Cara Pendaftaran Online UNPATTI 2017-2018

UNPATTI.ac.id - Melalui informasi Cara untuk Pendaftaran kampus UNPATTI tahun 2017-2018 simak Pendaftaran secara Online dan Cara serta pendaftaran kampus yang ada di Ambon ini, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai UNPATTI simak selengkapnya seputar pendaftaran kampus yang cukup termana ini, jangan sampai kalian melewatkanya begitu saja berikut informasinya.
 
Universitas Pattimura atau yang biasa disingkat Unpatti merupakan salah satu perguruan tinggi yang teletak di Maluku. Universitas ini diresmikan dengan nama Universitas Pattimura sejak tahun 1963. Unpatti kini telah memiliki 9 fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Kedoktera, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Pertanian, dan Teknik.

Universitas dengan denga 9 fakultas ini menawarkan 44 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendiddikan. Teman-teman pembaca bisa memilih prodi sesuai dengan keinginan. Saran admin, pilihlah prodi yang benar-benar menjadi keinginan kalian dan selaras dengan cita-cita. Sudah punya cita-cita kan? ini akan lebih mudah menyusun langkah untuk mencapainya.

Cara Pendaftaran UNPATTI 2017-2018
Bagaimana mengetahui prodi itu sesuai dengan cita-cita? Pelajari dengan baik, mulailah berkonsultasi dengan guru BK atau orang-orang yang paham tentang kependidikan. Setelah mendapat nasehat dan masukan dari mereka, cari informasi lengkap tentang prodi itu. Baca tentang mata kuliah apa saja yang akan dipelajari atau bisa juga bertanya dengan lulusan atau orang yang sedang berkuliah di prodi tsb. Setelah yakin bahwa prodi yang dipilih telah sesuai, kalian bisa mantap mendaftar di Unpatti yang bisa dilakukan melalui beberapa jalur berikut.




SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unpatti yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi (siswa pintar) di sekolahnya masing-masing melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/sederajat dan penyaringan portofolio akademik.

SNMPTN atau yang lebih dikenal dengan jalur undangan ini, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi si anak pintar untuk mengikuti seleksi tanpa biaya pendaftaran. Kalian bisa lulus SNMPTN jika nilai rapor masuk dalam perengkingan nasioanl sesuai kuota prodi Unpatti dan portofolio akademik memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Unpatti. SNMPTN buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang seleksi ini, kalian bisa membacanya di http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unpatti yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis ini berupa kumpulan soal pilihan ganda yang terdiri dari 3 kelompok soal. Untuk lulus seleksi ini kalian harus mengerjakannya dengan tepat dan cepat. 

Akan dilakukan perengkingan nilai hasil pengerjaan soal, bagi nilai yang masuk perengkingan sesuai kuota prodi akan bisa diterima di salah satu prodi di Unpatti. SBMPTN ini biasanya buka setelah SNMPTN, nah bagi kalian yang tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN masih punya kesempatan masuk Unpatti melalui seleksi ini. Info selengkapnya tentang SBMPTN bisa diakses melalui laman http://sbmptn.ac.id/



Jalur Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk Unpatti yang diberikan oleh pihak Unpatti melalui seleksi mandiri ujian tertulis. Hampir mirip seperti SBMPTN, pada seleksi ini ujian tertulis juga berupa butir soal pilihan ganda yang terdiri 3 kelompok soal. Kesempatan lulus seleksi ini lebih besar jika dibandngkan SNMPTN maupun SBMPTN karena pesertanya lebih sedikit dibandingkan 2 seleksi tsb. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SBMPTN, sehingga yang tidak berkesempatan/tidak lulus kedua seleksi di atas masih punya kesempatan masuk Unpatti melalui seleksi ini. Info selengkapnya tentang jalur mandiri bisa diakses melalui laman http://unpatti.ac.id/admisi/jalur-mandiri/



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat (melalui Dikti) kepada lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini pemeritah memberikan pembiayaan berupa biaya kuliah dan biaya hidup hingga lulus tepat waktu.

Untuk bisa kuliah melalui jalur bidikmisi, kalian harus mendaftar bidikmisi untuk mendapatkan ID kemudian mendaftar seleksi (bisa SNMPTN, SBMPTN, ataupun Jalur Mandiri) dengan ID yang telah diperoleh. Setelah mendaftar dan lulus seleksi, selamat! kalian bisa kuliah tanpa mengeluarkan biaya alias free. Info selengkapnya tentang Bidikmisi bisa dibaca melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unpatti yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Selalu ada kesempatan, kemauan kuat adalah kunci utama. Satu seleksi tertutup, bangkit dan ikuti seleksi berikutnya. Kegagalan dalam mengikuti seleksi menunjukkan bahwa seleksi tsb bukanlah jalan terbaik untuk kita. Bangkitlah dan siapkan "amunisi" untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Orang yang sukses adalah mereka yang biasa melakukan usaha lebih dari yang orang biasa lakukan. Dia yang menganggap kesuksesan adalah bonus dan prosesnya adalah kesuksesan sesungguhnya. Hingga usaha dijadikan sebagai kesenangan dan menjalaninya dengan sepenuh hati, bekerja keras dengan tulus.

Karena ketulusan dalam bekerja akan melahirkan usaha terbaik. Hingga waktu akan menjadi saksi setiap huruf "kesuksesan" yang kita susun. Bukan hanya itu, orang yang terbiasa give the best akan senantiasa enjoy dalam menaklukkan tiap tantangan, terutama dalam memecahkan masalah ketika berada dalam dunia universitas. Selmat berjuang! Smg sukes enantiasa mengiringi! Semangat!!!