Cara Pendaftaran Online UNNES 2018/2019

UNNES - Cara Pendaftaran Online (UNNES) Universitas Negeri Semarang 2018/2019 atau yang lebih kita kenal dengan nama UNNES merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Semarang. Universitas ini memiliki 8 fakulta yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonom, dan Fakultas Hukum.

Universitas yang merupakan jelmaan dari institut keguruan dan ilmu pendidikan ini, menawarkan 65 program studi (prodi) dengan sekitar 34  prodi kependidikan yang bisa dijadikaan pilihan untuk melanjutkan pendididkan. Teman-teman bisa memilih prodi mana saja yang diinginkan. Saran admin, pilihlah program studi yang menjadi hobi dan bakat teman-teman. Karena kesukaan menjadi hal penting yang akan melejitkan prestasi. Dimana kita bisa menjalani pilihan dengan penuh cinta yang pada akhirnya akan memaksimalkan potensi.

Sebelum kita menentukan pilihan pada sebuah prodi, penting juga untuk mengetahui secara detail "apakah prodi itu sesuai dengan cita-cita?" ya, minimal tahu mata kuliah apa saja yang akan dipelajari pada proses perkulihan nanti. Kita juga bisa minta pendapat orang yang paham tentang perkuliahan, bisa karib kerabat yang sudah kuliah, atau guru2, bisa juga senior di sekolah dulu yang telah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Cara Pendaftaran UNNES

Sering-sering tukar pendapat, bisa juga konsultasi dengan guru bimbingan konseling di sekolah masing-masing. Jangan sampai ketika telah kuliah di salah satu prodi UNNES dan di tanya dosen, "Apa alasan masuk prodi ini?", kalian menjawab dengan penuh kekecewaan, "Salah pilih pak!". Tidak lucu bukan? Maka pilihlah prodi yang terbaik untuk diri sendiri dan masa depan. Nah, jika kalian sudah punya prodi pilihan, selanjutnya bisa mendaftar UNNES melalui beberapa jalur berikut:



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk UNNES yang diberikan kepada "si anak pintar" di sekolahnya (siswa yang berprestasi akademik tinggi) melalui seleksi administrasi secara nasional. Seleksi ini merupakan sebuah pola seleksi nasional berdasarkan nilai rapor (semester 1-5 untuk SMA/MA dan semester 1-7 untuk SMK) serta portofolio akademik. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk Info selengkapnya tentang seleksi ini teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNNES yang diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Kelulusan seleksi ini ditentukan dari standar nilai prodi hasil ujian tertulis (berupa butir soal pilihan ganda) serta perengkingan nilai tes tertulis secara nasional. Waktu pendaftaran SBMPTN ini biasanya setelah SNMPTN. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN ini, teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



SM atau Seleksi Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UNNES yang diberikan oleh pihak UNNES kepada lulusan SMA/MA/Sederajat melalui ujian tertulis. Untuk lulus seleksi ini teman-teman harus mengerjakan sebanyak-banyaknya soal tes dengan tepat dan cepat. Kelulusan ditentukan berdasarkan nilai standar prodi dan perengkingan nilai hasil pengerjaan soal oleh pihak UNNES. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SBMPTN. Untuk info selengkapnya tentang SM ini, teman-teman bisa mengakses laman http://penerimaan.unnes.ac.id/?page_id=10



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan penddikan ke perguruan tinggi (dalam hal ini, UNNES) yang diberikan pemerintah kepada lulusan SMA/MA/Sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Pembiayaan ini berupa biaya kuliah dan biaya hidup hingga lulus tepat waktu (kuliah free dan dapat uang saku). Tahapan pendaftaran dengan jalur bidimisi ini, dimulai dengan mendaftar bidikmisi, setelah mendapat ID kemudian menaftar UNNES melalui seleksi (bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, atau SM) jalur bidikmisi. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi, teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar UNNES yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SM, dan Bidikmisi. "Hal pertama untuk sukses, adalah memiliki keyakinan orang sukses", mempercayai bahwa diri sendiri mampu. Namun tidak hanya berakhir pada keyakinan, karena keyakinan harus didukung dengan kerja keras. "Yakin tanpa bergerak, kesuksesan hanyalah angan-angan", Kita memang harus mengarahkan kehidupan kita untuk menggapai kesuksesan itu. dalam hal ini, kontrol diri sangat diperlukan, agar kita bisa mengerem setiap rayuan kemalasan yang melanda.

"Orang sukses terlihat dari kesehariannya", setiap jam yang berlalu dalam hidupnya mengarah pada tujuan akhir (apa yang dicita-citakan). Juga setiap langkah yang dia ambil mengarah pada tujuan akhir. Hingga proses menuju gerbang kesuksesan menjadi prioritas utama dalam hdupnya. Selamat berjuang! jadilah seorang yang gigih! karena tetes air yang konsisten lama-kelamaan membuat batu berlubang! Semangat!!
GET IT ON Google Play