Cara Pendaftaran Online UNIMED 2017-2018

UNIMED.ac.id - Universitas Negeri Medan atau yang lebih kita kenal dengan Unimed tahun 2017-2018 merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Medan. Universitas dengan selogan "The Character Building University" ini, berdiri pada tahun 1964. Sudah lama bukan? bahkan berdiri sebelum kita dilahirkan ke dunia (hehehe).

Unimed terdiri dari 7 fakultas, dengan 41 program studi (prodi). Dari sekian banyak prodi itu, ada beberapa prodi yang menjadi favorite pendaftar Unimed, seperti prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Manajemen, dan Akutansi. 

Teman-teman sudah punya prodi pilihan? Yang favorite boleh, Yang lainnya juga boleh, karena kita bebas memilih atas jalan hidup kita sendiri. Meski bebas memilih, bukan berarti sesukanya, perlu pertimangan matang, agar kuliah bukan hanya "tren" dan ajang "keren-kerenan". Prodi yang kita pilih akan menentukan kehidupan kita setelah lulus. 

Cara Pendaftaran UNIMED

Jadikan prodi yang kita jalani sebagai "jembatan menuju impian", dan ketika kita telah lulus nanti akan semakin dekat dengan impian itu. Jangan sampai setelah lulus kuliah malah bingung, ijazah sudah di tangan tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan lembaran berharga itu. Nah jika teman-tema telah memiliki prodi pilihan, selanjutnya bisa mendaftar Unimed melalui beberapa jalur berikut:



SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi masuk Unimed yang ditujukan pada siswa-siswi berprestasi di sekolahnya melalui penyaringan nilai rapor secara nasional. Seleksi ini lebih kita kenal dengan jalur undangan. Nilai rapor yang diseleksi mulai dari semester 1-5 untuk SMA/MA dan semester 1-7 untuk SMK. SNMPTN hanya dilakukan melalui seleksi administrasi (tanpa ujian tertulis) dan biaya pendaftarannya gratis.


Teman-teman bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor lulus perengkingan secara nasional dan memenuhi persyaratan khusus dari pihak Unimed. Waktu pelaksanaan SNMPTN paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN ini bisa teman-teman baca di laman http://snmptn.ac.id/



Bagi teman-teman yang tidak berkesempatan mengikuti/ tidak lulus SNMPTN, masih ada kesempatan untuk masuk Unimed melalui jalur SBMPTN. Apa itu SBMPTN?? SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan kesempatan masuk Unimed melalui seleksi nasional dengan ujian tertulis.

Untuk lulus seleksi ini teman-teman harus mengumpulkan score sebanyak-banyaknya, kerjakan soal-soal ujian dengan tepat dan cepat. Ada sebuah rahasia kecil (sssttttt...), dari pengalaman sebelumnya, untuk setiap soal yang dikerjakan benar bernilai +4 dan salah -1, jadi kerjakan yang kemugkinan benarnya besar. Waktu pelaksanaan SBMPTN setelah SNMPTN, untuk info selengkapnya tentang SBMPTN teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



Tidak lulus SNMPTN/SBMPTN??? jangan khawatir, kesempatan masuk Unimed masih terbuka lebar. Teman-teman bisa masuk Unimed melalui jalur mandiri. Karena jalur ini buka setelah SNMPTN dan SBMPTN. Apa itu jalur mandiri? Jalur mandiri atau seleksi mandiri merupakan kesempatan masuk Unimed yang diberikan oleh pihak Unimed melalui ujian tertulis. Panitia penyeleksi ujian berasal dari pihak Unimed sendiri, dan ujian tertulis berupa butir-butir soal pilihan ganda (hampir sama dengan SBMPTN). Untuk info selengkapnya tentang seleksi ini bisa diakses melalui laman http://sm.unimed.ac.id/



bagi teman-teman yang tidak punya biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, jangan khawatir pemerintah menyediakan pendanaan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik melalui Bidikmisi. Dengan Bidikmisi ini, pemerintah akan menjamin biaya kuliah dan biaya hidup sampai lulus tepat waktu. Kalian bisa masuk Unimed melalui seleksi SNMPTN/ SBMPTN/ jalur mandiri dengan bidikmisi.

Mulanya teman-teman mendaftar Bidikmisi, setelah mendapat ID, baru mendaftar seleksi bisa dengan SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri. Untuk info selengkapnya tentang Bidikmisi, teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unimed yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, dan Bidikmisi. Kesempatan terbuka lebar bagi siapa pun yang punya kemauan. Jadilah "pekerja keras", kerja keras dalam mewujudkan setiap impian. 

Karena untuk mencapai sebuah "level" kita harus membayar dengan "harga yang pantas". Begitupun jika kita ingn melanjutkan pendidikan, berjuanglah habis-habisan, lakukan lebih dari yang orang pada umumnya lakukan. Jika kita telah membayar "harga yang pantas" (perjuangan yang setara) maka kita pun pantas meraih "kesuksesan".

"Jadilah orang gila", gila dalam arti positif, gila dalam belajar (melampaui batas orang rata-rata) juga gila dalam mempersiapkan diri (melakukan persapan habis-habisan). Mengapa menganggap demikian? karena yang kita lakukan selalu lah hal luar biasa dan tidak normal dalam pandangan umum, ehh tapi jangan sampai gila beneran yaaaaa... (hehehe). Semangat! Selamat berjuang teman-teman! "Give the best, kemudian kau akan mendapatkan lebih dari yang diharapkan"....