Cara Pendaftaran Online STPN 2018/2019

STPN.ac.id - Cara Pendaftaran Online STPN 2018/2019 Melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci seperti apa dan cara untuk mendaftar STPN serta perihal lainnya yang berkaitan dengan kampus ini, untuk itu kalian semua harus memperhatikan beberapa katentuan yang ada dibawah ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku kampus melalui akan kami sampaikan secara langsung hanya untuk anda tujuannya adalah supaya peserta dapat mengerti dengan jelas bagaimana proses tersebut bisa dilakukan.

Sekolah Tinggi Pertahanan Nasional merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan dibawah kementerian yang bersumber pada sistem pemenuhan tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan karena kampus umum dinilai belum bisa memberikan lulusan yang sesuai dengan yang dibutuhkan pemerintah saat ini untuk memenuhi Tenaga Kerja sesuai dengan lembaga yang membutuhkan.

Secara senderhanan STPN merupakan salah satu kampus Perguruan Tinggi Kendinasan yang memiliki beberapa jalur masuk bisa diikuti oleh peserta umum dengan pengecualian memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang sudah ditentukan oleh panitia seleksi, jadi sah-sah saja jika peserta ingin mengikuti seleksi STPN.



Melalui kampus ini diharapakan pemerintah melalui Kementerian yang memiliki korelasi pada STPN menaru harapan untuk lulusan STPN agar dapat lansung bekerja setelah lulus nanti, enak kan setelah lulus kuliah kalian bisa langsung bekerja bahkan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Itulah keunggulan dari PTK jika dibandingan dengan perguruan tinggi umum. Ada keunggulan dalam sistem penyerapan tenaga kerja. Sebelum melanjutkan info yang akan dibahas kami akan memberikan persyaratan pendaftaran untuk lebih jelas simak selengkapnya.


Persyaratan Pendaftaran STPN.
  1. Lulusan SMA/SMU/Madrasah Aliyah Jurusan IPA atau Peminatan Matematika dan Ilmu Alam serta SMK/STM Jurusan Survey Pemetaan, atau Jurusan yang linier dengan Program Studi Pengukuran dan Pemetaan Kadastral. 
  2. Usia maksimum 23 tahun 
  3. Nilai rata-rata mata pelajaran Matematika kelas X s.d. XII minimum 7,5 (tujuh koma lima). 
  4. Tinggi badan minimum, Perempuan: 160 cm, Laki-laki: 165 cm. 

Ada dua jenis PTK di Indonesia yaitu PTK Full Beasiswa dan Non Beasiswa perbedaan cukup mencolok dari segi biaya kuliah, sayangnya STPN tidak memberikan biaya Full untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur umum,  kalian akan dikenakan biaya persemster yang akan langsung dibayar pada tiap semester, biayanya cukup fanstastis besar kalian bisa cek biaya pendaftaran langsung melalui situs resmi STPN.ac.id.

