Cara Pendaftaran Online PDSS SNMPTN Sekolah 2018/2019

SNMPTN PDSS Sekolah - Info Pendaftaran secara Online khusus PDSS dan SNMPTN tahun 2018/2019 bagi sekolah tertentu harus diseusaikan simak Penadaftaran untuk Online khusus PDSS kampus SNMPTN dan Sekolah melalui Pendaftaran melalui Online simak Pendaftaran situs Online tahun 2018/2019 seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai tata cara pendaftaran Online PDSS SNMPTN untuk Sekolah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran PDSS dinataranya apakah sekolah tempat anda menimba ilmu sudah terdaftar atau belum.

Jika memang dirasa belum pihak sekolah melalui kepala sekolah atau pimpinan yang dipercaya harus mendaftarkan sekolah melalui situs resmi SNMPTN. Seperti yang kita ketahui bahwa pendaftaran untuk SNMPTN sekolah dilaksanakan melalui Online dengan metode pendaftaran ini diharapkan sekolah akan terdaftar secara resmi dan terjaring dalam seleksi masuk untuk keanggotaan SNMPTN.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja peran sekolah dalam proses pendaftaran Online SNMPTN menarik untuk dibahas sebab setiap tahun ada banyak sekolah yang terus berkembang dan berinovasi untuk mencapai target, tidak terkecuali untuk mencapai target SNMPTN, disini sekolah sangat berperan besar dalam proses pendaftaran SNMPTN.

Cara Pendaftaran PDSS SNMPTN Sekolah 2018/2019


Hal ini dikarnakan penerimaan SNMPTN saat ini mengunakan sistem undangan dimana peserta yang ingin mengikuti seleksi SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi sekolah, Sementara itu ada mekanisme dan tata cara pendaftaran yang harus dilaksanakan oleh sekolah seperti biasa kita akan merangkum dalam ketentuan Pendaftaran SNMPTN  dibawah ini apa saja peran sekolah dan apa saja yang harus dilakukan sekolah untuk mendaftarkan siswa SNMPTN.

Ada beberapa langkah yang wajib dilakukan sekolah untuk mendaftarkan siswa dalam mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, adapun beberapa tahapan yang harus dilakukan sekolah sebagai berikuti.

  1. Mendaftarkan sekolah yang belum terdaftar SNMPTN.
  2. Merekomendasikan Siswa yang berprestasi agar bisa mengikuti seleksi SNMPTN.
  3. Mengisi Nilai rapot Siswa dan data lainnya.
  4. Menyerahkan hasil rekomendasi kepada siswa dengan ditandai user dan password untuk melakukan login disitus resmi SNMPTN.
  5. Verifikasi Pendaftaran dan Cek Pendaftaran siswa yang telah melakukan pendaftaran secara mandiri.
  6. Memberi dorongan dan motivasi dan penjelasan bagi siswa yang belum banyak mengetahui apa itu SNMPTN.
Secara umum tata cara pendaftaran PDSS Sekolah dapat dirangkum seperti diatas untuk selanjutnya Anda juga bisa mengikuti tata cara Panduan Pengisian manual PDSS Sekolah berikut dibawah ini merupakan tahapan yang harus diikuti dalam proses ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk lebih jelas anda bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang akan dibahas seperti berikut ini.


Pendahuluan

Ini merupakan panduan pendaftaran yang diperuntukan untuk Sekolah ya memang benar Pendaftaran PDSS SNMPTN dibagi menjadi dua yaitu PDSS SNMPTN Siswa dan PDSS SNMPTN Sekolah kedua login ini sangat penting untuk diikuti oleh peserta, terutama bagi sekolah karena peran sekolah pada proses pendaftaran menjadi penting dilakukan tanpa rekomendasi sekolah siswa tidak akan bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN untuk itu tugas sekolah yang harus dilakukan adalah menggunakan login sekolah.


