Cara Pendaftaran Online UIN Walisongo 2018/2019

Walisongo.ac.id - Cara Pendaftaran Online UIN Walisongo 2018/2019 simak Cara Pendaftaran UIN Walisongo, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai pendaftaran dan penerimaan dan apa yang akan dibahas yaitu review Pendaftaran UIN Walisongo melalui informasi ini semoga kita dapat menarik kesimpulan dari apa yang akan dibahas, untuk itu simak selengkapnya dibawah ini.

Secara umum penerimaan UIN Walisongo memiliki beberapa informasi seputar pendaftaran dalam kesempatan ini kita fokuskan membahas menenai jalur masuk yang bisa diikuti oleh UIN Walisongo. Sebagai salah satu kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan masuk dalam jalur seleksi PTN maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama agar dapat mengikuti semua pendaftaran yang akan dilaksanakana secara online kampus UIN Walisongo memiliki beberapa jalur masuk yang bisa diikuti baik secara umum maupun secara khusus, jika dilihat dari bentuknya terdapat dua jenis jalur masuk yang bisa diikuti oleh para peserta diantaranya yaitu Undangan dan Tertulis.

Cara Pendaftaran UIN Walisongo

Jika kita rincikan Undangan memiliki dua jalur masuk yang bisa diikuti diantaranya adalah jalur seleksi untuk SNMPTN dan SPAN PTKIN, kemudina untuk jalur masuk tertulis terdapat SBMPTN dan UM PTKIN, selain itu terdapat juga beberapa jalur masuk Mandiri untuk itu kita perlu mengetahui secara rinci apa dan bagaimana jalur masuk ini bisa diikuti untuk lebih jelas simak selengkapnya.


1. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN Walisongo.

Nah bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi pendaftaran khusus jalur mandiri dapat melakukan serangkain tes yang sudah ditentukan oleh panitia seleksi melalui beberapa situs resmi http://jalurmandiri.walisongo.ac.id kemudian melakukan pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang ada jika sudah selesai jangan lupa setiap calon mahasiswa baru UIN Walisongo harus juga mengisi data diri melalui situs resmi http://datadiri.walisongo.ac.id/ sampai dengan selesai. Untuk lebih jelas berikut panduan pendaftarannya.

Persiapan pendaftaran UIN Walisongo Pastikan sebelum anda melakukan pendaftaran , silakan baca terlebih dulu halaman Cara Mendaftar dan komputer yang anda gunakan telah memiliki setidaknya: dapat diakses http://jalurmandiri.walisongo.ac.id/index.php/daftar/panduan
  1. Resolusi layar sama atau lebih dari 1024x768
  2. Koneksi internet yang stabil
  3. Kemampuan menyimpan dan membaca file PDF, dengan software seperti Adobe Reader, Foxit Reader

Adapun dokumen-dokumen yang perlu anda siapkan untuk mempercepat proses pendaftaran pada laman ini antara lain:
  1. Kartu Identitas Diri, bisa berupa KTP, SIM, Passport, atau lainnya
  2. Data Sekolah, seperti nama sekolah, nomor NPSN sekolah, dan nama jurusan/kelompok kelas sekolah
  3. Alamat e-Mail aktif (Untuk melihat PIN pendaftaran yang telah berhasil pada proses pendaftaran, cek SPAM atau Inbox/Kotak Masuk)

Peserta dikelompokkan pada dua kelompok:
  1. Kelompok IPA/IPC: berhak mengambil semua jurusan yang ada, termasuk Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Falak
  2. Kelompok IPS: hanya berhak mengambil semua jurusan SELAIN Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Ilmu Falak
Silakan klik pada kelompok yang anda inginkan.


2. Pendaftaran Jalur SNMPTN UIN Walisongo.

SNMPTN merupakan seleksi pendaftaran dan penerimaan khusus jalur masuk Nasional dimana bagi yang berminat mengikuti seleksi ini harus bisa menahan diri karena jika kalian tidak mendapatkan rekomendasi sekolah maka dipastikan tidak akan bisa mendapatkannya karena yang akan memberikan login untuk melakukan pendaftaran melalui www.snmptn.ac.id adalah sekolah dan itu diusulkan oleh sekolah yang bersangkutan tidak bisa melakukan pendaftaran secara sendiri-sendiri. seperti pada uraian berikut.

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan, dan (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa. Pengisian dan Verifikasi PDSS
  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. 
  • Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  • Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah maka data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.
Pemeringkatan
  • Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) pada semester tiga, semester empat dan semester lima.
  • Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN.
Pendaftaran SNMPTN
  • Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Pendaftar pada program studi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Pendaftar mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
  • Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.

3. Pendaftaran Jalur SBMPTN UIN Walisongo.

SBMPTN merupakan jalur masuk tertulis bersama yang akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia pendaftaran ini bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendaftar asalkan mereka melakukan pendaftaran secara mandiri atau diwakilkan, untuk mendaftar kalian cukup melakukan pendaftaran melalui online kemudian membayar uang pendaftaran untuk melengkapi proses pendaftaran kalian harus mengikuti petunjuk pendaftaran seperti dibawah ini.
  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  • Pendaftaran online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing (CBT). 

4. Pendaftaran Jalur SPAN PTKIN UIN Walisongo.

Mungkin kalian juga tidak asing lagi dengan seleksi satu ini dimana untuk bisa melakukan pendaftaran para peserta dapat mengikuti segala ketentuan yang ada pada situs resmi baru kemudian melakukan pendaftaran, sama seperti jalur masuk SNMPTN jalur ini membutuhkan rekomendasi sekolah dimana yang berhak mendaftar hanya mereka yang mendapatkan rekomendasi setelah itu baru bisa melakukan pendaftaran melalui www.span-ptkin.ac.id secara online tanpa biaya pendaftaran.


5. Pendaftaran Jalur UM PTKIN UIN Walisongo.

Nah kalo jalur masuk yang ini bisa diikuti melalui online tanpa harus mendapatkan rekomendasi sekolah bagi yang ingin melakukan pendaftaran cara cukup mudah lakukan melalui situs resmi www.um-ptkin.ac.id baru kemudian membayar uang pendaftaran dan ikuti semua proses pendaftaran seperti yang tertera pada situs resmi.


Bagi yang ingin mendaftar silahkan ikuti semua ketentuan yang ada kemudian pilih salah satu yang bisa diikuti untuk jalur masuk umum peserta hanya bisa melakukan pendaftaran sendiri hanya melalui jalur tertulis untuk jalur masuk undangan yang menentukan adalah sekolah, dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan ada 5 jalur masuk yang bisa kalian ikuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari masing-masing jalur masuk.

Selain itu untuk tambahan kalian dapat melakukan pendaftaran untuk beasiswa Bidik Misi pendaftaran dilaksanakan melalui online http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ selanjutnya anda verifikasi pendaftaran dari jalur masuk yang ada, jika sudah selesai maka pendaftaran bisa dilakukan dengan mengikuti seleksi yang sudah dijelaskan diatas, peserta cukup mendaftar kemudian verifikasi sampai dengan selesai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play