalur non tes maksudnya Sasaran Jalur Pemikat merupakan seluruh siswa yang memiliki minat dan bakat khusus. Adapun minat dan bakat yang perlu dimiliki calon mahasiswa adalah prestasi-prestasi di bidang non akademik. Misalnya, Juara MTQ, Juara Karya Ilmiah Remaja, Juara Menyanyi, Juara Festival Seni Budaya, dan sebagainya. Untuk mendaftar pada kategori Pemikat, calon mahasiswa cukup menyertakan syarat fotokopi nilai raport semester I-IV, pas foto 3X4 (tiga lembar), dan fotokopi sertifikat kejuaraan minat dan bakat yang dimiliki. Sama dengan Jalur Permasi, seleksi pada jalur ini siswa membayar biaya pendaftaran Rp. 100.000,- dan dapat memilih seluruh prodi di Unimus, kecuali S-1 Pendidikan Dokter dan S-1 Pendidikan Dokter Gigi. Keuntungan bagi yang lolos pada seleksi jalur ini akan mendapatkan potongan biaya SPI s/d 50%.


Jalur Masuk Reguler  

Nah bagi kalian yang megikuti jalur reguler dapat memiliki sistem seleksi apakah CBT atau PBT hal itu dapat menjadi pilihan anda untuk yang ingin mengikuti seleksi jalur ini dikenakan biaya pendaftaran 200 rb untuk peserta, jalur ini merupakan salah satu jalur non kedokteran yang bisa diikuti dalam beberapa gelombang dengan sistem ujian tertulis. Pendaftaran dilaksanakan melalui http://pmb.unimus.ac.id.


Jalur Masuk Non Reguler/Profesi NERS.

Untuk seleksi jalur ini bisa anda ikuti dengan jalur seleksi non reguler dan profesi untuk prorgam profesi hanya dibuka beberapa prorgam studi seperti kesehatan, hukum, dan ekonomi dan memiliki perbedaan dengan jalur biasa karena biasanya diperuntukan untuk mereka yang sudah selesai kuliah dan ingin mendapatkan program keahlian, pendaftaran diaksakana melalui situs resmi http://pmb.unimus.ac.id peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar 250 rb.


Jalur Masuk Kedokteran.

Bagi kalian yang berminat mengikuti seleksi khusus untuk program studi kedoketaran dapat mengikuti seleksi reguler sesuai dengan ketentuan dari universitas kemudian anda juga dapat memiliki sistem seleksi CBT dan PBT sebagai salah satu proses pendaftaran, selain itu kedokteran UNIMUS juga membuka pendaftaran melalui Prestasi akademik. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs http://pmb.unimus.ac.id kemudian ikuti semua ketentuan sampai dengan selesai. Biaya pendaftaran 350 rb.


Jalur Masuk Beasiswa.

Ada dua jenis beasiswa yang ditwarkan UNIMUS yaitu beasiswa kurang mampu mencakup keseluruhan kemudian beasiswa prestasi yang dapat diikuti oleh peserta yang ingin mendaftaran maka dari itu untuk lebih jelas peserta yang dapat mendaftar jalur ini harus memenuhi semua kriteria seperti Salah satu kepedulian Unimus menjangkau mahasiswa yang tidak mampu diwujudkan melalui Program Beasiswa Dhuafa (Probea).

Program ini diperuntukkan bagi siswa dari keluarga tidak mampu maupun calon mahasiswa yang berasal dari Panti Asuhan. Calon mahasiswa dapat mengikuti seleksi tanpa dipungut biaya pendaftaran dengan menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau panti asuhan, serta surat rekomendasi pimpinan Muhammadiyah setempat bagi kader persyarikatan.

Kemudian syarat lainnya, calon mahasiswa menyertakan fotokopi nilai raport dari semester I-IV yang sudah dilegalisir, beserta surat permohonan beasiswa kepada Rektor. Mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Probea dapat memilih program studi yang ditawarkan Unimus dan wajib mengikuti proses seleksi.Pendaftaran dilaksanakan melalui online http://pmb.unimus.ac.id.

Selain itu ada juga jalur beasiswa perkoni untuk berprestasi bidang  olahraga. Guna mengembangkan bakat keolahragaan pada para mahasiswa sekaligus memfasilitasi bibit-bibit calon atlit, Unimus menyediakan Jalur Perkoni. Jalur ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki bakat sebagai atlit. Unimus tidak hanya membebaskan biaya kuliah kepada mahasiswa yang diterima melalui jalur ini, tetapi juga memberikan uang pembinaan.

Adapun calon mahasiswa dapat memilih program studi yang ditawarkan dan lolos seleksi. Syaratnya, calon mahasiswa harus memiliki sertifikat kejuaraan olahraga minimal tingkat kabupaten/kota, serta menyertakan surat rekomendasi dari KONI. Kemudian, fotokopi raport semester I-IV, dan surat permohonan beasiswa kepada Rektor. Untuk proses pendaftaran dilaksanakan melalui online situs resmi yang sama http://pmb.unimus.ac.id.


Jika kalian sudah dapat melakukan pendaftaran maka proses selanjutnya dapat melihat ancang-ancang pendaftaran, semua uang pendaftar dibayarkan melalui Nomor Rekening Resmi unimus: Bank Syariah Mandiri 5755559999 Hati-hati terhadap penipuan karena selain dari nomor resmi yang sudah disebutkan tidak ada bank lain, untuk lebih pasti kalian harus cek rekening pembayaran melalui situs resmi http://pmb.unimus.ac.id.

UNIMUS dalam websitenya selalu memberikan himbauan kepada masyarakat ataupun siswa dan berhati-hati terhadap bentuk penipaun yang mengatasnamakan Panitia seleksi UNIMUS terutama untuk kedokteran banyak sekali kasus sebelumnya penipuan berkedok dapat meloloskan dengan sejumlah uang. Perlu dipertegas bahwa hal tersebut tidak dibenarkan. Informasi yang didapat selain dari situs resmi http://pmb.unimus.ac.id bukanlah informasi resmi.

UNIMUS akan memberikan informasi biaya kuliah dan pembayaran melalui situs resmi jika kalian mendapatkan sms atua email yang mengatas namakan UNIMUS harus dicroscek kembali, demikianlah informasi yang saya dapat berikan semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi pendaftaran lainnya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play