Login Sekolah 

Sekolah yang bersangkutan harus melakukan login untuk mendaftarkan siswa melalui rekomendasi hal ini sangat diperlukan karena wajib apabila sekolah mengabaikannya maka tidak akan mungkin utusan sekolah bisa mendaftar SNMPTN, melalui link https://pdss.snmptn.ac.id/sekolah bisa melakukan pendaftaran ini dikhususkan untuk sekolah yang telah terdaftar, masukan NPSN dan Kode akses untuk melakukan pendaftaran SNMPTN.


Lupa Password

Apabila sekolah lupa password untuk melakukan login tenang sekolah yang mengalami permasalahan lupa password login dapat melakukan pemulihan melalui https://pdss.snmptn.ac.id/school/recovery kemudian isikan NPSN dan verifikasi akan dilakukan serta pemulihan password akan segera dilakukan, hal itu tidak membutuhkan waktu lama pada saat melakukan proses ini, jika tidak maka abaikan saja informasi ini.


Pendaftaran Sekolah Baru 

Jika sekolah merasa belum pernah mengikuti SNMPTN dan berniat sekolah dapat mengikuti seleksi maka yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah Sekolah harus mendaftarkan diri melalui link https://pdss.snmptn.ac.id/school/register-baru pada saat melakukan pendaftaran sekolah harus melakukan pengisian biodata lengkap secara keseluruhan dengan benar.


Nama Sekolah Sudah Terdaftar

Bagi sekolah yang sudah terdaftar, proses selanjutnya adalah mempersiapkan nilai rapot dan beberapa data prestasi bagi siswa yang akan direkomendasikan jalur ini biasanya sekolah tidak sungkan untuk melibatkan murid yang pintar untuk membantu mengumpulkan informasi yang dibutuhkan pada saat sekolah ingin memberikan rekomendasi, seperti Nilai Rapot selama sekolah, kemudian Prestasi yang telah diraih, serta beberapa data lainnya. pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui https://pdss.snmptn.ac.id/school.


Nama Sekolah Belum Terdaftar 

Seperti yang telah dijelaskan proses yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran melalui link yang telah disebutkan pada sekolah baru sampai dengan status sekolah terdaftar, maka pihak sekolah atau yang diwakili tidak akan bisa mengikuti Pendaftaran, setelah mengkompirmasi proses pendaftaran sekolah maka nantinya siswa bisa melakukan login yang sudah dikirim melalui emal untuk login, adapun tahapan pendaftaran Sekolah Baru seperti dibawah ini.


Pengelolaan Informasi Sekolah

Diharapkan Sekolah mengisi beberapa data lengkap terkait dengan proses pendaftaran hal ini dibutuhkan seperti Nama sekolah NPSN kemudian beberapa data lain setelah selesai maka jangan lupa simpan atau kirim, setelah proses pendaftaran selesai kompirmasi pendaftaran kompirmasi dilakukan melalui email, setelah pendaftaran anda akan mendapatkan NPSN dan password.


Mengganti Password Sekolah

Pihak sekolah dapat mengganti Password bawaan, untuk keamanan dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan disarankan untuk mengganti password bawaan sehingga data yang ada diakun terjaga dengan aman, proses penggantian password dapat dilakukan dengan mengakses Ganti Password dengan memasukan password baru dan yang lama.


Mengubah Data Sekolah 

Selain pengubahan password bagi sekolah yang berubah nama dan NPSN juga bisa dilakukan hal ini hanya dilakukan jika dibutuhkan, seandanya tidak dibutuhkan pihak sekolah dapat next informasi ini, tentu menjadi penting terutama untuk sekolah yang ada di kota seringkali berubah-rubah terutama masalah nama sekolah, jika tidak dibutuhkan silahkan lanjut saja.


Mengubah Data Akreditasi Sekolah

Setelah melakukan login sekolah dapat juga mengganti Areditasi Sekolah pada Panel yang sama kemudian klik ubah data akreditasi, seperti contoh jika sekolah anda sebelumnya memiliki akreditasi B kemudian menjadi A nah inilah kesempatan untuk mengubah data akreditasi namun apabila belum berubah disarankan untuk tidak mengganti.