Untuk pembahasan selanjutnya kita akan memberikan beberapa mekanisme Pendaftaran atau lebih dikenal dengan istilah Cara Pendaftaran ada beberapa tahapan yang bisa kalian ikuti, pendaftaran dilaksanakan melalui Online bagi yang ingin mendaftar bisa melihat beberapa informasi terkait hal itu untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.stpn.ac.id (klik icon ptb Online)  atau ptb.stpn.ac.id
  2. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN harus membaca dengan seksama Ketentuan umum, Syarat-syarat dan Alur Pendaftaran yang dimuat di halaman depan Aplikasi PCT STPN Online (ptb.stpn.ac.id).
  3. Calon Peserta Penerimaan Calon Taruna (PCT) STPN  harus mempunyai akun email yahoo atau gmail.
  4. Calon Peserta PCT STPN mendaftarkan email ke Aplikasi PCT STPN Online.
  5. Calon Peserta akan mendapatkan pemberitahuan untuk membayar biaya pendaftaran PCT STPN melalui email yang sudah terdaftar.
  6. Calon Peserta PCT STPN membayar Biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,- (seratus tujuh puluih lima ribu rupiah). berdasarkan PP No.128 Tahun 2015 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP yang berlaku pada Lingkungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN dengan mencantumkan nomor tagihan.
  7. Pembayaran ditujukan kepada: Bank Mandiri KCP Godean Nomor Rekening 137-00.7666766-2 atas nama RPL 030 STPN.
  8. Pembayaran hanya menggunakan Slip Setoran/Transfer melalui Teller Bank. Dalam Slip dicantumkan: PCT D-I PPK-STPN 2016, Nama Pendaftar dan Nomor Tagihan. Contoh Pengisian Slip dapat diunduh di sini.
  9. Bukti pembayaran discan atau difoto dan diupload ke Aplikasi PCT STPN Online (ptb.stpn.ac.id);
Untuk proses pendaftaran dilaksanakan melalui online dengan mengikuti langkah diatas setelah peserta mengirim bukti pembayaran dan akan mendapatkan usename dan pasword untuk login pendaftaran kemudian peserta harus mengisi formulir pendaftaran sampai dengan selesai setelah berkas terisi dengan benar dan dicetak.

Diharapakan bagi calon Peserta Pendaftaran untuk mengirimkan berkas pendaftaran yang ada melalui alamat yang tertera pada situs resmi STPN.ac.id kemudian sebagai langkah lanjutnya diharapakan peserta mengirimkan berkas yang sudah dicetak melalui kantor pos, anda dapat melihat informasi penerimaan berkas pada status berkas yang ada pada situs ptb.stpn.ac.id. Bersamaan formulir tersebut peserta diwajibkan melampirkan beberapa persyaratan seperti dibawah ini.

  1. Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  2. Foto copy Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun ini) yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
  3. Foto copy rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
  4. Foto copy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar.
  5. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, berdasi, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu)  lembar (harus sama dengan foto pada formulir pendaftaran).
  6. Foto copy bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor pendaftaran).
  7. Surat pernyataan mengisi data pada formulir dengan benar dan kesediaan menerima segala keputusan Panitia PCT Program DI PPK STPN tahun ini, termasuk hasil tes kesehatan dan pengukuran tinggi dan berat badan yang ditandatangani di atas meterai Rp.6.000,- (Surat Pernyataan dicetak melalui aplikasi PCT Online.
Bersamaan semua berkas pendaftaran nantinya dimasukan dalam satu amplop surat untuk siap pengiriman dengan menempel label pada Map yang telah anda cetak pada aplikasi PCT STPN Online sebelumnya dan dikirim melalui kantor pos dengan alamat kampus STPN dapat anda lihat pada situs resmi. Semua berkas yang berkaitan pendaftaran harus dilengkapi.

Bagi yang telah mengirimkan berkas dapat cek status berkas pada situs resmi, kemudian jika sudah diverifikasi peserta dapat mengikuti seleksi, secara umum Pendaftaran STPN memiliki dua jalur masuk diantarnaya STPN Jalur Umum yang dipertukan untuk semua peserta tanpa terkecuali asalkan memenuhi persyaratan bisa mendaftaran untuk yang diterima jalur ini biaya kuliah harus dibayar sendiri tidak mendapatkan beasiswa. Besaran Biaya semester dapat dilihat melalui situs resmi.

Kemudian Jalur STPN Ikatan Dinas tidak semua program studi yang dibuka biasanya paling banyak untuk D1 dapat anda ikuti pendaftaran pada situs resmi nah bagi yang masuk melalui ikatan dinas memiliki harapan untuk kuliah gratis dan nantinya langsung bekerja setelah lulus STPN hanya saja persaingan ketat yang akan diikuti menjadi syarat wajib untuk bisa lolos seleksi. Tempat seleksi dilaksanakan dikampus STPN pada waktu yang telah ditentukan sedikit tambahan untuk pengumuman dilaksanakan pada situs STPN.ac.id. Semoga bermanfaat selamat mencoba.
GET IT ON Google Play