Cara Pendaftaran Online UNSOED 2017-2018

UNSOED - Berikut Cara Pendaftaran kampus UNSOED tahun 2017-2018 simak Universitas akrab disapa UNSOED kepanjangan Universitas Jenderal Soedirman atau yang bisa disingkat dengan UNSOED merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Universitas ini berdiri pada tahun 1963 dan kini telah memiliki 12 fakultas yang terdiri dari Fakultas Pertanian, Biologi, Ekonomi dan Bisnis, Peternakan, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Ilmu-ilmu Kesehatan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan perikanan dan Ilmu Kelautan.

Memiliki  12 Fakultas ini menawarkan 39 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Kalian bisa memilih prodi apa saja, sesuai kebutuhan dan minat masing-masing. Masih bigung menentukan pilihan? Admin punya tips memilih prodi yang sesuai untuk teman-teman pembaca. Sebaiknya pilih prodi yang sejalan dengan cita-cita, "Prodi apa ya yang bisa membatu saya mencapai cita-cita?" Karena ibarat sebuah perjalanan panjang, pilihlah jalan yang akan mengantarkan pada tujuan, jalan tercepat dan benar.

"Semakin tepat pilihan prodi, semakin mendekatkan pada cita-cita". Ketika lulus kuliah, seperti tinggal selangkah lagi mencpai mimpi. Bukan hanya itu, keselarasan prodi dan cita-cita juga akan membuat kita menikmati setiap prosesya. Baik proses pedaftaran maupun proses perkuliahan. yang paling penting setiap tantangan yang ada dalam dunia universitas akan ditaklukkan degan suka cita. Tidak ada keterpaksaan maupun kata "lelah". Semangat menigkat, prestasi melesat, proses menyenangkan. Luar biasa bukan??

Cara Pendaftaran UNSOED

Nah jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa menadaftar Unsoed melalui beberapa jalur berikut.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi (si anak pintar) di sekolahnya melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/Sederajat dan  penyaringan portofolio akademik.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor masuk perengkingan sesuai kuota prodi secara nasional dan memenuhi syarat khusus terkait portofolio akademik yang ditentukan oleh pihak Unsoed. Pendaftaran SNMPTN ini buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN bisa membacanya di laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis dari seleksi ini berupa butir-butir soal pilihhan ganda, terdiri dari 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.

Dalam mengerjakan soal ujian, sebaiknya (1) kerjakan kelompok soal yang disukai terlebih dahulu, (2) kerjakan soal-soal yang dianggap mudah, dan (3) kerjakan soal jika yakin akan kebenarannya (setiap soal benar bernilai +4, salah  -1, dan tidak di isi 0). Kalian akan lulus seleksi ini jika nilai hasil pengerjaan soal masuk perengkingan sesuai kuota prodi. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN bisa membacanya di halaman http://sbmptn.ac.id/



SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan sebuah kesempatan masuk Unsoed yang diberikan oleh pihak Unsoed kepada lulusan SMA/sederajat melalui seleksi mandiri ujian tertulis. Jalur ini disebut juga seleksi mandiri, artinya diselenggarakan oleh pihak Unsoed sendiri. Ujian tertulis pada seleksi mandiri ini, terdiri dari butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai hasil pengerjaan soal masuk perengkingan sesuai kuota prodi yang ditentukan oleh pihak Unsoed. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SBMPTN, untuk info selengkapnya tentang SPMB, bisa mengakses laman https://spmb.unsoed.ac.id/



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini pemerintah akan mendanai biaya kuliah dan juga biaya hidup hingga lulus tepat waktu.

Untuk bisa mendaftar Unsoed melalui bidikmisi, kalian harus melakukan pendaftaran bidikmisi (untuk mendapatkan ID) selanjutnya mendaftar seleksi (bisa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun SPMB) dengan ID yang telah diperoleh. Info selengkapnya tentang bidikmisi bisa dibaca di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unsoed yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, dan Bidikmisi. Ada banyak kesempatan jika kita memang berkeinginan. Satu seleksi berlalu, bisa mengikuti seleksi berikutnya. Pantang menyerah adalah kunci utama, dan 'serius' merupakan pendukungnya.

Keseriusan seseorang akan membawa pada kesuksesan. Serius dalam arti sungguh-sugguh, memaksimalkan potensinya dan juga memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Menyertakan jiwa untuk setiap hal yang dikerjakan baik proses pendaftaran, persiapan seleksi, maupun ujian yang diikuti. Hingga waktu akan menjadi saksi atas kemauan keras yang terwujud dalam prilaku, usaha keras yang cermin dari ketulusan bergerak. Tidak ada yang gratis! semua ada harga tukarnya! perlu kerja keras untuk sukses! Selamat berjuang! Semangat! Everything possible! trust! and Believe yaur self!
GET IT ON Google Play