Pendaftaran Jurusan 

Pada umumnya sekolah memiliki beberapa jurusan seperti IPA dan IPS namun untuk SMK terdapat jurusan yang sedikit berbeda hal inilah menyebabkan sekola harus melakukan pendaftaran jurusan agar siswa yang akan direkomendasikan sesuai dengan jurusan yang ada disekolah, setelah melalukan pendaftaran sekolah dapat melanjutkan pengisian informasi lainnya.


Pendefinisian Kurikulum

Setiap sekolah memiliki kurikulum berbeda akibat kebijakan pemerintah mengenai penerapan kurikulum, maka dari itu pada saat pengisian formulir pendaftaran SNMPTN yang dilakukan sekolah harus melakukan pendefinisian  Kurikulum dengan lampiran pendefinisian sebagai berikut seperti dibawah ini.


Membuat Kurikulum 

Pada panel ini data kurikulum yang digunakan pada satuan sekolah menengah atas yang digunakan serta beberapa data tambahan lainnya hal ini diperuntukan untuk melakukan pendaftaran SNMPTN yang dilakukan sekolah ikuti sampai dengan selesai.


Membuat Kurikulum dengan Menyalin dari Kurikulum Sebelumnya

Data yang telah terisi diharapakn bisa disalin melalui panel ini sesuai dengan ketentuan pendaftaran sebelumnya hal ini juga penting dilakukan sekaligus verifikasi pembuatan kurikulum semua informasi ini dapat kalian lihat melalui online sesuai dengan ketentuan pendaftaran, pendaftaran melalui jalur masuk ini dilaksanakan melalui online sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Menghapus Kurikulum 

Apabila yang sudah melakukan tahap sebelumnya dan informasi yang diberikan tidak penting maka pihak sekolah melalui panel penghapusan kurikulum dapat menghapus data kurikulum yang telah terisi sebelumnya, catatan informasi ini hanya untuk yang dibutuhkan saja bagi yang tidak silahkan lewatkan saja.


Pendaftaran Kelas

Form ini digunakan untuk pendaftaran kelas berapa rumbel yang ada disekolah bagi yang sudah melakukan pengisian sebelumnya tidak perlu dilakukan lagi, pendaftaran kelas berdasarkan banyaknya kelas yang ada disekolah ini kemudian setelah selesai diharapkan menyimpan data.


Mendaftarkan Kelas Baru 

Sekolah terus membangun infrakstruktur terutama kelas-kelas baru bahkan ada yang setiap tahun menambah kelas nah bagi sekolah yang perlu menambahkan kelas baru silahkan melalui form ini isi sesusai dengan data yang ada di sekolah, semua informasi ini akan diberikan berdasarkan informasi yang sesuai dengan ketentuan berlaku.


Mengubah Kelas

Selain menambahkan kelas juga pihak sekolah dapat mengubah kelas saat sekolah membutuhkan untuk merubah kelas maka form ini digunakan untuk hal tersebut maka dari pengisian ini penting dilakukan sesuai dengan ketentuan apabila semua data yang dirasa sudah cukup maka diharapkan untuk melanjutkan informasi ini lainnya.


Menghapus Kelas

Untuk menghapus kelas apabila tidak dibutuhkan kalian dapat melakukannya melalui form ini, seperti kita ketahui hanya untuk menghapus apabila sudah tidak dibutuhkan bagi yang tidak ingin menghapus maka dapat melanjutkan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada, sebagai salah satu priortias untuk menghapus data kelas.

