Cara Pendaftaran Online UNHAN 2017-2018

UNHAN - Info Cara Pendaftaran UNHAN tahun 2017-2018 Universitas Pertahanan Hai kembali lagi bersama kami pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran dan Penerimaan UNHAN, sekilas mengenai UNHAN apa sih yang dimaksud dengan UNHAN atau IDU seperti biasa kita akan merevieuw informasi Cara Pendaftaran UNHAN beserta persyaratan pendaftaran yang ada berikut kami berikan beberapa informasi mengenai Pendaftaran tersebut seperti yang tertera pada peneriman situs resmi UNHAN untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

UNHAN merupakan salah satu perguruan tinggi Kedinasan dimana salah satu prioritas adalah memberikan pendidikan kepada PNS atau calon PNS dalam bidang pertahanan guna untuk meningkatkan kwalitas dari Pegawai dibawah naungan Pertahanan, hal ini tidak serta merta bisa diikuti karena layaknya Pendaftaran lainnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai calon peserta.

UNHAN tidak hanya fokus pada jenjang pendidikan S1 saja tetapi UNHAN juga membuka pendaftaran untuk jenjang pendidikan S2 maka dari itu kalian semua harus memperhatikan beberapa informasi yang ada untuk itu kami merangkumnya dalam sekmen Cara Pendaftaran UNHAN sesuai dengan ketentuan yang berlaku pemerintah melalui Kementrian Pertahanan, berikut kami berikan beberapa informasi lengkap seperti dibawah ini.


Untuk bisa mengikuti semua pendaftaran bagi yang berminat mengikuti seleksi tentu harus memperhatikan beberapa hal seperti yang telah dibahas salah satu yang menjadi prioritas adalah mengikuti semua ketentuan pendaftaran yang ada, kemudian barulah bisa melanjutkan pendaftaran seperti kita ketahui berikut kami uraikan beberapa hal terkait dengan persyaratan untuk lebih jelas langsung saja.


Persyaratan Pendaftaran UNHAN.

Pada Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan) memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat umum dan Pegawai Negeri (TNI/Polri/Sipil) untuk mengikuti program beasiswa Magister Ilmu Pertahanan (Strata-2) dengan gelar Magister Sain Bidang Pertahanan / M.Si(Han), dengan persyaratan sebagai berikut :


Persyaratan Umum Peserta:
 
Persyaratan Umum bagi TNI/POLRI/PNS :
  1. Berpangkat minimal Kapten/AKP yang telah mengikuti Diklapa II/Diklapa/Sekkau/PTIK dan atau memiliki Ijazah S-1.
  2. Untuk PNS minimal golongan III/B.
  3. Memiliki kondite dan prestasi kerja baik dari Pimpinan Instansi terkait.
  4. Berbadan sehat(dinyatakan dengan Surat Keterangan Dokter dari dinas).
  5. Mahir menggunakan Komputer (aplikasi Office & Internet).
  6. Lulus Ujian seleksi : TPA >= 550, TOEFL >= 500, dan Wawancara.
Persyaratan khusus bagi Prodi Strategi Perang Semesta (SPS), sebagai berikut :
  1. Anggota TNI berpangkat Kolonel dan telah mengikuti Sekolah Staff dan Komando Angkatan atau setingkat.
  2. Anggota Polri berpangkat Komisaris Besar dan telah mengikuti Suspim Polri.
  3. PNS minimal golongan III/C dan telah mengikuti Diklatpim Tk IV atau telah menduduki Jabatan Eselon III.
  4. Umum: Status bekerja dan menduduki jabatan minimal Manajer.

Bagi yang sudah memenuhi semua persyaratan pendaftaran kiranya dapat memilih semua ketentuan seperti program studi yang diminati untuk itu anda pada melihat beberapa ketentuan yang ada pada daftar progam studi yang ada dibawah ini, semua jenjang pendidikan untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

  • Prodi Peperangan Asimetris (PA);
  • Prodi Diplomasi Pertahanan (DP);
  • Prodi Manajemen Pertahanan (MP);
  • Prodi Manajemen Bencana untuk Keamanan Nasional (MB);
  • Prodi Ekonomi Pertahanan (EP);
  • Prodi Industri Pertahanan (IP).
  • Prodi Damai dan Resolusi Konflik (DRK);
  • Prodi Ketahanan Energi (KE);
  • Prodi Keamanan Maritim (KM).

