Cara Pendaftaran Online UNILA 2018/2019

UNILA.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNILA 2018/2019 Universitas Lampung atau yang lebih kita kenal dengan Unila merupakan sebuah universitas negeri yang terletak di kota Bandar Lampung. Universitas dengan 8 fakultas ini, menawarkan 47 program studi (prodi) yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Seperti prodi Manajemen dan PGSD yang menjadi prodi favorite SNMPTN. Ada banyak lagi, silahkan teman-teman memilih prodi sesuai dengan keinginan.

Sering kali kita menjadikan "yang terbanyak peminat" menjadi indikator untuk menentukan pilihan prodi. Atau menjadikan passing grade sebagai takaran untuk mencari prodi pilihan (mungkin karena kita terlalu takut akan bayang-bayang sebuah kegagalan). Tidak salah, karena dorongan psikologi dalam diri akan selalu menuntun kita pada "titik aman". 

Ya, memilih "yang ramai" karena memandang prodi itu sebagai "pelung yang lebih besar", padahal logikanya 'semakin banyak peserta, akan semakin kecil kemungkinan untuk lulus'. Juga tidak ada salahnya jika memilih yang standarnya kecil karena kemungkinan lulusnya lebih besar bukan???? Ya, orang-orang pada umumnya memiliki pola pikir yang sama, bayangkan jika semua orang di sekolah teman-teman berpikir hal yang sama, apa yang akan terjadi???

Cara Pendaftaran UNILA

"Just be free" lepaskan semua pemikiran kaku itu. Karena kita berhak punya kendali atas diri kita sendiri, namun bukan berarti sesukanya, kita mempertimbangkan hal lain yang akan membawa kita pada kebebasan (bebas tapi serius yang ahirnya menghasilkan kesuksesan). "Ask your self", dengan bertanya pada diri sendiri apa yang sebenarnya kita inginkan? kehidupan seperti apa yang kita dambakan setelah lulus kuliah? dan pekerjaan apa yang kelak ketika bekerja bisa dengan enjoy, nyaman, dan sepenuh hati mengerjakannya.

Kenapa harus berfikir sejauh itu? kan baru mau masuk kuliah? Tujuan akhir sangat erat kaitannya dengan langkah apa yang akan kita ambil. Jawaban akan pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan membimbing kita untuk memilih prodi. Nah, jika teman-teman sudah memiliki prodi pilihan, selanjutnya bisa mendaftar di Unila melalui:



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (jalur undangan) merupakan sebuah kesempatan masuk Unila yang diberikan kepada si anak pintar (siswa berprestasi akdemik tinggi) disekolah masing-masing (baik SMA/MA/SMK) melaui seleksi nilai rapor secara nasional. Nilai rapor yang akan di seleksi adalah nilai semester 1 sampai 5 (SMA/MA) dan semester 1 sampai 7 (SMK). Seleksi ini biasanya dilakukan paling awal jika dibandingkan jalur seleksi lainnya. Untuk info lengkap SNMPTN, bisa teman-teman baca di http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Pergruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk perguruan tinggi negeri yang diberikan seluas-luasnya kepada siswa siswi yang telah lulus sekolah (lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat yang baru lulus maupun 3 tahun lalu). Seleksi ini dilakukan melalui tes tertulis secara nasional. Untuk luus tes ini, tema-teman harus melahap sebanyak mungkin oal-soal ujian dengan benar. 

Komposisi penilaiya = banyak yang benar dan tidak ada yang salah = berpeluang lulus. Admin punya rahasa kecil, tapi rhasia ya (ssstttt.... cukup kita yang tahu) dari setiap soal yang teman-teman kerjakan dan benar akan bernilai +4 dan yang salah bernilai -1. Info lebih lengkap seputar SNMPTN, bisa teman-teman lihat di laman http://sbmptn.ac.id/


Jalur Mandiri Simanila

Simanila atau Sistem Penerimaan Mahasiswa Unila (jalur mandiri) merupakan kesempatan masuk Unila yang dilakukan melalui ujian tertulis. Bedanya dengan SBMPTN, jalur ini diadakan oleh pihak unila dan pihak unila sendirilah yang menentukan kelulusan calon mahasiswa. Kesempatan untuk lulus seleksi ini lebih besar dari seleksi sebelumnya karena pendaftarnya tidak sebanyak jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Waktu pendaftaran tes ini biasanya dilakukan setelah SBMPTN. Untuk info lebih lengkapnya silahkan teman-teman baca di http://simanila.unila.ac.id/ujian-mandiri-lokal/


Jalur PMPAP

PMPAP (Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan) merupakan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pihak Unila bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga prasejahtera. Nah, bagi teman-teman yang ingin masuk Unila tapi merasa tidak mampu secara ekonomi, jangan khawatir kalian masih bisa kuliah di Unila melalui jalur PMPAP. Untuk info lebih lanjut tentang jalur ini, bisa di akses di http://simanila.unila.ac.id/sarjana/



Bidikmisi merupakan beasiswa yang diadakan pemerintah melalui dikti kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berprestasi akademik baik. Pendanaan ini berupa gatisnya biaya kuliah dan biaya hidup sampai lulus tepat waktu. Pendaftaran Bidikmisi dan seleksi masuk terpisah, mula-mula teman-teman mendaftar bidikmisi kmudian baru mendaftar seleksi, baik SNMPTN, SBMPTN, maupun Simanila. Untuk informasi lebih lengkp bisa di akses di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara masuk Unila yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Simanila, PMPAP, dan Bidikmisi. Kesempatan melanjutkan pendidikan terbuka lebar, berjuanglah hingga titik akhir! satu kesempatan seleksi lewat, akan ada kesempatan berikutnya. Teruslah bergerak! Lampaui keterbatasan diri, "berjalanlah hingga kelelahan lelah mengikuti". Mulanya kita memaksakan diri untuk belajar ekstra, melewati waktu belajar orang-orang pada umumnya, dan pada akhirnya kita terbiasa melakukan usaha diluar batas normal.

Belajar ekstra bukan berarti memaksakan diri, karena kita hanya mendisiplinkan diri untuk merubah kebiasaan belajar kita. "The first we make habits, at the last habits make us", ya, awalnya kita bentuk kebiasaan untuk menjadi aktif (baik dalam mencari informasi maupun belajar), pada akhirnya kita telah terbiasa dan diri kita kan melakukannya secara otomatis, tubuh kita otomatis untuk belajar. 


Kebiasaan terbentuk minimal 30 hari, misalkan teman-teman belajar dalam sehari 3 jam (tentang materi tes) terus selama sebulan, maka berikutnya teman-teman akan dengan ringan di waktu yang biasa akan otomatis mengambil buku dan belajar. Menyenangkan bukan??? Yang penting konsisten... Semangat teman-teman! Selamat berjuang! Semoga kalian lulus Unila di prodi yang kalian inginkan!!
GET IT ON Google Play