Pengisian Data Siswa

Setelah semua data sebelumnya diisi dengan benar maka tahapan selanjutnya adalah sekolah harus mengisi data siswa Pendaftaran SNMPTN adapun beberapa data yang dimaksud sesuai dengan apa yang telah diperoleh sekolah, baru giliran sekolah untuk mengentri data bagi sekolah yang mendapatkan rekomendasi, proses ini juga dilakukan oleh pihak sekolah untuk lebih jela simak selengkapnya dibawah ini.
 

Mengisi Data Seorang Siswa 

Pihak sekolah baik melalui kepala sekolah atau operator yang dipercaya untuk mengisi data siswa hendaknya mengisi beberapa informasi yang ada pada siswa berkaitan dengan data yang dibutuhkan hal ini secara langsung melibatkan sekolah untuk mengisi karena siswa yang bersangkutan belum bisa melakukan pendaftaran apabila sekolah belum selesai melakukan proses pengisian data siswa.


Mengisi Data Siswa per Kelas

Salah satu data yang harus diisi adalah data siswa perkelas hal ini berkaitan dengan siswa yang akan direkomendasikan sesuai dengan akreditasi sekolah jika sekolah memiliki akreditasi sangat baik maka kuota peserta SNMPTN yang bisa ikuti mendaftar mencapai 75% dari total siswa yang ada disekolah selanjutnya sekolah mengisi data siswa perkelas yang ada diform tersebut.


Mengisi Data Siswa dari Data Siswa Tahun Sebelumnya 

Dalam pengisian data perkelas terdapat beberapa data seperti semua data siswa pertahun yang juga dijadikan salah satu bahan pertimbangan untuk proses pendaftaran tentu sekolah harus mempersiapkan rekapitulsi data tersebut dengan tujuan siswa akan dapat mampu mengikuti segala ketentuan yang ada jika sudah selesai dapat berlanjutk ke pengisian formulir lainnya.


Mengubah Data Siswa

Setelah data terisi berupa data siswa perkelas dan setiap tahunnya maka apabila terdapat keselahan sekolah masih bisa merubah data tersebut melaui panel  ini harapan kita semua agar tidak terdapat kesalahan apapun pada proses pendaftaran supaya dapat berlajan dengan lancar.


Menghapus Data Siswa 

Selanjutnya jika memang perlu data yang tidak digunakan bisa dihapus oleh pihak sekolah maka dari itu sesuai dengan ketentuan yang ada di Panel ini dapat melakukan Pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, penghapusan ini hanya untuk yang membutuhkan jika tidak kalian bisa melawatkan langkah ini.


Pengisian Nilai Siswa

Adapun pengisian nilai yang harus dilakukan oleh sekolah berisi mengenai data yang sudah didapat melalui nilai rapot selama sekolah mulai dari semeter awal hingga akhir, kemudian setelah selesai melakukan pengisian nilai siswa maka proses selanjutnya bisa dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk entri pengisi nilai.


Mengisi Nilai Seorang Siswa 

Letentuan pengisian nilai harus berdasarkan yang ada pada situs tersebut apabila tidak sesuai maka data akan mengalami error atau salah, sekolah harus benar-benar teliti dalam mengisi nilai siswa perorangnnya agar tidak berkerja dua kali, jika sudah selesai kalian bisa membaca ketentuan entri nilai berdasarkan bobotnnya.


Nilai Skala 4 dan 100

Bobot atau penskoran berskala 4 dan 100  diharapkan sekolah dapat mengikuti skala tersebut diluar dari sistem skala nilai tersebut maka jika dilakukan akan salah maka dari itu pihak sekolah harus membanca dengan benar entri karena selama ini masih ada saja yang melakukan salah meski dapat diverifikasi oleh siswa namun jika benar kemungkinan proses pendaftaran akan lebih cepat dibandingkan dengan banyak kesalahan.


Nilai Skala 100 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya maka nilai skala adalah 100 sesuai dengan data yang diperoleh selama sekolah oleh siswa berdasarkan nilai rapot jadi jangan sampai keliru lagi pada saat mengisi, cara entri jauh lebih mudah dipahami dibandingkan dengan petunjuk pendaftaran jadi langsung entri.