Persyaratan adalah:
  • TNI dengan Pangkat minimal Kapten dan sudah lulus S-1.
  • TNI dengan Pangkat Kapten dan belum Diklapa II/Sekkau/Suslapa dan Sesko Angkatan wajib memiliki ijasah S-1.
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) minimal golongan III/B.
  • Polri minimal dengan Pangkat AKP dan telah lulus Diklapa II.
Melanjutkan pembahasan mengenai Persyaratan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada seperti rincian diatas maka beberapa persyaratan lannjutan menjadi hal wajib untuk bisa dilaksanakan ssuai dengan ketetapan pihak kampus secara umum dan secara khusus untuk lebih jelas kita lanjutkan beberapa persyaratan pendaftaran sesuai dengan yang ada.
  1. Kualifikasi S1 dengan IPK minimal 3.00.
  2. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran.
  3. Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai (4 lembar masing-masing).
  4. Pas Foto Resmi berwarna berlatar belakang berwarna putih (Laki-laki memakai jas dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser hitam) ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar.
  5. Menyerahkan softcopy file pas foto sesuai point 1-6. untuk keperluan administrasi kemahasiswaan.
  6. Surat Keterangan yang menyatakan prestasi dan perilaku atau rekomendasi dari Dosen Pembimbing S1 bagi mahasiswa yang baru lulus (untuk umum).
  7. Surat Keterangan Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (untuk umum yang sudah bekerja jika belum bekerja dari Dekan Fakultas).
  8. Foto Copy Akta Kelahiran 4 lembar.
  9. Foto Copy Kartu Keluarga 4 lembar.
  10. Memiliki kondite baik dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (wajib untuk umum).
  11. Berbadan sehat (dengan surat keterangan dokter dari dinas).
  12. Surat Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.
  13. Mahir menggunakan computer (aplikasi office dan internet).
  14. Lulus Ujian seleksi : TPA, TOEFL, dan Wawancara.
  15. Paper tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik spasi 1,5 dalam bahasa Inggris maksimal 2 halaman, kertas A4 dan diserahkan rangkap 4 (empat).
  16. Melakukan verikasi ke Panitia Pendafataran dengan menyerahkan Print out formulir Pendaftaran dan semua persyaratan administrasi dicopy rangkap 4 (empat).
  17. Membawa Dokumen Asli (bukan fotocopy) ijasah dan Transkrip nilai S1 pada saat verifikasi
  18. Informasi selanjutnya tentang seleksi masuk Unhan Tahun Akademik 2016/2017 dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Unhan Jl. Salemba Raya No. 14, Jakarta Kode Pos 10430, Tlp. (021) 3927459 atau di website Unhan www.idu.ac.id atau kirim ke alamat email: pmb.unhan@idu.ac.id

Bagi peserta yang telah dinyatakan memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang telah terlamir di situs resmi atau kurang lebih seperti dijelaskan diatas maka peserta yang bersangkutan dapat mengikuti pendaftaran serta dapat melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan apa yang telah dijelaskan maka kami disini akan memberikan tambahan informasi terkait Cara Pendaftaran UNHAN maka dari itu untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Pendaftaran calon mahasiswa Universitas Pertahanan (Beasiswa) Gelombang 1 dapat dilakukan dengan :


1. Pendaftaran Online.

Calon Mahasiswa mendaftarkan diri dengan mengakses portal Unhan www.idu.ac.id melalui menu Registrasi Online dan diwajibkan upload pas foto terbaru berlatar belakang putih (Laki-laki memakai jas warna hitam dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser warna hitam) format JPG maks file 100kb. Setelah Pendaftar berhasil melakukan pengisian Pendaftar akan mendapat Bukti Pendaftaran di email yang didaftarkan , Pendaftar diwajibkan mencetak Formulir Registrasi Pendaftaran sebagai bukti pendaftaran dan diserahkan pada saat verifikasi administrasi.


