Cara Pendaftaran Online UNAND 2017-2018

UNAND.ac.id - Universitas Andalas atau yang lebih kita kenal dengan nama Unand merupakan salah satu universitas yang terletak di Sumatera Barat. Universitas dengan 15 fakultas ini termasuk peringkat 12 nasional menurut Kemenristek-Dikti. Dengan prestasinya, wajarlah jika Unand menjadi salah satu univesitas yang patut dipertimbangkan untuk melajutkan pendidikan. Unand juga menawarkan 46 program studi (prodi), teman-teman bisa memilih prodi sesuai dengan minat.

Untuk memilih prodi dalam sebuah universitas ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, karena setiap langkah yang kita ambil akan menentukan masa depan. Dewasa ini, orang-orang sering menjadikan "peluang" sebagai indikasi untuk memilih program studi. Mereka berlomba-lomba untuk masuk prodi yang "prospeknya bagus". Harapannya ketika telah lulus universitas bisa lebih mudah untuk mencari pekerjaan.

Namun ada hal lain yang harus dipertimbangkan agar ketika lulus, kita tidak hanya menambah panjang daftar pencari kerja tapi menjadi generasi muda yang menciptakan lapangan pekerjaan. Maka pilihlah prodi yang sesuai dengan minat dan potensi teman-teman. Karena keselarasan antara minat dan potensi akan melahirkan prestasi. 


Cara Pendaftaran UNAND

"Kreativitas muncul karena adanya rasa cinta, jika kita tidak mencintai maka kreativitas tidak akan keluar". Nah, dengan memilih prodi yang relevan dengan pekerjaan yang kita cintai, akan memicu kreativitas di otak, pada akhirnya ide-ide kreatif untuk membuat lapangan pekerjaan akan muncul. Semoga teman-teman bisa menjadi mahasiswa Unand dengan prestasi yang memanggakan. Bukan hanya status tapi "the real" mahasiswa sehingga menjadi motivator bagi orang banyak. Adapun cara yang dapat ditempuh untuk menjadi mahasiswa Unand, yaitu melalui:


Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (jalur undangan) merupakan seleksi yang dilakukan melalui penilaian nilai rapor bagi siswa-siswi berprestasi di sekolahnya masing-masing (baik SMA, MA, maupun SMK). Seleksi ini dilakukan secara nasional (berupa pengajuan) dengan mempertimbangkan nilai rapor dari semester 1-5 (SMA/MA) dan semester 1-7 (SMK). 

Ketika peserta lulus Grade nilai rapor dan syarat khusus yang ditentukan pihak Unand, peserta akan memperoleh surat undangan balasan yang menawarkan peserta untuk masuk salah satu prodi di Unand (siswa boleh menerima atau menolak tawaran tsb). Seleksi ini dilakuakn tanpa tes tertulis, hanya saja jika teman-teman menerima tawaran pihak Unand, selanjutnya teman-teman akan mengikuti tes wawancara di kampus Unand.  Untuk info lebih lengkap tentang SNMPTN teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/


Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi merupakan seleksi masuk yang dilakukan melaui tes tertulis secara nasional. Untuk lulus ujian ini, teman-teman harus megerjakan soal-soal tes dengan cepat an tepat. Cepat, karna waktunya terbatas, dan tepat karena setiap soal yg dijawab benar bernilai +4 dan yg salah bernilai -1. Kmpulkan nilai sebanyak2nya agar lulus grade dan perengkingan = lulus SBMPTN = jd mahasiswa Unand. :) Teman-teman bisa membaca lebih legkap tentang SBMPTN, syarat dan waktu pendaftarannya  di situs https://sbmptn.ac.id/


Jalur UMB-PT

UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama- Perguruan Tinggi merupakan jalur seleksi yang dilakuan pihak Unand dengan tes tertulis (Jalur mandiri). Seleksi ini biasanya dilakukan setelah SBMPTN. Jadi bagi teman-teman yang tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN, bisa masuk Unand melalui jalur ini. Info lebih tengkap tentang UMB-PT bisa dilihat di http://pmb.unand.ac.id/ (klik UMB-PT).


Jalur Bidikmisi

Bidikmisi merupakan pendanaan oleh pemerintah bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berkemampuan akademik baik. Beasiswa ini memcakup biaya kuliah dan biaya hidup calon mahasiswa hingga lulus tepat waktu jadi teman-teman hanya tinggal fokus kuliah saja. Setelah mendaftar Bidikmisi, barulah teman-teman memilih jalur masuk Unand, bisa jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun UMB-PT. Untuk informasi persyaratan dan prosedur pendaftaran Bidikmisi teman-teman bisa mengakses situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang jalur masuk Unand yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, dan Bidikmisi. Kesempatan untuk meraih masa depan terbuka sangat lebar, jika kalian termasuk anak pintar dan berprestasi disekolah bisa mendaftar melalui SNMPTN. Prestasi akademik biasa-biasa saja??? jangan khawatir, ada jalur SBMPTN dan UMB-PT, asalkan kalian mempersiapan "amunisi" untuk mengikuti tes sebaik-baiknya, gigih, giat, dan pantang menyerah "anything possible". Merasa tidak mampu secara ekonomi???? jangan berkecil hati. karena setiap generasi muda punya kesempatan yang sama, ada beasiswa bidikmisi.

Persiapkan diri sebaik-baiknya, rajian-rajinlah membaca, karena membaca akan menciptakan pintu di jalan buntu yang kita temui. Baik membaca informasi tentang pemecahan atas permasalahan yang kita hadapi juga membaca materi tentang tes-tes yang akan kita lalui. Belajar untuk melampaui batas dalam diri kita masing-masing, dobrak pikiran negatif akan kegagalan yang akan melairkan keragu-raguan. Tanamkan di alam bawah sadar bahwa "Aku bisa!!". Dan tiap kali kemalasan dan kelelahan menghampiri, ingat kembali tujuan dan impianmu, bergeraklah walau godaaan untuk bermalas-malasan merayu dengan segala tipudayanya. Semangat teman-teman!! Selamat berjung!! Semoga Sukses!!