Mengisi Nilai Siswa per Kelas

Berdasarkan nilai rapot selama sekolah maka tentu sudah kewajiban sekolah untuk mengentri semua data perkelas sesuai dengan rincian tersebut maka siswa yang bersangkutan dapat mengikuti semua ketentuan yang ada pada situs isi data nilai siswa perkelas maksudnya dari kelas 1, 2, dan 3 jika sudah selesai sekolah bisa mengisi data lainnya.

Mengubah Nilai Siswa 

Setiap kali pengisian data kita semua sebagai manusia tidak lepas dari yang namanya kesalahan maka dari itu untuk menyempurnakan informasi yang telah didapat agar sekiranya sekolah dapat mengubah nilai siswa yang salah atau belum sesuai, langkah ini digunakan untuk melakukan perubahan saat memasukan nilai siswa.


Mengisikan Nilai Remedial

Ini merupakan salah satu data penting apabila siswa selama sekolah ternyata pernah melakukan remidial maka data ini dibutuhkan untuk diisi sesuai dengan kebijakan SNMPTN, tetapi bagi siswa yang tidak pernah remedial selama sekolah dapat mengabaikan langkah ini dan dapat melanjutkan proses berikutnya Pada tahap ini tugas sekolah untuk mendaftarkan siswa hampir selesai, nantinya dari hasil pendaftaran tersebut akan keluar login siswa berisi NISN dan Password yang telah terdaftar.


Mengubah Nilai yang Sudah Diverifikasi oleh Siswa 

Setelah sekolah melakukan pendaftaran dan sekolah akan memberikan Login SNMPTN yang sudah ada sebelum mendaftar diharapkan siswa yang bersangkutan Login PDSS SNMPTN siswa melaui https://pdss.snmptn.ac.id/siswa dengan Username berisi NISN terdaftar dan Password dari sekolah untuk melakukan verifikasi yang telah diisi sekolah dengan melihat kembali nilai yang telah diisi oleh sekolah jika terdapat kesalahan agar sekiranya dapat dirubah oleh siswa yang bersangkutan sampai semua data terisi dengan benar.


Pencatatan Status Khusus Siswa

Pencatatan status ini hanya dikhususkan untuk siswa tertentu dengan adanya ini dapat dilakukan pendaftaran siswa yang bersangkutan dapat melakukan proses ini, sesuai dengan ketentuan yang ada pada situs resmi apabila sudah selesai silahkan lanjutkan pada proses berikutnya.


Menambah Status Khusus 

Apabila status khusus tersebut dirasa tidak cocok maka siswa bersama sekolah dapat merubah status tersebut ini merupakan data dimana lanjutkan pencatatan khusus untuk siswa yang dilakukan sekolah berisi komentar mengenai siswa selama sekolah jika sudah selesai silahkan lanjutkan pada proses pendaftaran berikutnya.


Mengisikan Nilai Tambahan

Apabila sekolah merasa perlu untuk melakukan tambahan pendaftaran terkiat dengan nilai yang ada maka panel ini bisa digunaan untuk mengisi nilai tambahan bagi siswa yang bersangkutan sesuai dengana apa yang telah ditetapakan maka proses ini cukup perlu dilakukan, bagi yang tidak ingin menambahkan atau sudah cukup silahkan melanjutkan langkah berikutnya.


Menghapus Nilai dan Status Siswa 

Penghapusan nilai dan stasus siswa jika diperlukan dapat dilakukan melalui panel ini maka dari itu sebagai salah satu wewenang sekolah atau bersama siswa bisa menghapus data nilai yang tidak digunakan atau dapat mengabaikan proses ini apabila sudah dirasa cukup saat melakukan pengisian data. 


Bantuan/Help Desk

Bagi Sekolah yang belum atau sudah melakukan pendaftaran tetapi perlu untuk mencari sebuah pertanyaan dari kesulitan yang diharapi dapat mengklik Bantuan/Help Desk sesuai dengan ketentuan yang ada panel ini diperuntukan untuk mereka baik siswa/sekolah yang memerlukan bantuan informasi.