2. Verifikasi Administrasi

Setelah berhasil melaksanakan registrasi online, selanjutnya melaksanakan pendafataran offline dengan datang langsung ke Sekretariat Pendaftaran Unhan Kampus Unhan, Kawasan IPSC Sentul Bogor atau perwakilan Unhan  Jl. Salemba raya No. 14 Jakpus, pada jam kerja selambat-lambatnya pada waktu yang telah ditentukan dengan membawa berkas persyaratan rangkap 4 (empat) sebagai berikut :
  • Menyerahkan hasil cetak Formulir Registrasi Online/pendaftaran.
  • Legalisir ijazah Strata-1 dan transkrip nilai (4 lembar masing-masing).
  • Surat Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (bagi yang bekerja).
  • Surat Perintah/Ijin dari Satuan/Perusahaan (bagi yang bekerja).
  • Pas Foto Resmi berwarna berlatar belakang berwarna putih (Laki-laki memakai jas dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser hitam) ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar
  • Menyerahkan softcopy file pas foto dalam CD sesuai point e. untuk keperluan administrasi kemahasiswaan.
  • Paper tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik spasi 1,5 dalam bahasa Inggris  dengan huruf Arial 12 maksimal 2 halaman, kertas A4 dan diserahkan rangkap 4 (empat).
  • Surat Keterangan Kelulusan (jika belum mendapatkan ijazah).
  • Surat Keterangan yang menyatakan prestasi dan perilaku atau rekomendasi dari Dosen Pembimbing S1 bagi mahasiswa yang baru lulus (untuk umum).
  • Surat Keterangan Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (bagi pendaftar yang sudah bekerja dari kelompok Umum. Untuk belum bekerja rekomendasi dari Rektor atau Dekan Fakultas dari Perguruan Tinggi asal).
  • Foto copy Akta Kelahiran.
  • Foto copy KTP.
  • Foto copy Kartu Keluarga.
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  • Memiliki kondite baik dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (wajib untuk umum).
  • Surat Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.
  • Membawa Dokumen Asli pada saat verifikasi untuk berkas yang foto copy (a.l: ijasah dan Transkrip nilai S1).
  • Daftar Riwayat Hidup.

Pendaftar yang telah melakukan verifikasi administarsi akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Mahasiswa Baru UNHAN. Bagi Peserta yang dinyatakan lulus syarat administrasi akan dilanjutkan dengan mengikuti test TPA/TOEFL (dapat dilihat melalui menu pengumuman daftar peserta tes TPA/TOEFL).

Hasil lulus test TPA/TOEFL akan diumumkan sekitar dua minggu kemudian dan bagi yang lulus dapat melanjutkan tes wawancara (dapat dilihat melalui menu Pengumuman Daftar Peserta Test Wawancara).

Bagi calon Mahasiswa yang lulus seleksi akan diumumkan pada tanggal sesuai dengan ketetapan, selanjutnya Calon Mahasiswa diwajibkan :
  1. Melakukan Registrasi Ulang pada tanggal yang sudah ditentukan
  2. Ice Breaking pada tanggal yang sudah ditetapkan.
  3. Matrikulasi pada tanggal sesuai ketentuan.

Pembukaan Pendidikan TA. 2017/2018 : tanggal yang telah ditetapkan.

Informasi selanjutnya tentang seleksi masuk Unhan Tahun Akademik 2017 dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Unhan Kampus Kawasan IPSC Sentul Bogor telp.021-87951555/87954555 ext 7224  atau perwakilan Jl. Salemba Raya No. 14, Jakarta Kode Pos 10430, Hp.087877876996 atau di website Unhan www.idu.ac.id atau kirimkan pertanyaan ke email: pmb.unhan@idu.ac.id.

Nah sampai pada pembahasan yang telah dijelaskan maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa semua penerimaan dan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia seleksi berlandaskan pada persyaratan tersebut, sebagai bahan pertimbangan apakah calon mahasiswa dapat diterima untuk mengikuti pendaftaran dan tahap awal penerimaan UNHAN, jika memang tidak memenuhi persyaratan pendaftaran maka dipastikan yang tersangkutan tidak akan diizinkan mengikuti pendaftaran UNHAN.

Semua informasi yang telah dibaca dapat diakses melalui situs resmi http://pendaftaran.idu.ac.id/ jika terdapat perbedaan informasi maka yang akan digunakan penerimaan Pendaftaran yang diinformasikan melalui situs resmi UNHAN atau IDU, demikianlah info mengenai Cara Pendaftaran UNHAN semoga dapat memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran perlu diingat bahwa situs kami hanya memberikan informasi terkait reviuw web saja yang langsung dikutip dari situs resmi apabila terdapat kurang dan lebih maka anda dapat memastikan pada situs IDU. Terima Kasih Salam.
Sekolah Pramugari