Cara Pendaftaran Online AKMIL TNI AD 2017-2018

AKMIL - Simak Pendaftaran dna Cara khusus Pendaftaran untuk AKMIL melalui Pendaftaran secara Online kapan Pendaftaran dilaksanakan AKMIL sesuai Pendaftaran dan Caranya khusus. Akademik Militer untuk TNI AD bisa diikuti oleh semua orang umum tanpa terkecuali, asalkan mereka memenuhi persyaratan pendaftaran sebagai calon Taruna Akmil, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs resmi Rekrutmen AKMIL.

Seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran dan penerimaan serta tata cara untuk melakukan pendaftaran secara online sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam beberapa kesempatan pembahasan mengenai AKMIL sudah banyak dibahas oleh para blogger tidak terkecuali hal ini menjadi sangat luar biasa untuk terus diperhatikan dalam beberapa kesempatan.

Jika anda salah satu calon taruna yang ingin mengikuti seleksi untuk AKMIL yang harus menjadi syarat wajib adalah sehat jasmani dan rohani, AKMIL bisa diikuti untuk Perempuan dan Laki-Laki hal ini menjadi sangat luar biasa membahagiakan bagi anda terutama bagi peserta siswa baru dikarenakan melalui beberapa ketentuan yang berlaku inilah para pendaftar siap untuk mengikuti semua seleksi masuk atau rekrutmen.


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai beberapa pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran yaitu membaca terlebih dahulu apa saja yang menjadi ketentuan pendaftaran yang ada, hal ini menjadi wajib untuk disimak bagi kalian peserta AKMIL, tetapi tidak sedikit dari kita semua yang masih bingung apa saja persyaratan Pendaftaran yang dimaksud.

Berdasarkan dari kutipan situs resmi penerimaan Calon Taruna/i AKMIL bahwa dijelaskan ada beberapa persyaratan wajib yang harus diikuti oleh peserta diantanya adalah persyaratan umum dan persyaratan khusus bagi anda yang belum mengetahui ketentuan yang dimaksud disini kami akan berikan beberapa informasi yang ada berikut dirangkum dalam penerimaan dan pendaftaran selengkapnya.


Persyaratan Umum. 
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  4. Pada saat dilantik menjadi prajurit berumur paling rendah 18 tahun.
  5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia (dilengkapi pada saat calon mengikuti pemeriksaan psikologi).
  6. Sehat jasmani dan rohani; dan 
  7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Persyaratan lain.
  1. pria/wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri dan PNS TNI.
  2. berijazah SMA/MA program IPA, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut: 
  • lulusan tahun 2012. Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) tidak kurang dari 7 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6 dalam kolom nilai akhir;
  • lulusan tahun 2013. Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai ujian sekolah) tidak kurang dari 7,25 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6 di dalam kolom nilai akhir;
  • lulusan tahun 2014. Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai ujian sekolah) minimal 6,87;
  • lulusan tahun 2015. Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai ujian sekolah) minimal 6,25;
  • lulusan tahun 2016. Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 60,00 dan tidak ada nilai mata pelajaran di bawah 40,00 di dalam kolom nilai ujian nasional. Khusus untuk calon Taruna/Taruni Putra Asli Daerah Papua dan Papua Barat, lulusan SMA/MA jurusan IPA adalah nilai UN rata-rata minimal 55,00 (tidak ada nilai mata pelajaran di bawah 40,00 di dalam kolom nilai ujian nasional); 
  • lulusan tahun 2017 akan ditentukan kemudian. 
  1. belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 1 (satu) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
  2. berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2016. 
  3. mempunyai tinggi badan sekurang-kurangnya 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan penampilan menarik serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  4. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun.
  5. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Persyaratan tambahan sebagai berikut:
  1. bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  2. tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.
  3. bagi yang sudah bekerja: a) melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/ jawatan/instansi yang bersangkutan; dan b) surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Taruna/Taruni Akmil.
  4. bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut diketemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
  5. harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan orang tua/wali selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan dalam bentuk apapun.

Lanjut jika anda sudah dinyatakan memenuhi persyaratan pendaftaran maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengikuti semua ketentuan pendaftaran yang tertera pada situs resmi rekrutmen Calon Taruna/i AKMIL, bagi yang belum mengetahui tata cara Panduang pendaftaran dapat dilihat seperti yang akan kami lampirkan dibawah ini secara rinci.


Cara Pendaftaran AKMIL
  1. Calon mendaftar melalui ad.rekrutmen-tni.mil.id
  2. Isi data dengan lengkap dan benar lalu cetak
  3. Membawa Print Out ke Ajendam/Rem terdekat untuk proses validasi 
  4. Calon akan menerima nomor peserta untuk mengikuti seleksi 
  5. Ikuti petunjuk dan arahan panitia serta patuhi jadwal seleksi yang sudah diatur
  6. Minta bantuan kepada petugas panitia pendaftaran di Ajendam/Rem apabila menemui kendala dalam proses pendaftaran
  7. Jangan tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab
  8. Selama proses kegiatan penerimaan TIDAK DIPUNGUT BIAYA

Untuk lokasi tes anda bisa mendatangi Kodam yang ada di Kota Provinsi anda semua akan dilaksanakan dan diatur melalui Kodam yang ada diwilayah anda untuk itu anda harus mengecek terlebih dahulu selain melakukan pendaftaran secara online anda juga harus melampirkan dan mengumpul berkas melalui lokasi kantor Kodam setempat.

Jika semua verifikasi berkas sudah dinyatakan lulus seleksi langkah yang harus dilakukan adalah menunggu dan mengikuti semua tes, dengan catatan bahwa semua pendaftaran dilaksanakan melalui beberapa tahapan diatas. Nah bagi kalian yang sudah sukses melakukan pendaftaran ada beberapa hal yang harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, berikut kami berikan beberapa ketentuan mengenai Materi tes yang akan dilaksanakan untuk AKMIL.


MATERI SELEKSI 

Pengecekan awal 
  1. Administrasi
  2. Kesehatan I
  3. Jasmani (Postur)
  4. Parade (menentukan calon untuk mengikuti Rik Psikologi)
  5. Psikologi 
Rik/Uji Panda
  1. Administrasi
  2. Kesehatan II
  3. Rik/Uji Jasmani (Garjas A, B, renang & postur)
  4. Mental Ideologi
  5. Sidang Panda 
Rik/Uji Pusat
  1. Administrasi
  2. Kesehatan III
  3. Jasmani 
  4. Mental Ideologi 
  5. Psikologi II (Psi Lapangan) 
  6. Akademik 
  7. Sidang Panpus 
Bagaimana sudah cukup jelas kan untuk bisa melaksanakan pendaftaran dan mengikuti seleksi AKMIL beberapa ketentuan yang telah dijelaskan diatas akan menjadi salah satu prioritas yang bisa anda ikuti berdasarkan ketentuan yang ada bahwa ada beberapa tahapan pendaftaran baik dilaksanakan melalui online sampai dengan penyerahan berkas pendaftaran melalui kodam setempat, kami kira sudah cukup jelas mengenai hal ini.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran diatas semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran lainnya. Sedikit himbauan harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi AKMIL. Pendaftaran dan proses seleksi AKMIL tidak dipungut biaya apapun. Demikianlah selamat mencoba.