Membaca Manual Penggunaan Sistem 

Nah bagi yang kurang jelas dapat mengakses dan membaca cara pendaftaran SNMPTN Login Sekolah dan juga bisa melalui link resmi http://www.snmptn.ac.id/manual/ agar sekiranya dapat melakukan pendaftaran secara keseluruhan dan petunjuk yang ada tersebut merupakan petunjuk yang paling lengkap sebagaian besar informasi yang telah diberikan seperti diatas dikutip dari panduan manual penggunaan sistem PDSS yang ada hanya saja kami lebih menyederhanakan prosesnya agar lebih mudah dipahami.


Melaporkan Permasalahan

Apabila terdapat permasalahan maka sekolah dapat melaprkan melalui email dan telpon dari Panitia SNMPTN sesuai dengan yang ada pada situs resmi, sesuai dengan ketentuan dengan berbagai alasan pastikan nomor dan Panitia SNMPTN sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika dilihat secara rinci bantuan permasalahan dapat dilakukan online online atau via telpon.


Mengajukan Pertanyaan 

Sekolah dapat mengajukan pertayaan melalui tanya jawab melalui situs yang sama apabila ada informasi atau ingin mengajukan pertanyaan, hanya saja ini bersifat sebagai salah satu bantuan bukan sebuah kewajiban untuk pendaftaran pada proses yang telah disebuthkan maka proses pendaftaran sudah hampir selesai.


Pengelolaan Password Siswa

Pihak sekolah dapat mengelolah password siswa  sebelum dilakukan tahapan ini merupakan bagian dari proses akhir sebelum sekolah mendapatkan Login, jika dirasa perlu silahkan melakukan pengelolaan meliputi Mengundah dan Mengubah seperti informasi berikut.


Mengunduh Password Siswa

Silahkan undah password siswa yang telah didapat kemudian setelah mendapatkan maka siswa yang bersangkutan sudah bisa melakukan pendaftaran secara online oleh siswa yang bersangkutan semoga informasi yang telah diberikan dapat memberikan manfaat.


Mengubah Password Siswa

Pihak sekolah maupun siswa dapat mengubah password yang telah didapat pada tahap ini pendaftaran SNMPTN yang dilakukan sudah selesai sesuai dengan ketentuan yang ada pada situs resmi silahkan berikan sepenuhnya Login kepada siswa agar Siswa yang bersangkutan dapat melakukan pendaftaran SNMPTN melalui Login Siswa. 


Semua informasi yang telah dijelaskan diatas merupakan semua formulir pendaftaran yang harus diisi oleh pihak sekolah dalam rangka merekomendasikan siswa untuk pendaftaran SNMPTN, bagi yang belum memiliki kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN dipastikan tidak bisa mengikuti pendaftaran tetapi jangan berkecil hati masih ada seleksi lain seperti SBMPTN Ujian Tertulis untuk diikuti karena terbuka untuk umum.


Sampai pada tahapan ini admin kira sudah cukup jelas bukan anda juga bisa melakukan pemulihan kata sandi untuk lupa password pada link pemuliahan tersebut ini merupakan tata cara pengisian PDSS SNMPTN untuk Sekolah yang telah terdaftar untuk yang belum ikuti pendaftaran yang ada pada petunjuk, demikianlah informasi pendaftaran SNMPTN semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus ikuti perkembangan pendaftaran SNMPTN.

Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang banyak terjadi karena ada banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab diluar sana yang memanfaatkan kesempatan ini, demikianlah info yang bisa diberika semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama untuk pihak sekolah yang akan memperjuangkan wakil terbaik untuk bertarung di SNMPTN. Tinggal menunggu Pengumuman SNMPTN apabila sudah selesai Pendaftaran.
GET IT ON Google Play