Cara Pendaftaran Online UI 2017-2018

UI.ac.id - Universitas Indonesia atau yang lebih kita kenal dengan nama UI merupakan salah satu universitas negeri yang ada di Jakarta. Universitas ini adalah universitas tertua di Indonesia, ya kita sebut saja "nenek moyang"nya universitas (hehehe). Bukan hanya tertua, karena "tertua bukanlah sebuah prestasi" (ehh..). UI juga merupakan universitas terbaik di Indonesia. Wajarlah jika di tempat admin, mendengar namanya saja sudah "wah" dan tidak banyak dari kami yang cukup bernyali untuk mengikuti tes UI.

Namun, bukan berarti sebuah keniscayaan bukan? setinggi apapun grade nya, asalkan kita berusaha dengan sungguh2 dan melampaui batas diri kita sendiri, kita akan mampu melenggang masuk ke sana. "Tidak ada orang yang bodoh di dunia ini, yang ada hanyalah orang malas", dan "Setumpul apapun parang, jika kita mengasahnya dengan benar dan mengayunkan tanpa lelah ke sebuah kayu, lama keamaan kayu itu akan patah". Begitu juga degan tes UI, semua tidak semenyeramkan itu, percayalah... belive your self!!!

Percaya pada diri sendiri, dan pilih yang benar, karena masuk ke dalam sebuah universitas dan berstatus sebagai mahasiswa bukanlah tujuan akhir. Jangan sampai kita terlena dan ketika telah berada di sana haven't idea. Ingat kembali, apa cita-cita teman-teman. Biarkan prodi yang teman-teman pilih menjadi "tukang ojek" yang akan memawa teman2 lebih dekat pada tujuan.

Cara Pendaftaran UI 2017


Memilih prodi yang teman-teman sukai, bukankah cita-cita adalah hal yang kita sukai dn impikan?? nah, indikatornya yaitu: prodi itu favoriteku (selaras dengan tujuan). Pernah jatuh cinta? jika kita mencitai apa yang kita jalani, kuliah akan semangat, datang tepat waktu, tugas A+, you will be the best in your around. Wahhh, kepanjangan ya? (hehehe) oke dehh.... langsung saja ya, untuk masuk UI, bisa dilakukan melalui:



Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau yang lebih kita kenal dengan jalur undangan merupakan seleksi masuk perguruan tinggi yang ditujukan bagi siswa-siswi berprestasi di sekolahnya masing-masing baik SMA, MA, atau SMK. Seleksi dilakukan melalui nilai rapor dari semester 1 sampai semester 5 untuk SMA/MA dan semester 1 sampai semester 7 untuk SMK. Jika nilai rapor memenuhi grade UI dan memenuhi syarat lain yang ditentukan UI, teman2 bisa masuk dengan jalur ini, tanpa tes! untuk prosedur pendaftaran dan info lebih lanjut tentang SNMPTN, teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan seleksi masuk UI yang dilakukan secara nasional dengan tes tertulis. Artinya untuk masuk UI dengan jalur ini, teman-teman harus megerjakan soal-soal tes yang dilakukan serentak seluruh Indonesia. Teman-teman akan bisa lulus jalur SBMPTN jika jumlah score dari hasil tes memenuhi grade dan lolos perengkingan (urutan peringkat dari seluruh peserta yang lulus grade).

Sedikit bocoran (ssstttt... tapi rahasia) untuk 1 soal yang dikerjakan dan benar bernilai +4,,, dan 1 soal yang dikerjakan dan ai salah bernilai -1. Jadi berhati-hatilah saat mengisi, dan kerjakan soal itu jika kemungkinan kebenarannya minimal 60%. Nah, untuk prosedur pendaftaran dan info lebih lengkap tentang SBMPTN, teman-teman bisa mengakses situs http://sbmptn.ac.id/


#3 Jalur Mandiri SIMAK-UI

SIMAK-UI atau Seleksi Masuk UI merupakan ujian seleksi masuk UI dengan tes tertulis yang di adakan oleh pihak UI. Mirip dengan jalur maniri hanya saja jika jalur mandiri lebih mahal dari seleksi nasional, calon mahasiswa yang masuk melalui SIMAK-UI membayar biaya kuliah layaknya lulusan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Untuk info selengkapnya teman-teman bisa mengases di laman http://simak.ui.ac.id



"Tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan sekolah". Syarat utamanya adalah "kemauan", mau berusaha lebih keras, baik dalam mencari informasi maupun mempersiapkan diri untuk sebuah kepantasan. Karena pemerintah telah menyediakan pembiyaan kepada seluruh anak Indonesia yang tidak memiliki biaya (tidak mampu secara ekonomi) dan berpotensi akademik baik untuk bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berupa beasiswa Bidikmisi.

Teman-teman mendaftar beasiswa Bidikmisi terlebih dahulu, lalu selanjutnya mengikuti tes baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, maupun SIMAK-UI. untuk iformasi lebih lengkap tentang Bidikmisi (syarat, cara pedaftaran, dan info lainnya), teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas sebelumnya cara masuk UI, yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SIMAK-UI, dan Bidikmisi. Semangat! Terus mencoba!! Satu seleksi tidak bisa dilalui, masih ada seleksi yang berikutnya. Jangan terfokus pada kekecewaan akan ketidak lulusan, karena itu akan menutup mata kita dari kesempatan berikutnya. Berdiri dan bangkit lagi, sebuah kesuksesan telah menantimu!!

Admin sarankan, "seriuslah dalam segala hal", bukan hanya kata-kata namun sebuah keinginan yang terpatri kuat dalam diri, sehingga tiap waktu yang kita lalui bak potongan bata yang akan membentuk susunan nama dalam daftar mahasiswa di salah satu program studi Universitas Indonesia. Selamat berjuang teman-teman!!