Cara Pendaftaran Online UNRAM 2017-2018

UNRAM - Cara Pendaftaran untuk UNRAM simak Universitas Mataram tahun 2017-2018 atau yang lebih kita kenal dengan nama UNRAM merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat). Univeritas ini berdiri sejak tahun 1962 dan kini telah memiliki 8 fakultas yang meliputi Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pertanian, Peternakan, Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Kedokteran.


Universitas dengan 8 fakultas ini menawarkan 34 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Kalian bisa memilih prodi mana saja yang diinginkan. Dalam memilih prodi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, karena pemilihan ini merupakan langkah besar yang akan menentukan masa depan. Juga merupakan titik awal untuk memulai sebuah kesuksesan.

Hendaknya memilih prodi yang selaras dengan tujuan (cita-cita). Kita bisa mengetahui keselarasan ini dengan memahami lebih dalam prodi apa saja yang ada di UNRAM juga mata kuliah yang akan dipelajari di sana. Agar lebih mantap dengan pilihan tersebut cobalah untuk berkonsultasi dengan teman atau orang yang telah berkuliah di prodi yang hendak kita pilih. Bisa juga berkonsultasi dengan "ahli" (mereka yang paham tentang potensi kita dan tentang perkuliahan, seperti konselor/guru bimbingan konseling di sekolah, atau orang-orang yang kita percaya dan dianggap bisa membantu).

Cara Pendaftaran UNRAM 2017-2018

Nah, jika kalian telah memiliki prodi pilihan, langkah selanjutnya yaitu mendaftar UNRAM yang bisa dilakukan melalui beberapa jalur berikut.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNRAM yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi di sekolahnya (si juara umum) melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi ini berupa penyaringan nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/MA/Sederajat dan penyaringan portofolio akademik. Pendaftaran SNMPTN diadakan secara gratis dan tanpa tes tertulis (hanya penyerahan/pengiriman berkas dan pengisian data).


Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan seleksi lainnya. Pendaftaran diawali dengan pengisian data dari pihak sekolah kemudian pengisian data pribadi siswa melalui situs SNMPTN. Untuk info selengkanya tentang SNMPTN, kalian bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNRAM yang diberikan melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis seleksi ini berupa butir-butir soal pilihan ganda dari 3 kelompok soal yang harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.


Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai hasil pengerjaan soal masuk perengkingan secara nasional sesuai kuota prodi. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SNMPTN, jadi bagi yang tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN, masih punya kesempatan masuk UNRAM melalui seleksi ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN, bisa mengakses melalui laman http://sbmptn.ac.id/



Jalur Ujian Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UNRAM yang diberikan oleh pihak URAM melalui ujian tertulis. Panitia penentu kelulusan berasal dari pihak UNRAM sendiri. Kelulusan seleksi ini ditentukan oleh perengkingan nilai hasil pengerjaan soal sesuai kuota prodi. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka setelah SBMPTN, jadi bagi yag tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN bisa masuk UNRAM melalui seleksi ini. Untuk info selengkanya tentang jalur ujian mandiri, kalian bisa mengakses laman http://pmb.unram.ac.id/index.php/ujian-mandiri



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan masuk UNRAM yang diberikan oleh pihak pemerintah pusat kepada anak Indonesia yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini, pemerintah memberikan pembiayaan baik biaya kuliah maupun biaya hidup hingga lulus tepat waktu. Jadi kalian tinggal fokus kuliah dan mengejar prestasi tanpa harus pusing masalah biaya.

Untuk bisa masuk UNRAM dengan jalur bidikmisi, kalian harus mendaftar bidikmisi terlebih dahulu untuk mendapatkan ID kemudian mendaftar seleksi (bisa jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur ujian mandiri) dengan ID yang telah diperoleh. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi, kalian bisa mengakses laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar UNRAM yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Ujian Mandiri, dan Bidikmisi. "Sertakan cinta dalam setiap langkah", (yang admin maksud bukan cinta pada lawan jenis. hehehe) cinta pada proses, di mana setiap hal yang kita kerjakan dilakukan dengan sepenuh hati. Apapun seleksi yang akan diikuti, sertakanlah hati dalam tiap tahap prosedur seleksi. Agar langkah lebih ringan, dan perjuangan lebih menyenangkan.

"Ingat-ingat tujun akhir (cita-cita)", ini dalah resep paling mujarab untuk mengembalikan semangat saat terbentur pada masalah. Saat satu seleksi gagal, kecewa wajar, namun jangan larut pada kekecewaaan dan seolah dunia telah berakhir. Pejamkan mata, dan bayangkan sosok diri kita dengan cita-cita telah diraih, lalu bangkit dan beranjaklah. Pelung masih terbuka lebar asalkan kita mau bangkit dan jeli melihat kesempatan lain yang terbuka. Selamat berjuang! Bergeraklah! Lakukan yang terbaik untuk setiap prosesnya!!