Cara Pendaftaran Online UNIB 2017-2018

UNIB - Universitas Bengkulu atau yang lebih kita kenal dengan nama UNIB tahun 2017-2018 merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di daerah Bengkulu. Universitas ini berdiri pada tahun 1982 (sudah lama bukan?). Kini UNIB telah miliki 8 fakultas yang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Isipol, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Universitas dengan 8 fakultas ini menawarkan 37 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sudah punya prodi piilihan? Pilihlah prodi yang akan menunun kalian menuju cita-cita. Di mana ketika kalian lulus nanti cita-cita itu akan semakin dekat dan segera terwjud. "Paham dulu, baru memilih", kalian harus benar-benar paham, ya... minimal mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di prodi tersebut dan hal-hal lainnya yang menyangkut kesesuaian dengan impian.

"Kaji ulang dan sharing", tinjau ulang prodi yang telah di pilih, "apakah benar-benar relevan dengan cita-cita? dan mulailah minta pendapat dengan orang-orang yang paham akan perkuliahan, bisa teman yang telahh berkliah, karib kerabat, guru2, atau guru bimbingan dan knseling di sekolah masing- masing. Keterkaitan prodi yang di pilih dengan cita-cita sangatlah penting, karena hal ini akan menentukan keseriusan kalian dalam menjalani setiap prosesnya (baik proses seleksi maupun perkuliahan).

Cara Pendaftaran UNIB 2017-2018

"Keselarasan dengan impian akan senantiasa menjadi energi tambahan saat kalian mulai lelah", bayangan akan kesuksesan meraih mimpi akan membangkitkan energi cadangan dalam tubuh. Dalam proses perkuliahan nanti akan ada banyak tantangan yang harus di taklukkan dan keselarasan prodi yang dipilih dengan tujuan akhir akan membuat kalian menikmati tantangan demi tantangannya. Dan tidak akan pernah ada kata "lelah" untuk sebuah akhir yang indah. Kuliah menyenangkan dan prestasi melejit. Luar biasa bukan???


Nah, jika kalian sudah punya prodi pilihan, selanjutnya tinggal mendaftar di UNIB melalui beberapa jalur berikut:




SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNIB yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi di sekolahnya melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi ini tidak dipungut biaya pendaftaran (free) dan tidak ada tes tertulis. Seleksi berupa peyaringan nilai rapor dan kelengkapan portofolio akademik. 

Kalian bisa lulus seleksi ini jika nilai rapor memenuhi standar prodi serta lulus perengkingan secara nasional dan memenuhi persyaratan khusus yang ditentukan pihak UNIB. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN, kalian bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNIB yang diberikan kepada lulusan SMA/Sederajat melalui seleksi asional ujian tertulis. Untuk mendaftar seleksi ini, kalian akan dikenakan biaya pendaftaran. Seleksi ini berupa ujian tertulis yag berbentuk butir2 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan dengan cepat dan tepat.

Kelulusan seleksi ini ditetukan berdasarkan perengkingan nilai hasil pengerjaan soal secara nasional, yang masuk dalam perengkingan sesuai dengan kuota prodi akan bisa diterima di UNIB. Waktu pendaftran seleksi ini biasanya setelah SNMPTN, bagi kalian yang tidak beresempatan/tdak lulus SNMPTN masih ada kesempatan masuk UNIB melalui jalur ini. Untuk infoo selengkapnya tentang SBMPTN ini kalian bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



SPMU atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa UNIB merupakan sebuah kesempatan masuk UNIB yang diberikan kepada lulusan SMA/Sederajat melalui ujian tertulis mandiri. Seleksi ini diadakan khusus oleh pihak UNIB artinya panitia penyeleksi berasal dari pihak UNIB sendiri. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SBMPTN, bagi kalian yang tidak berkesempatan/tidak lulus SNMPTN atau SBMPTN masih punya kesempatan masuk UNIB melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang SPMU, kalian bisa mengakses laman http://admisi.unib.ac.id/ (klik SPMU).



Bidikmisi merupakan sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan pemerintah kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi aademik baik. Bagi kalian yang tidak punya biaya untuk kuliah, jangan khawatir! pemerintah menyediakan pembiayaan baik biaya kuliah maupun biaya hidup sampai lulus tepat waktu. Jadi kalian tinggal fokus kuliah dan mengejar prestasi tanpa harus pusing masalah biaya.

Mendaftar UNIB melalui jalur bidikmisi ini dilakukan dengan mendaftar bidikmisi terlebih dahulu setelah mendapat ID barulah kemudian mendaftar seleksi (bisa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun SPMU) dengan ID bidikmisi itu. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi, kalian bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tetang cara mendatar UNIB yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMU, dan Bidikmisi. "Lakukan dengan sepenuh hati, gigih, dan penuh kerja keras", ikuti seleksi dengan penuh keyakinan dan persiapan matang. Persiapan yang dilakukan sepenuh hati dan kesugguhan, niscaya "sukses" akan megikuti. Seleksi apapun yang diikuti, "give the best", fouslah pada persiapannya, hasilnya? biarlah menjadi bonus.

"Setumpul-tumpulnya parang, juga akan bisa mematahkan sebuah kayu", jika kita konsisten mengayunkannya, satu kali, dua kali, tida kali, terus hingga kayu itu patah, tak pernah lelah, atau menyerah. Semangatlah dalam kerja keras! bayangkan setiap usaha yang kalian lakukan adalah susunan hurup demi huruf "masa depan yang cerah". Selamat berjuang! lakukan dan berikan yang terbaik! Yakinlah bahwa "aku bisa"!!
GET IT ON Google Play